Sering Dikira Sama, Ternyata Ini Perbedaan Micellar Water dan Cleansing Oil
Skincare

Sering Dikira Sama, Ternyata Ini Perbedaan Micellar Water dan Cleansing Oil

Membersihkan muka jadi step paling dasar dari perawatan kulit wajah agar tetap sehat dan ternutrisi. Tak cukup dengan facial wash, kamu butuh double cleansing biar sisa make up dan kotoran di wajah terangkat secara optimal. Biasanya, untuk double cleansing, Marshalova butuh micellar water dan cleansing oil. Namun, tahukah kamu perbedaan micellar water dan cleansing oil?

Sebagian orang menganggap micellar water dan cleansing oil adalah produk yang sama. Padahal, keduanya jelas-jelas beda, lho. Biar tak salah lagi dalam memilih produk untuk double cleansing, simak penjelasan Marsha Beauty berikut ini.

Apa Perbedaan Micellar Water dan Cleansing Oil?

Siapa yang masih suka keliru antara micellar water dan cleansing oil? Kedua jenis cleanser ini memang sering bikin bingung, terutama buat pemula. Bahkan, tak sedikit yang salah beli cleanser karena tak tahu perbedaannya. Berikut ini perbedaan antara cleansing oil dan micellar water.

Micellar Water

Perbedaan micellar water dan cleansing oil

Kamu pasti tak asing lagi sama yang namanya micellar water. Cleanser yang satu ini berbahan dasar air dengan partikel minyak yang berukuran kecil yang membentuk micellar. Produknya juga mengandung zat pembersih dan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi kulitmu.

Karena water based, maka teksturnya pun sangat cair dan ringan, sehingga cocok untuk semua jenis kulit tanpa menimbulkan iritasi. Walaupun begitu, micellar water tetap ampuh untuk mengangkat kotoran, make up, dan minyak. 

Baca Juga: Micellar Water VS Toner, Kenali Perbedaannya di Sini!

Cleansing Oil

Perbedaan micellar water dan cleansing oil

Sesuai dengan namanya, cleansing oil punya kandungan minyak murni, seperti green tea seed oil atau coconut oil. Kandungan minyaknya bekerja sama dengan minyak alami wajah untuk mengangkat kotoran hingga ke pori-pori, minyak, dan make up waterproof.

Fungsinya tak sekadar membersihkan, tapi juga menutrisi kulit dan membantu mengatasi jerawat, melembapkan, komedo, serta mengontrol minyak berlebih. Sayangnya, cleansing oil kurang recommended buat kulit kering, karena dikhawatirkan kulit kamu akan semakin kering dan teriritasi. 

Dari segi pemakaian, cleansing oil tak sama seperti micellar water. Artinya, kamu harus membilasnya dengan facial wash biar kulitmu lebih bersih dan tidak mengkilap.

Cara Membersihkan Wajah Biar Kotoran dan Make Up Terangkat Secara Maksimal

Selain tahu perbedaan micellar water dan cleansing oil, kamu juga harus tahu step-step membersihkan muka dengan benar agar hasilnya lebih efektif. 

Gunakan Cleanser untuk Mengangkat Make Up 

Perbedaan micellar water dan cleansing oil

Mengangkat make up tak cukup dengan facial wash karena sisa make up masih tertinggal di wajah sehingga berpotensi menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Agar lebih efektif, gunakan micellar water atau cleansing oil untuk membersihkan make up, mulai dari mata, bibir, dan bagian wajah lainnya.

Bersihkan Secara Merata Hingga Ke Bagian Leher

Perbedaan micellar water dan cleansing oil

Kulit di bagian leher punya karakteristik yang mirip dengan kulit wajah. Agar lebih optimal, ratakan facial wash hingga ke bagian leher secara perlahan. Dengan begitu, kulit kamu tidak akan mengalami iritasi. Selain itu, pilih facial wash yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya.

Baca Juga: Selain Micellar Water, Ini 6 Rekomendasi Cleansing Balm Untuk Membersihkan Wajah

Gunakan Handuk Lembut untuk Mengeringkannya

Perbedaan micellar water dan cleansing oil

Setelah mencuci muka, gunakan handuk lembut untuk mengeringkannya dengan cara ditepuk-tepuk perlahan. Penggunaan handuk lebih recommended dibanding tisu karena kandungan pewangi dalam tisu bisa menyebabkan iritasi. 

Setelah mengetahui perbedaan micellar water dan cleansing oil, jangan sampai keliru beli produknya lagi, ya. Selain itu, pilihlah cleanser yang sesuai jenis kulitmu agar tidak menimbulkan masalah berlebih.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.