Seputar Permasalahan dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak pada Wajah (+ Bonus Produk Rekomendasi)
Skincare

Seputar Permasalahan dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak pada Wajah (+ Bonus Produk Rekomendasi)

Girls, kamu pernah nggak sih ngalamin kondisi kulit yang berair tapi bukan air? Terus penampilan wajahmu terlihat mengkilap? Nah, kondisi tersebut bisa dikatakan kalau kamu memiliki kulit yang berminyak. Kali ini, Marsha Beauty mau kasih tahu ke Marshalova semua cara mengurangi kulit berminyak pada wajah serta serba-serbi dan rekomendasi produk-produk yang bisa Marshalova coba. Tapi sebelumnya, ketahui dulu yuk tentang kulit berminyak. Keep scrolling!

Tentang Kulit Berminyak pada Wajah

Kulit berminyak merupakan kondisi di mana sebum yang ada pada wajah diproduksi secara berlebihan. Sebum merupakan zat yang dapat menghidrasi dan melembapkan kulit, tetapi kalau tidak dirawat dan berproduksi secara berlebihan, dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori di wajah dan penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan munculnya masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Kulit berminyak dapat disebabkan karena pengaruh hormon atau genetik. 

Jenis-jenis Kulit Berminyak

Tahu nggak sih, Girls, kalau kulit berminyak juga banyak jenisnya loh! Seperti yang dilansir oleh dr. Leslie Baumann yang merupakan dokter kulit dermatologis asal Amerika Serikat, terdapat 8 jenis kulit berminyak sesuai dengan kondisinya, yaitu:

  1. OSPW (Oily, Sensitive, Pigmented, Wrinkled)

Jenis kulit berminyak yang satu ini merupakan kulit berminyak yang juga berpigmen, sensitif, dan berkerut. Hal ini ditandai dengan munculnya jerawat, kemerahan pada wajah, ruam, maupun iritasi pada kulit. Masalah kulit ini sering diikuti dengan adanya penggelapan pada bagian atau area kulit tertentu akibat iritasi. Tipe kulit berminyak seperti ini dapat disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok atau terlalu sering terpapar sinar matahari.

  1. OSPT (Oily, Sensitive, Pigmented, Tight [non-wrinkled])

OSPT merupakan jenis kulit yang berminyak dan juga berpigmen, sensitif, namun kencang atau tidak berkerut. Sama dengan jenis OSPW, bercak gelap seperti melasma dan bintik-bintik hitam juga sering terjadi pada jenis kulit berminyak ini. Namun, jenis OSPT ini memiliki kecenderungan lebih rendah akan munculnya keriput karena adanya peningkatan pigmentasi kulit yang melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. 

  1. OSNW (Oily, Sensitive, Non-pigmented, Wrinkled)

OSNW merupakan jenis kulit yang berminyak, sensitif, tidak berpigmen, dan berkerut. Jenis kulit ini seringkali memunculkan jerawat atau kemerahan pada wajah serta ruam dan iritasi pada kulit. Jenis kulit ini memiliki pigmentasi kulit yang kurang protektif atau terlindungi yang menyebabkan kecenderungan munculnya kerutan. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan atau gaya hidup.  

  1. OSNT (Oily, Sensitive, Non-pigmented, Tight)

Jenis yang satu ini merupakan jenis kulit yang berminyak, sensitif, tidak berpigmen, dan kencang atau tidak berkerut. Hal ini ditandai dengan munculnya jerawat atau wajah kemerahan atau sering mengalami kondisi ruam dan iritasi pada kulit. Namun, jenis kulit ini akan lebih mudah teratasi seiring bertambahnya usia apabila terus mengatur pola hidup yang sehat. Tipe jenis kulit ini memiliki kecenderungan munculnya kerutan yang lebih rendah. Jangan lupa untuk menghindari paparan sinar matahari dan hindari merokok agar kulit tetap terjaga.

  1. ORPW (Oily, Resistant, Pigmented, Wrinkled)

Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang berminyak, resisten, berpigmen, dan berkerut. Jenis kulit ini jarang mengalami sensitivitas pada kulit seperti munculnya jerawat, kemerahan, atau ruam pada wajah. Namun, jenis kulit ini cenderung sering mengalami bercak gelap seperti melasma dan bintik-bintik. Jenis kulit ini memiliki kecenderungan yang lumayan tinggi dalam munculnya keriput. 

