Skincare untuk Wajah Breakout Begini Panduan Aman Memilihnya
Skincare

Skincare untuk Wajah Breakout Begini Panduan Aman Memilihnya

Pernahkah kulit wajah Girl menjadi kemerahan, gatal, bahkan bengkak? Kondisi ini dinamakan breakout. Nah, sebelum hal itu terjadi, waktunya kamu tahu apa saja sih serangkaian produk skincare untuk wajah breakout.

Umumnya, hal yang menjadi penyebab wajah breakout adalah pemakaian produk skincare yang tidak tepat. Bahan-bahan yang terkandung dalam produk skincare tersebut menjadi pemicu iritasi dan breakout wajah. 

Skincare untuk Wajah Breakout Apa Saja?

Marshalova pasti tidak ingin jika tiba-tiba saja wajah berhiaskan jerawat-jerawat kecil atau berwarna kemerahan akibat peradangan, bukan? Meski faktor penyebab wajah breakout karena penggunaan skincare yang tidak tepat, namun hal ini tidak boleh dijadikan sebagai alasan menghentikan pemakaian skincare.

Justru saat kamu mengalaminya, kulitmu membutuhkan perawatan yang tepat untuk mengatasi breakout. Tidak perlu takut, berikut adalah cara atasi wajah breakout yang mudah dengan skincare yang tetap wajib kamu pakai.

Gentle Cleanser

Skincare untuk Wajah Breakout

Meski ada beberapa produk skincare yang harus kamu hentikan pemakaiannya, namun membersihkan wajah tetap menjadi ritual wajib. Setidaknya, cuci wajah dengan cleanser 2 kali sehari yakni pada pagi dan malam hari.

Mengingat kandungan produk cleanser bermacam-macam, sebaiknya pilih cleanser yang mengandung pH seimbang, yaitu pH 5-6. Kamu bisa menggunakan gentle cleanser tanpa kandungan scrub. Ini bertujuan agar iritasi kulit wajah tidak semakin parah. Akan lebih baik lagi jika produk skincare yang kamu pilih tanpa parfum dan pewarna. 

Gentle Moisturizer

Skincare untuk Wajah Breakout

Moisturizer atau pelembab juga tidak boleh lupa untuk selalu dipakai. Saat wajah breakout, kulit menjadi kering. Oleh karena itu, Marshalova perlu pelembab untuk menghidrasinya dengan baik sehingga kelembabannya tetap terjaga dan sebagai langkah pencegahan terjadinya iritasi yang lebih parah. 

Kamu boleh memilih pelembab bertekstur lotion, gel, atau krim. Hanya saja hindari menggunakan pelembab yang memiliki kandungan anti inflamasi seperti ceramides dan hyaluronic acid. Sebisa mungkin jangan memilih moisturizer yang mengandung pewarna, parfum, maupun essential oil.

Baca:Rekomendasi Moisturizer Kulit Normal, Agar Tetap Lembab dan Halus

Pakai Sunscreen

Skincare untuk Wajah Breakout

Saat mengalami breakout, paparan sinar matahari dapat memberikan pengaruh lebih buruk pada kulit wajah. Jika tidak ingin hal tersebut menimpamu, pemakaian sunscreen tidak boleh dilewatkan begitu saja. 

Gunakan produk sunscreen yang memiliki kandungan SPF ringan. Kamu bisa memilih sunscreen yang mengandung SPF 30. Usahakan yang bertekstur ringan, sesuai dengan jenis kulitmu. 

Bila memungkinkan pilih sunscreen non-comedogenic, tanpa pewarna, dan parfum. Langkah amannya, sih, jangan terburu-buru memakai jenis skincare lain. 

Kompres Segera dengan Toner

Skincare untuk Wajah Breakout

Produk toner untuk mengatasi peradangan kulit mudah kamu temukan saat ini. Gunakan hydrating toner untuk mengompres area kulit wajah breakout. Pakailah kapas bersih untuk menuangkan toner. Biarkan selama 10-20 menit.

Tahap ini akan membantu kulit wajah lebih rileks, meredakan kemerahan, gatal-gatal, dan perih akibat peradangan. Lakukan pengompresan secara rutin hingga jerawat yang tinggal di wajah hanya tinggal bekasnya saja.

Gunakan Serum 

Skincare untuk Wajah Breakout

Girl juga bisa pakai serum untuk meredakan breakout. Serum juga ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat dan memutihkan wajah.

Namun, tidak semua jenis serum bisa dipilih lho, Girl. Kandungan serum yang aman untuk dipilih antara lain Niacinamide, Hyaluronic Acid, Ceramide, Centella Asiatica, hingga Mugwort. Pastikan kamu memilih serum dengan kandungan yang tepat sehingga bisa membantu membuat wajah semakin calming, meredakan kemerahan, dan mengurangi peradangan kulit wajah.

Baca:Cara Pakai Serum MH Whitening Skin yang Benar, Kamu Wajib Tahu! 

Nah, Girl, sudah tahu bukan skincare apa saja yang aman dan masih bisa digunakan untuk wajah breakout? Pastikan kamu memilih produk skincare yang benar, ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.