Serba-serbi Mengenal dan Merawat Rambut Keriting
Hair

Serba-serbi Mengenal dan Merawat Rambut Keriting

Rambut keriting memiliki pesona tersendiri karena gelombang dan volume rambutnya yang memberikan kesan lucu dan anggun. Banyak orang yang menginginkan rambut keriting dengan hair styling sendiri di rumah, hingga menggunakan perawatan tertentu di salon. 

Untuk memiliki rambut keriting yang sehat, perlu beberapa cara merawat rambut keriting yang harus kamu lakukan nih, biar gelombang spiral rambutmu terbentuk alami, dan bebas dari rambut singa yang mengembang kering dan kaku. 

Namun sebelumnya, coba cek dulu tipe rambut keritingmu dengan model rambut keriting dibawah ini ya. Pelajari dulu, tipe rambutmu termasuk tipe yang mana, dengan bentuk yang seperti apa.

Tipe Rambut Keriting

Umumnya, tipe rambut keriting terbagi menjadi tiga tipe. Rambut ikal bergelombang atau tipe 2, rambut keriting tipe 3, dan rambut afro tipe 4. Untuk lebih jelasnya, yuk kita dalami tiap tipe dan arti dari angkanya. 

Rambut Keriting Tipe 2: Wavy Hair atau Rambut Bergelombang 

Model rambut keriting tipe 2 ini yang biasanya terlihat bergelombang di bagian batang hingga ujung rambut. Ia memiliki bentuk campuran rambut lurus dan keriting. Jenis rambut yang bergelombang ini terlihat seperti gelombang lautan yang tidak rata. Dari tipe bergelombang ini sendiri dibagi lagi menjadi tiga, berdasarkan tingkat ikalnya rambut. 

1. Model Rambut Bergelombang Tipe 2A

cara merawat rambut keriting

Jenis rambut bergelombang tipe 2A ini memiliki ciri-ciri mudah diatur dan ditata, dengan tingkat keikalan kurang dari 10%. Ia juga mudah disisir menggunakan sisir rambut lurus, sehingga mendapatkan look rambut yang panjang dan lurus dengan mudah. 

2. Model Bergelombang Tipe 2B

cara merawat rambut keriting

Selanjutnya, model bergelombang 2B memiliki karakteristik yang sedikit sulit ditata dan lebih mudah kusut. Meski begitu, jenis rambut ini masih bisa diatur dibandingkan jenis rambut keriting lainnya. 

Sedikit tips untukmu, untuk merawat rambut ikal agar tidak mengembang, berikan kelembaban ekstra untuk rambutmu ini untuk mengurangi kemungkinan kusut pada ujung rambut. 

3. Model Bergelombang Tipe 2C

cara merawat rambut keriting

Level terakhir dari tipe rambut bergelombang ini adalah tipe 2C. Tipe rambut ini bergelombang dan tebal. Gelombang yang saling bertumpuk ini terlihat lebih bervolume dan penuh di kepala. Tipe bergelombang inilah yang bisa berubah jadi rambut singa kalau kamu nggak merawatnya dengan baik. 

Tips dari Marsha, gunakan kondisioner dengan jumlah yang lebih banyak daripada tipe rambut lainnya ya, agar tiap batang rambutmu dapat ternutrisi dan terjaga kelembabannya. 

Rambut Keriting Tipe 3

Orang-orang biasa menyebut rambut ikal tipe 3 ini dengan sebutan rambut keriting atau curly. Memang, memasuki tipe 3 ini rambut sudah mulai sulit ditata dan harus menggunakan sisir khusus. 

Bagaimana tidak, jenis rambut ini lebih mudah kusut sehingga memerlukan kehati-hatian saat hendak disisir. Model rambut ikal tipe 3 dikategorikan lagi menjadi tipe 3A, 3B, dan 3C.

1. Rambut Keriting Tipe 3A

cara merawat rambut keriting

Jika dibandingkan tipe rambut keriting lainnya, tipe 3A lebih mudah untuk diatur. Gelombang yang ada pada rambut berbentuk besar dan jarang. Gelombang pada rambutpun tumbuh dari batang rambut keujung. Jadi, tentu saat menata tidak memerlukan perhatian khusus. 

2. Rambut Keriting Tipe 3B

cara merawat rambut keriting

Tipe keriting 3B ini memiliki ciri-ciri keriting dari akar rambut hingga ujung rambut. Bentuk gelombang yang dihasilkan pun masih berbentuk besar tapi mulai konsisten terdefinisi dengan jelas sehingga memunculkan volume rambut yang tebal. 

Tips dari Marsha, jangan lupa selalu menyisir rambut dengan sisir jari khusus rambut keriting dan tidak lupa memberikan vitamin sehabis keramas. Dimulai dari tipe rambut inilah kamu harus ekstra merawatnya agar nggak menimbulkan masalah pada rambut. 

3. Rambut Keriting Tipe 3C

cara merawat rambut keriting

Rambutmu bisa dikategorikan termasuk tipe 3C apabila memiliki ciri-ciri spiral yang lebih kecil dan rapat. Lekukan yang ada pada rambut pun sudah dimulai dari pangkal rambut hingga bagian ujung. Rambut tipe 3C juga memiliki sifat ringan dan melayang sehingga mudah kusut apabila tertiup angin. Masalah lain yang sering dihadapi pemilik rambut tipe ini adalah mudah terbentuk simpul saat sedang disisir.  