  1. ORPT (Oily, Resistant, Pigmented, Tight)

Jenis ORPT ini memiliki ciri-ciri kulit yang berminyak, resisten, berpigmen, dan kencang atau tidak berkeriput. Sama dengan jenis kulit ORPW, jenis kulit ORPT ini juga jarang mengalami sensitivitas seperti jerawat, kemerahan, atau ruam tetapi cenderung sering mengalami bercak gelap seperti melasma dan bintik-bintik hitam. Dalam hal munculnya kerutan, jenis kulit ini cenderung lebih rendah dari jenis kulit lainnya karena peningkatan pigmentasi kulit yang sangat baik.

  1. ORNW (Oily, Resistant, Non-pigmented, Wrinkled)

Jenis kulit ini memiliki ciri-ciri berminyak, resisten, tidak berpigmen, dan juga kerutan dan cenderung jarang mengalami sensitivitas seperti jerawat, kemerahan, atau ruam pada kulit. Tingkat pigmentasi pada jenis kulit ORNW ini cenderung kurang protektif atau melindungi sehingga memiliki kecenderungan munculnya kerutan terlebih apabila ditambah dengan pola hidup yang kurang sehat. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit ini, carilah produk yang memiliki bahan aktif berkonsentrasi lebih tinggi. 

  1. ORNT (Oily, Resistant, Non-pigmented, Wrinkled)

Terakhir, jenis kulit ini memiliki ciri kulit yang berminyak, resisten, tidak berpigmen, dan kencang atau tidak berkeriput. Jenis kulit ini juga jarang mengalami sensitivitas seperti jerawat, kemerahan, maupun ruam dan cenderung lebih rendah dalam munculnya kerutan. Jenis kulit ORNT ini akan semakin mudah diatasi seiring bertambahnya usia dengan dibarengi pola hidup yang sehat.

Tanda-tanda Kulit Wajah Berminyak

Berikut ini merupakan ciri-ciri kulit berminyak pada wajah seperti yang dilansir dalam situs Medicalnewstoday.com dan Bustle.com: 

  1. Penampilan wajah yang mengkilap 

Penampilan wajah yang mengkilap disebabkan karena tampilan minyak yang ada pada wajah. Jadi, kalau kamu melihat wajah kamu terlihat mengkilap, hal itu bisa disebabkan karena wajah kamu yang sedang berminyak.

  1. Pori-pori yang Besar serta Munculnya Komedo

Pori-pori yang besar dan terlihat dengan jelas pada wajah dapat memicu munculnya minyak berlebih pada wajah yang dapat memunculkan komedo, terutama pada daerah T-Zone. Munculnya komedo pada T-Zone dapat menyumbat pori-pori serta membuat produksi minyak semakin tinggi.

  1. Riasan Makeup yang Luntur 

Kalau kamu sedang menggunakan riasan atau makeup dan kamu merasa riasan kamu tersebut luntur dan tidak terlihat seperti sebelumnya, bisa jadi itu disebabkan oleh minyak pada wajah kamu yang membuat tampilan makeup menjadi mengkilap. Solusinya, kamu bisa menggunakan mattifying primer dan juga bedak tabur atau setting powder agar dapat mengunci riasan dan mengunci kulit kamu dari munculnya minyak berlebih pada wajah. 

  1. Munculnya Jerawat 

Minyak yang berlebih pada wajah merupakan salah satu dari banyaknya faktor yang dapat menimbulkan jerawat. Kalau kamu merasa adanya jerawat di wajah baik itu dalam jangka waktu yang jarang atau sering, coba kamu cek lagi kondisi kulitmu apakah pada daerah wajah kamu tersebut sedang berminyak atau tidak. 

  1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon seperti dalam keadaan stress dapat memicu produksi minyak yang berlebih pada tubuh. Maka dari itu, buatlah diri kamu untuk tetap rileks dan hilangkan pikiran-pikiran negatif. 

Faktor Penyebab Kulit Berminyak 

Kulit berminyak pada wajah tentunya juga disebabkan oleh banyaknya faktor. Beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya minyak pada kulit menurut situs Verywellhealth.com adalah sebagai berikut:

  1. Stress

Perasaan stress dapat melepaskan hormon yang berhubungan dengan perasaan stress ke dalam aliran darah seperti Kortikotropin. Hormon Kortikotropin diketahui dapat mengikat kelenjar sebaceous kulit yang menyebabkan peningkatan produksi minyak. 

