Sering Mengalami Kulit Kepala Gatal Tanpa Sebab? Lihat Penyebabnya!
Hair

Sering Mengalami Kulit Kepala Gatal Tanpa Sebab? Lihat Penyebabnya!

Kulit kepala gatal menjadi keluhan umum yang banyak dialami oleh setiap orang. Rasa gatal ini dapat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari. Beberapa kulit kepala yang gatal mempunyai tanda-tanda seperti kulit yang mengelupas. Namun, ada juga yang tidak menunjukkan tanda sama sekali. Marshalova, kamu sering mengalami kulit kepala gatal tanpa sebab? Yuk, lihat penyebabnya dalam artikel ini!

Kira-kira, Apa Penyebab Kulit Kepala Gatal Tanpa Sebab?

Kamu sudah rutin merawat rambut, tetapi masih mengeluhkan gatal pada kepala setelah keramas? Sebenarnya, penyebab paling umum yang sering terjadi ialah ketombe yang mengganggu kulit kepala. Namun, terdapat faktor lainnya yang menyebabkan kepala terus terasa gatal. Biar kamu nggak penasaran, yuk, simak penyebab kepala gatal tanpa sebab dari Marsha Beauty berikut ini!

Ketombe, Salah Satu Penyebab Kepala Sering Gatal

kulit kepala gatal tanpa sebab

Seperti yang sudah disampaikan, ketombe menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala yang terkadang tak tertahankan. Ketombe berasal dari jamur yang terlalu banyak di dalam kulit kepala, sehingga menyebabkan rasa gatal hingga terjadinya ketombe. 

Pada saat kulit kepala dalam keadaan kering, serpihan ketombe dapat berjatuhan pada Pundak maupun kerak di rambut. Maka dari itu, kamu harus menggunakan shampo khusus yang mengandung selenium atau zinc pyrithione yang dapat mengendalikan produksi jamur. 

Psoriasis Menyebabkan Munculnya Kemerahan Kulit

kulit kepala gatal tanpa sebab

Psoriasis atau dikenal sebagai penyakit autoimun ini dapat menyebabkan rasa gatal pada seluruh kepala. Tak hanya itu, psoriasis ini juga dapat membuat kulit kepala menjadi memerah hingga bersisik. Penyebab penyakit ini pun masih belum diketahui, tetapi psoriasis mempunyai risiko yang dapat diturunkan dari keluarga. 

Untuk pengobatannya sendiri harus membutuhkan dokter spesialis kulit, sehingga perawatannya benar-benar maksimal. Biasanya, pengobatannya akan diberikan obat anti radang, sampo khusus, dan beberapa kandungan asam salisilat.

Jarang Keramas Bisa Jadi Penyebab Kulit Kepala Gatal

kulit kepala gatal tanpa sebab

Apakah kamu sudah rutin mencuci rambutmu? Tanpa disadari, hal ini bisa menjadi penyebab kepala gatal terus menerus dan mengganggu kenyamanan. Kebutuhan keramas setiap orang memang berbeda-beda, tergantung pada aktivitasnya. 

Meski begitu, sebaiknya kamu melakukan keramas 2-3 hari. Kalau rambut kamu memiliki tipe kulit yang berminyak, lakukan keramas dalam rentang waktu 2 hari sekali. Kalau lebih dari itu, semua minyak, kotoran, debu, hingga residu polusi dapat menumpuk pada akar dan kulit kepala. Alhasil, dapat membuat kepala terasa gatal sepanjang hari. Maka dari itu, pentingnya keramas dapat melarutkan minyak dan debu yang menempel pada kulit kepala. 

Reaksi Alergi dari Pemakaian Produk Tertentu

kulit kepala gatal tanpa sebab

Rasa gatal pada kulit kepala juga bisa disebabkan oleh alergi akibat pemakaian produk rambut yang tidak cocok, seperti sampo, serum rambut, cat rambut, hingga kondisi medis berupa eksim atau dermatitis atopik. 

Cara mengatasi kepala gatal akibat alergi bisa kamu cegah dengan memperhatikan kandungannya terlebih dahulu. Setiap kandungan dalam suatu produk mempunyai reaksi yang berbeda-beda. Jika reaksinya masih berlanjut, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. 

Tinea Capitis atau Kurap 

kulit kepala gatal tanpa sebab

Tinea capitis merupakan salah satu infeksi jamur yang dikenal sebagai kurap atau ringworm. Infeksi ini berbeda dengan ketombe pada umumnya. Penyakit ini dapat menginfeksi ke dalam folikel rambut, sehingga menyebabkan munculnya pulau-pulau botak pada kulit kepala dan dapat membesar seiring waktu. 

Jamur ini juga termasuk penyebab gatal di kepala dan leher belakang yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kulit kepala akan mengalami kemerahan dan bintik-bintik hitam. Pengobatannya hanya dapat dilakukan dengan obat oles atau topikal. Bila kurang efektif, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi obat oral. 

Dari rangkuman di atas, sekarang kamu jadi lebih paham, kan, mengapa sering terjadi kulit kepala gatal tanpa sebab? 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.