Sering Dipakai buat Skincare, Ini Manfaat Niacinamide untuk Wajah!
Skincare

Sering Dipakai buat Skincare, Ini Manfaat Niacinamide untuk Wajah!

Apa saja manfaat niacinamide untuk wajah yang membuatnya digandrungi produsen maupun pemakai produk skincare? Supaya kamu tak penasaran lagi, simak deretan benefit kandungan tersebut di bawah ini yuk, Marshalova!

Kata niacinamide belakangan semakin sering terdengar pada sejumlah produk skincare. Bukan tanpa alasan kandungan tersebut digemari berbagai produsen produk perawatan ya, Marshalova. Niacinamide terbukti mampu mengatasi macam-macam masalah, dari flek hitam sampai jerawat.

Baca Juga: Kombinasi Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan

Manfaat niacinamide untuk wajah pada produk skincare

Niacinamide sendiri merupakan salah satu bentuk vitamin B3, nutrisi esensial untuk tubuh. Vitamin yang termasuk ke dalam vitamin B kompleks tersebut punya banyak peran penting buat kesehatan, baik untuk kulit, sistem pencernaan, hingga kondisi mental. Peran-peran ini pula yang berkontribusi pada sebagian fungsi niacinamide untuk wajah.

Adapun manfaat-manfaat niacinamide buat wajahmu mencakup berikut ini. Marsha Beauty sudah mengumpulkan insight-nya untuk kamu di sini:

Melembapkan kulit wajah

manfaat niacinamide untuk wajah

Pemakaian niacinamide dalam produk skincare membantu dalam pembentukan ceramide (lapisan penghalang lemak) untuk mempertahankan kelembapan kulit, seperti yang diungkapkan sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Cosmetics Dermatology.

Manfaat niacinamide sebagai pelembap pun bakal terasa di semua kulit, terutama buat kamu yang punya eksim atau merasakan tanda-tanda penuaan dini.

Mengatasi jerawat dan bekasnya

manfaat niacinamide untuk wajah

Peran niacinamide buat mengatasi jerawat memang tak perlu diragukan lagi, termasuk untuk jenis jerawat parah seperti papula dan pustula. Pemakaian produk skincare dengan kandungan ini bakal meredakan jerawat yang meradang sekaligus memperbaiki tekstur kulitnya. Bahkan noda hitam bekas jerawat dapat disamarkan oleh niacinamide.

Sejumlah studi mengungkapkan bahwa niacinamide 5% dapat membantu peningkatan produksi kolagen, sehingga kulitmu bisa kembali glowing.

Baca Juga: Pejuang Jerawat Merapat! Ini Dia 5 Kandungan Skincare yang Ampuh Menghilangkan Jerawat

Mengendalikan produksi minyak dan peradangan

manfaat niacinamide untuk wajah

Manfaat niacinamide berikutnya adalah mengendalikan produk minyak (sebum) berlebih yang diproduksi kelenjar sebasea. Dengan niacinamide, kelenjar tersebut tak akan mengeluarkan minyak berlebih. Karena kandungan minyak yang terlalu banyak adalah faktor pemicu dari macam-macam masalah wajah, salah satunya jerawat.

Selain pengendalian produksi minyak, niacinamide ampun meredakan peradangan yang kerap dirasakan saat kamu menghadapi jerawat dan eksim.

Menyamarkan tanda-tanda penuaan dini

manfaat niacinamide untuk wajah

Munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan tentunya bikin panik saat usiamu belum memasuki kepala tiga atau empat. Kabar baiknya, niacinamide 5% yang terdapat dalam produk skincare bakal membantumu meredakan gejala tersebut. Apalagi kalau kamu sudah mengaplikasikannya sedini mungkin.

Pada fungsi niacinamide ini, kandungan tersebut bakal melindungi kulit dari risiko kerusakan yang disebabkan paparan sinar ultraviolet.

Menurunkan risiko melanoma

manfaat niacinamide untuk wajah

Melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit pada sel penghasil melanin (pigmen yang memberikan warna pada kulit. Jenis kanker kulit ini pun sering kali dikaitkan dengan paparan sinar UV yang mengakibatkan kerusakan pada kulit. Treatment yang kurang memadai pun meningkatkan risiko melanoma pada seseorang.

Akan tetapi, kamu bisa menurunkan risikonya dengan niacinamide, karena kandungan ini mampu memperbaiki DNA pada kulit yang mengalami kerusakan.

Hati-hati dengan efek samping niacinamide

manfaat niacinamide untuk wajah

Selain manfaat, ada juga efek samping niacinamide yang harus kamu antisipasi. Buat kamu yang punya kulit sensitif, cek produk dengan mengoleskannya pada permukaan kulit. Jika dalam kurun waktu 24 jam tak ada reaksi seperti gatal-gatal, kemerahan, atau bengkak, produk aman buat dipakai. Namun sebaliknya, kalau muncul efek samping parah, segera konsultasikan dengan dokter buat mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga informasi ini membantumu memahami manfaat niacinamide dalam produk skincare buat perawatan wajah, ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.