Skincare Routine untuk Menghilangkan Kulit Wajah yang Bruntusan
Skincare

Skincare Routine untuk Menghilangkan Kulit Wajah yang Bruntusan

Kulit wajah halus bebas jerawat memang menjadi idaman banyak orang. Untuk kamu yang saat ini kulit wajahnya sedang mengalami bruntusan tidak perlu berkecil hati. Ada rangkaian khusus skincare routine untuk kulit bruntusan yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Bruntusan merupakan masalah kulit yang membuat wajah terdapat bintik-bintik kecil kemerahan. Selain membuat kita tidak percaya diri, wajah bruntusan juga sering menimbulkan efek gatal dan perih, terlebih saat berkeringat. 

Apa penyebab bruntusan pada wajah? Bruntusan sendiri sebenarnya adalah kondisi yang menunjukkan permukaan kulit yang tidak rata, terasa kasar karena bintik-bintik menonjol pada permukaan kulit. Kadang bruntusan yang muncul hanya 1 atau 2 titik saja, tapi ada juga yang menggerombol banyak sekali.

Bruntusan disebabkan oleh banyak hal, seperti iritasi pada wajah, komedo, dermatitis, hingga peradangan. Komedo disinyalir adalah penyebab utama munculnya bruntusan yang umum terjadi.

Komedo sendiri timbul karena penumpukan sel-sel kulit mati dan minyak yang terjebak dalam pori-pori kulit. Ini disebabkan oleh perubahan hormon, stress, alergi, produksi minyak berlebih dan lainnya.

Agar bruntusan di wajah tidak semakin parah, ada rangkaian skincare routine khusus yang perlu kamu perhatikan seperti berikut ini:

Cleanser

Bersihkan wajah menggunakan cleanser secara rutin, setidaknya 2 kali dalam sehari, yakni ketika sebelum tidur di malam hari dan sesudah bangun di pagi hari. Jika diperlukan, kamu bisa cuci wajah dua kali (double cleansing) dengan micellar water terlebih dahulu untuk memastikan wajah kamu benar-benar bebas dari kotoran.

Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser dengan formula bebas sabun, sehingga bebas iritasi dan tetap mampu membersihkan kulit wajah dengan maksimal. Kandungannya yang lembut, pH-nya pun seimbang sehingga kadar air dan minyak di wajah tetap seimbang.

Toner

Pilih toner yang memiliki kandungan anti jerawat atau eksfoliatif agar sel-sel kulit mati terangkat. Toner dengan bahan aktif juga efektif dalam mengurangi peradangan dan mengontrol minyak berlebihan di wajah.

Salah satu toner yang direkomendasikan untuk membasmi bruntusan pada wajah adalah COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Toner ini mengandung bahan alami, air mineral, serta AHA/BHA organik yang mampu men-exfoliating kulit wajah. Kemampuannya dalam menghidrasi dan meremajakan akan membuat kulit wajah jadi tampak lebih sehat dan tentunya flawless.

Essence

Essence di sini berfungsi dalam menyiapkan kulit wajah kamu agar lebih mudah menyerap produk-produk skincare. Jadi, essence ini akan memaksimalkan produk skincare untuk kulit wajah bruntusan yang akan kamu gunakan nanti. Selain itu, essence juga biasanya mengandung bahan yang mampu melembapkan kulit serta mengembalikan pH kulit wajah.

Essence yang direkomendasikan adalah Benton Snail Bee High Content Essence. Memiliki kandungan air, bee venom, EGF serta snail scretion filtrate yang berfungsi untuk menghaluskan kulit yang rusak dan kasar akibat bruntusan. Benton Snail Bee High Content Essence juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan polusi. Terdapat juga kandungan arbutin dan adenosine yang ampuh dalam mencerahkan wajah, sekaligus memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

Serum

Pilih serum untuk kulit bruntusan yang mengandung bahan-bahan yang bisa mengurangi sebum, membersihkan pori dan memiliki formula anti bakteri, seperti centella asiatica atau cica, salicylic acid (BHA), green tea dan tea tree. Kandungan serum juga dipercaya mampu meratakan tekstur kulit yang diperlukan dalam mengatasi masalah bruntusan.

Salah satu produk serum yang direkomendasikana adalah Some By Mi Snail Truecica Serum. Produk ini diklaim bisa meregenerasi kulit, serta memperbaiki kerusakan kulit dari kandungan eksrak lendir siput. Kandungan lain seperti Centella asiatica mampu merelaksasi kulit wajah kamu.

Pelembap

Setelah semua rangkaian membersihkan wajah selesai, selanjutnya adalah menggunakan produk pelembap. Langkah ini cukup penting, apapun tipe kulitnya, wajib menggunakan pelembap. Umumnya pelembap memiliki formula khusus yang efektif dalam mengatasi kulit bruntusan, sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. Kulit wajah pun akan bebas kering dan tetap terhidrasi dengan baik.

Salah satu produk pelembap yang direkomendasikan untuk mengatasi bruntusan adalah Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel. Dengan kandungan 92% organic Aloe vera mampu menenangkan kulit yang mengalami bruntusan. Memakai produk ini juga membuat kulit wajah jadi lebih terjaga, sehingga wajah pun tidak akan terasa kering.

Sunscreen

Jangan lupakan sunscreen ya, Ladies! Ini berfungsi sebagai tabir surya yang melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari yang bisa saja meningkatkan risiko iritasi, sehingga memperparah bruntusan di wajah kamu. Sunscreen ini wajib digunakan, khususnya untuk kamu yang hendak beraktivitas di luar ruangan.

Sunscreen untuk menghilangkan bruntusan yang direkomendasikan adalah Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++. Produk ini bertekstur gel yang lembut, sehingga nyaman digunakan pada kulit wajah. Sunscreen Wardah ini juga mengandung SPF 30 dan PA+++ yang memberikan perlindungan maksimal kulit wajah dari paparan UVA dan UVB. Terdapat juga kandungan Aloe vera dan pro vitamin B5 yang berfungsi sebagai pelembap. Produk ini juga diperkaya kandungan vitamin E sebagai antioksidan, serta kemampuan non-comedogenic sehingga mudah mersap di kulit.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.