  1. Udara yang Lembap

Kelembapan udara juga berpengaruh pada produksi minyak di wajah. Kelembapan udara pada iklim yang lembap dapat menyebabkan peningkatan keringat dan produksi minyak. Kelembapan udara dan cuaca yang tinggi juga dapat menyebabkan Eczema atau dermatitis yang merupakan kondisi kulit yang dapat menyebabkan gatal, peradangan, pembengkakan, serta pecah-pecah pada kulit.

  1. Genetik

Faktor genetik juga mempengaruhi pada kondisi kulit setiap orang. Genetik juga berperan dalam produksi sebum yang ditandai dengan pori-pori yang besar. 

  1. Diet Tinggi Glikemik

Diet tinggi glikemik kaya akan gula dan karbohidrat. Hal ini berpengaruh pada peningkatan produksi sebum. Karbohidrat yang tidak seimbang dapat meningkatkan kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh yang menyebabkan peningkatan produksi minyak. 

  1. Androgen

Androgen merupakan hormon yang mirip seperti testosteron yang ada pada pria dan wanita. Testosteron diproduksi di kelenjar sebaceous. Penelitian telah mengaitkan peningkatan hormon yang berlebih dengan peningkatan produksi minyak. Hormon pada wanita seperti hormon estrogen telah dikaitkan dengan produksi minyak pada kulit yang lebih rendah. 

  1. Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan sangat berkaitan dengan produksi sebum. Hal ini yang menyebabkan seringnya jerawat yang muncul pada masa pertumbuhan terutama pada masa remaja yang diawali dengan kulit yang berminyak

Cara Mengatasi Kulit Berminyak pada Wajah 

Minyak pada wajah dapat diatasi dengan berbagai cara dengan mudah. Dilansir dari situs Medicalnewstoday.com, hal-hal dan cara-cara ini bisa bikin minyak di wajah kamu hilang:

  1. Menggunakan Produk Berbahan Green Tea

Green tea atau teh hijau sangat terkenal dan memiliki banyak manfaat dalam segi kecantikan. Manfaat yang paling terkenal dan terbukti ampuh adalah mengurangi minyak berlebih pada wajah dan meredakan jerawat karena teh hijau memiliki polifenol antioksidan yang baik untuk kulit. Suatu ulasan pada tahun 2017 menunjukkan adanya polifenol pada teh hijau yang dapat mengurangi sekresi sebum.

  1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajah dengan mencucinya secara berkala dapat mengurangi produksi sebum berlebih pada wajah. Pilihlah sabun cuci wajah yang lembut, memiliki pH yang seimbang, dan hindari penggunaan sabun cuci wajah yang keras karena dapat memicu produksi minyak yang lebih banyak.

  1. Batasi Konsumsi dan Penggunaan Alkohol 

Kalau kamu hendak membeli suatu produk skincare atau makeup, pastikan kamu melihat bahan-bahannya. Kalau bisa, hindari penggunaan produk yang memiliki kandungan alkohol. Tidak hanya itu, bagi kamu yang mengonsumsi alkohol juga disarankan untuk membatasi konsumsinya karena dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan pembesaran kelenjar minyak serta pori-pori kulit. 

  1. Gunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid

Untuk kamu yang memiliki kulit yang berminyak, gunakanlah produk-produk yang memiliki kandungan Salicylic Acid. Biasanya kandungan Salicylic Acid terdapat pada produk-produk eksfoliator. Kamu bisa mengeksfoliasi kulit kamu untuk mengurangi minyak berlebih, menghilangkan sel-sel kulit mati, serta membersihkan wajah dari kotoran. 

  1. Menggunakan Masker Wajah Alami 

Menggunakan masker wajah dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Masker wajah yang disarankan untuk kulit berminyak yaitu clay mask atau masker alami dari peterseli. 

Clay mask memiliki kegunaan yang bermanfaat dapat menyerap dan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih, serta dapat membantu mengencangkan kulit. 

Peterseli kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengontrol produksi dan penyerapan sebum. 

