Sesimpel Ini Cara Menghilangkan Bekas Hitam Terkena Minyak Goreng di Wajah
Skincare

Sesimpel Ini Cara Menghilangkan Bekas Hitam Terkena Minyak Goreng di Wajah

Cara menghilangkan bekas hitam terkena minyak goreng di wajah tak melulu harus ke dokter spesialis kulit atau melalui metode operasi. Kamu hanya perlu perawatan yang tepat, baik sejak awal luka mulai terbentuk maupun setelahnya.

Perawatannya bisa dilakukan dengan cara alami. Pada intinya, perawatan tersebut untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu regenerasi jaringan kulit baru.

Cara Menghilangkan Bekas Hitam Terkena Minyak Goreng di Wajah Non Medis

Pernahkah Girl mengalami bekas luka bakar yang menghitam di wajah akibat letupan minyak goreng? Atau mungkin saat ini kamu sedang mengalaminya? Pasti kamu menjadi tidak pede dibuatnya. Terlebih jika bekas luka tersebut menempel rapi di wajah.

Tak perlu panik. Terapkan saja cara alami berikut ini.

Segera Aliri dengan Air Dingin

Cara Menghilangkan Bekas Hitam Terkena Minyak Goreng di Wajah

Segera lakukan pertolongan pertama di area yang terkena cipratan minyak panas dengan cara mengalirinya menggunakan air dingin saja, selama 5 menit. Ini untuk mencegah terjadinya upaya pembakaran yang lebih parah. Kamu tidak disarankan menggunakan air es karena akan semakin memperburuk kondisi luka.

Jika di area luka terdapat perhiasan atau sejenisnya, segera lepaskan. Dikhawatirkan luka bakar akan membengkak dan menyebabkan iritasi. Oleskan salep antibiotik khusus untuk luka bakar. 

Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Bekas Hitam Terkena Minyak Goreng di Wajah

Meski telah mendapat perawatan saat pertolongan pertama, fakta membuktikan bahwa luka masih berpotensi meninggalkan bekas luka. Tanpa disadari kamu menyentuh atau bahkan menggaruk luka tersebut sehingga bekasnya menjadi berwarna hitam. 

Atasi kondisi tersebut dengan mengoleskan minyak zaitun. Kandungan zat linoleic acid dalam minyak mampu menyamarkan bahkan menghilangkan bekas luka hitam jika digunakan secara rutin.

Zat polifenol berperan sebagai antioksidan yang berperan sebagai proteksi dari ancaman kerusakan kulit yang lebih serius.

Supaya hasilnya lebih optimal, campurkan 2 sdm minyak zaitun dengan 1 sdm madu. Usapkan campuran tersebut di area luka dan diamkan selama 10-15 menit barulah bilas dengan air dingin yang bersih.

Baca juga:Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur Saat Penggunaannya

Baking Soda

Cara Menghilangkan Bekas Hitam Terkena Minyak Goreng di Wajah

Siapa sangka jika baking soda juga berperan menghilangkan bekas hitam akibat percikan minyak goreng. Kamu bisa mencampurnya dengan baking soda dan sedikit air.

Gunakan kapas sebagai media mengompres luka dengan larutan baking soda tersebut. Manfaat rendaman baking soda untuk membantu meringankan sekaligus menghilangkan bekas luka.

Putih Telur

Cara Menghilangkan Bekas Hitam Terkena Minyak Goreng di Wajah

Putih telur baru diperbolehkan digunakan jika luka telah sembuh dan terkelupas. Kandungan asam amino-nya terbilang cukup tinggi dan berperan mencerahkan luka bakar yang menghitam akibat percikan panasnya minyak goreng.

Selain itu, putih telur juga berkhasiat memperbaiki kerusakan jaringan serta mengecilkan pori-pori. Supaya kulit tetap terhidrasi, gunakan masker putih telur secara rutin.

Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Bekas Hitam Terkena Minyak Goreng di Wajah

Kandungan baik dalam minyak kelapa juga memiliki segudang manfaat, salah satunya yaitu menghilangkan bekas luka hitam akibat percikan minyak goreng. Ini karena minyak kelapa mengandung asam lemak omega, vitamin E, dan antioksidan. 

Caranya adalah campur rata 2 sdm minyak kelapa dengan 3 tetes air perasan lemon, kemudian aplikasikan pada bekas luka bakar yang menghitam. Rutin lakukan perawatan ini 2 kali sehari supaya hasilnya optimal.

Baca juga:Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Skincare Lakukan 8 Langkah Jitu Ini

Teh Hijau

Cara Menghilangkan Bekas Hitam Terkena Minyak Goreng di Wajah

Jangan buru-buru membuang rendaman teh hijau yang kamu minum. Kamu bisa memanfaatkannya menjadi toner. Gunakan kapas untuk untuk menggosok air teh tersebut ke area bekas luka. 

Antioksidan alami greentea berupa Epigallocatechin Gallate, bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka, menjaga kesehatan kulit, serta meminimalisir peradangan. Kamu juga bisa mengkonsumsi teh hijau secara teratur.

Cara menghilangkan bekas hitam terkena minyak goreng di wajah secara alami membutuhkan ketelatenan. Ini karena kandungan bahan alaminya tidak bekerja secara instan. Hal penting untuk diingat adalah bahwa bahan alami tersebut minim atau bahkan tanpa risiko.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.