Rambut Keriting Tipe 4: Rambut Afro alias Coily

Tipe rambut keriting selanjutnya adalah coily atau afro hair. Tipe ini biasa disebut kribo jika di Indonesia. Jenis rambut keriting ini bergelombang kecil dan rapat, sehingga terlihat lebat dan bervolume tinggi. 

Biasanya, jenis rambut ini terlihat seperti topi atau helm besar di atas kepala. Sama seperti tipe lainnya, jenis rambut coily ini memiliki tiga tipe lagi berdasarkan bentuk gelombangnya. 

1. Rambut Afro Tipe 4A

cara merawat rambut keriting

Afro tipe 4A ini masih berada pada tipe gelombang yang renggang, meski sudah bervolume. Bentuk gelombang pada rambut juga sudah terdefinisi dengan jelas. 

Untuk mengetahui tipe rambut ini, Kamu bisa mengukur dari gelombang rambut yang ada. Apabila gelombang rambut berbentuk S, maka kamu termasuk tipe 4A afro. 

Selain itu, tipe ini akan menggumpal di batang rambut sehingga memberikan kesan naik, menggantung, dan terlihat lebih pendek dibandingkan ukuran aslinya. 

2. Rambut Afro Tipe 4B

cara merawat rambut keriting

Seperti kenaikan level jenis rambut keriting lainnya, naiknya jenis afro tipe 4B ini tentu menandakan tingkat kerapatan gelombang rambut yang semakin padat. 

Bentuk definisi gelombang rambut akan  semakin spiral dan berbentuk pilinan jika rambut semakin panjang. 

3. Rambut Afro Tipe 4C

cara merawat rambut keriting

Tipe yang terakhir, merupakan tipe paling keriting dengan kerapatan yang paling padat. Jika kamu tidak memperhatikannya dengan baik, rambut tipe ini akan mudah patah, rusak, dan menyusut karena dehidrasi. 

Satu-satunya cara meluruskan rambut afro jenis ini adalah melalui obat kimia alias rebonding. Namun, nggak ada salahnya kok untuk merawatnya agar tetap keriting alami tanpa merubah bentuk rambut jadi lurus. 

Cara Merawat Rambut Keriting 

Tidak pelit dalam menggunakan produk

cara merawat rambut keriting

Rambut yang keriting akan membutuhkan banyak produk karena tiap gelombang dari helaian rambut harus diberikan nutrisi dengan cukup. Sebut saja penggunaan kondisioner. 

Dalam perawatan rambut keriting dan mengembang, kamu memerlukan banyak kondisioner sebagai asupan nutrisi rambut keriting yang utama. Kondisioner akan bekerja mengisi batang rambutmu yang bermasalah dan kembali melembabkannya sehingga rambut keritingmu tetap sehat dan mudah diatur.

Gunakan kondisioner di bagian batang hingga ujung rambut dan diamkan selama minimal 10 menit agar helai demi helai rambutmu menyerap nutrisi yang ada. 

Keramas dengan Benar

cara merawat rambut keriting

Ini dia satu tips sederhana yang sering terlewat oleh kaum rambut keriting. Keramas, dimana proses terbukanya folikel rambut ini  sebenarnya sangat penting dilakukan agar rambut siap menerima nutrisi dan bebas dari kotoran dan bau yang tidak sedap. 

Namun, baik rambut keriting atau lurus sebenarnya sama-sama tidak melakukan proses keramas dengan sering karena akan menghilangkan minyak alami pada rambut. 

Tips dari Marsha, keramas lah cukup dua kali dalam seminggu, kemudian tambahkan dry shampoo jika kamu memang membutuhkan sensasi segar dan harum untuk rambutmu. Gunakan juga shampo yang sesuai dengan permasalahan rambutmu. 

Selain itu, keramaslah dengan air dingin sehingga rambutmu tetap lembab, sehat, dan berkilau alami. Jangan lupa juga untuk membilas shampo dengan maksimal ya, Girls. Agar nggak terjadi penumpukan sisa produk saat keramas. 

Tidak menggunakan catokan atau hair dryer terlalu sering

cara merawat rambut keriting

Merubah gaya, model, hingga bentuk rambut sah sah aja kok! Asalkan, jangan terlalu sering dilakukan, terlebih jika rambutmu harus melalui proses heat styling seperti hyer dryer apalagi catokan. 

Proses pemanasan pada rambut yang berlebihan ini akan membuat kering, kusam, hingga menipis. 

Menggunakan Microfiber Towel 

cara merawat rambut keriting

Microfiber towel alias handuk yang menggunakan bahan lembut ini akan membantu mengeringkan rambut keritingmu tanpa merusak gelombang atau spiral pada rambutmu. 

Ia halus dan tebal sehingga air yang tersisa pada rambut langsung menyerap tanpa kamu harus mengusap atau memilin rambutmu di dalam handuk. 

Pilih Sisir yang Tepat

cara merawat rambut keriting

Sisir akan berfungsi menutrisi minyak kepala alami, menyingkirkan debu, kotoran dan ketombe, hingga memberikan bentuk yang tegas dan cantik sesuai rambutmu sendiri. 

Tentu kamu disini wajib menggunakan sisir yang sesuai dengan bentuk gelombang pada rambutmu. 

Nah, itu dia tadi cara mengenal dan merawat rambut keritingmu yang unik. “Big hair, big dreams” Kalau kata kak Gracia Indriani, suhu di dunia curly hair. Cintai rambut keritingmu apa adanya ya, Girls!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.