Rangkaian Produk Rekomendasi untuk Kulit Berminyak

Berikut ini beberapa rangkaian produk rekomendasi untuk kulit berminyak yang bisa kamu gunakan untuk merawat wajah dan meringankan kadar minyak berlebih di wajah kamu: 

  1. Garnier Micellar Cleansing Water - Biru

 

Diawali dari produk pembersih, yaitu micellar water yang datang dari brand Garnier. Micellar water dari Garnier sudah terkenal dikalangan masyarakat Indonesia karena mudah didapatkan dan juga harganya yang affordable. Dari banyaknya varian micellar water yang dikeluarkan Garnier, varian yang ditujukan untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat yaitu Garnier Micellar Cleansing Water varian berwarna Biru. 

Garnier Micellar Cleansing Water Biru ini diperkaya akan molekul Micelles yang ampuh mengangkat minyak, debu, kotoran, serta sisa makeup yang menempel pada area wajah. 

Formulanya yang ringan membuat micellar water ini sangat ringan dan nyaman diaplikasikan pada wajah tanpa rasa lengket dan berminyak. Sangat aman digunakan untuk kamu pemilik kulit berminyak dan berjerawat karena tidak mengandung fragrance. 

Tersedia dalam 2 ukuran, Garnier Micellar Cleansing Water varian Biru ini dibanderol dengan harga Rp29.500 untuk ukuran 125ml dan Rp81.500 untuk ukuran 400ml yang bisa kamu beli di drugstore, minimarket atau supermarket terdekat, dan di Garnier Indonesia Official Shop di e-commerce. 

  1. Natur Pome Mild Cleanser

Siapa yang nggak tahu produk asli lokal yang sudah beredar sejak lama dan terkenal akan bahan-bahan alaminya ini? Sekarang, brand Natur tidak hanya mengeluarkan produk hair care saja tetapi juga produk-produk skincare yang nggak kalah keren! 

Banyak produk skincare keluaran Natur yang kaya akan manfaat, salah satunya yaitu facial cleanser. Produk facial cleanser-nya juga banyak variannya loh, Girls! Untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, kamu cocok banget untuk pakai varian Pome Mild Cleanser. 

Diperkaya akan kandungan utama seperti Pomegranate dan Vitamin C, Natur Pome Mild Cleanser ini bermanfaat dapat mengontrol minyak di wajah, mencerahkan wajah, serta merawat kekencangan kulit. 

Selain itu, hero ingredients lainnya ada Niacinamide, Allantoin, Vitamin E, Vitamin B5, dan Biosaccharide Gum-1 yang berfungsi dapat mencerahkan dan melembapkan kulit, memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan bekas jerawat, menghaluskan kulit, memperbaiki skin barrier, dan juga sebagai anti aging. 

Terdapat aplikator silicon higienis yang dapat membersihkan wajah 2x lebih bersih. Natur Pome Mild Cleanser ini dikemas dalam bentuk botol tube dalam ukuran 100ml yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp79.000 di situs resmi Naturbringsbeauty.com atau di Natur Official Shop di e-commerce. 

  1. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Toner

Masih dari brand asal Indonesia, Sensatia Botanicals menghadirkan produk toner yang dikhususkan untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat. 

Dibuat dari bahan Tea Tree Oil, toner dari Sensatia Botanicals ini dapat membantu mengontrol produksi sebum tanpa membuat kulit menjadi kering. Selain itu, Tea Tree Oil ini juga dapat sebagai antibakteri yang dapat merawat dan mencegah kulit dari timbulnya jerawat. 

Selain itu, kandungan utama lainnya adalah Minyak Kulit Lemon yang kaya akan antioksidan dan bermanfaat dapat membersihkan dan melindungi kulit. Kandungan Gotu Kola dalam toner ini juga dapat membantu produksi kolagen pada kulit.

Karena diperkaya akan kandungan Lemon, toner dari Sensatia Botanicals ini memiliki aroma yang menyegarkan dan fresh. Sangat aman digunakan karena tidak mengandung alkohol. 

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Toner ini tersedia dalam kemasan botol berukuran 120ml yang dibanderol dengan harga Rp160.000 yang bisa kamu dapatkan di situs resmi Sensatia.com, di Sensatia Botanicals Official Shop di e-commerce, atau di Sensatia Botanicals Offline Store di pusat perbelanjaan. 

  1. Innisfree Soybean Energy Essence 

 

Produk dari brand asal Korea Selatan, Innisfree, ini kaya akan kandungan Soybean atau kacang kedelai fermentasi dengan konsentrasi yang tinggi sebanyak 91% setelah melalui 4 level konsentrasi yang bermanfaat dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengencangkan kulit. 

Hasil fermentasi minyak kacang kedelai yang berasal dari Jeju ini juga dapat melindungi kulit serta membuat kulit menjadi lebih bercahaya, mencegah penuaan dini, dan juga menjaga tekstur dan warna kulit.

Produk ini bebas dari kandungan paraben, fragrance, maupun pewarna buatan. Kamu bisa mendapatkan Innisfree Soybean Energy Essence ini di situs resmi Innisfree.com, di Innisfree Official Shop di e-commerce, atau di Innisfree Official Shop di pusat perbelanjaan dengan harga Rp520.000 dengan ukuran 150ml.

  1. ElshéSkin Sebum Reducer Serum

Memiliki kandungan aktif utama Niacinamide, Potassium Thiocyanate, Lactoferrin, Lactoperoxidase, Glucose Oxidase, Glucose Pentaacetate, ElshéSkin Sebum Reducer Serum ini khusus untuk mengatasi produksi sebum yang berlebih sehingga lebih terkontrol tanpa bikin kulit kamu terasa kusam. 

Sebum Reducer Serum dari ElshéSkin ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki masalah kulit yang berminyak dan juga berjerawat. Tidak diperuntukkan untuk kamu yang memiliki masalah kulit sensitif maupun kering. 

ElshéSkin Sebum Reducer Serum ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp190.000 dalam kemasan botol pipet berukuran 20ml. 

  1. EssenHerb Tea Tree Ampoule

Diformulasikan dengan Tea Tree Based yang merupakan Ekstrak Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf sebanyak 90%, ampoule ini berfungsi dapat mengontrol minyak dan kelembapan pada wajah. Selain dapat melembapkan pada area wajah yang kering, ampoule ini juga dapat mengontrol produksi sebum pada T-Zone atau U-Zone. 

EssenHerb Tea Tree Ampoule ini cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat. Formulanya sangat ringan sehingga mudah menyerap pada wajah tanpa rasa lengket. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp277.000 dalam kemasan botol pump berukuran 50ml.

  1. COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream

Moisturizer dari COSRX ini merupakan produk multifungsi karena dapat diaplikasikan pada wajah maupun pada kulit badan. Pelembap ini memiliki tekstur berbentuk krim gel yang diperkaya akan kandungan 87,48% ekstrak air daun Aloe Barbadensis, konsentrasi jus daun lidah buaya, dan Hyaluronic Acid yang dapat menstimulasi, menenangkan, mengisi kelembapan pada kulit, serta menghidrasi kulit secara alami. 

Ekstrak lidah buaya yang ada pada produk juga dapat menenangkan kulit dari paparan sinar UV dan panas matahari. Produk ini cocok untuk digunakan untuk semua jenis kulit baik bahkan kulit berminyak maupun kulit sensitif dan teriritasi. Kamu bisa menaruh krim ini dalam lemari pendingin terlebih dahulu sebelum digunakan agar mendapatkan sensasi dingin yang menyegarkan. 

COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream ini dibanderol dengan harga Rp300.000 dalam bentuk jar berukuran 100 gram yang bisa kamu dapatkan di COSRX Official Shop di e-commerce. 

  1. Harletté Oatmilk Sleeping Mask 

Produk terakhir yaitu sleeping mask. Sleeping Mask dari Harletté ini merupakan gabungan dari kandungan oat dan susu yang berfungsi dapat mengontrol produksi sebum, merawat kulit dan mengurangi jerawat pada kulit, menenangkan, serta menutrisi kulit agar tetap sehat dan terlindungi. 

Harletté Oatmilk Sleeping Mask ini aman digunakan untuk semua jenis kulit bahkan untuk kulit sensitif dan berminyak sekalipun karena tidak terdapat kandungan paraben, alkohol, dan juga cruelty free.

Itu dia pembahasan tentang permasalahan kulit berminyak dari jenis-jenisnya, tanda-tanda, faktor penyebab, hingga produk rekomendasi untuk kulit serta rambut yang berminyak. Sekarang kamu jadi tahu kan tipe kulit berminyak yang kamu rasakan yang seperti apa? Bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit berminyak baik pada kulit maupun rambut, jangan khawatir lagi!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.