Sudah Tahu Cara Merawat Kutikula Kuku? Yuk Cari Tahu Disini!
Nails

Sudah Tahu Cara Merawat Kutikula Kuku? Yuk Cari Tahu Disini!

Marshalova, melakukan perawatan kuku idealnya setiap dua minggu sekali. Namun ada yang perlu dipahami bahwa kutikula kuku tidak perlu dipotong. Kutikula kuku adalah lapisan kulit mati yang berada di sisi kuku berwarna putih. Masih banyak orang yang memotong kuku tapi belum tahu cara merawat kutikula kuku.

Menurut pakar kesehatan sebenarnya kutila tidak perlu dihilangkan. Memotong kutikula berisiko komplikasi masalah kesehatan, baik cantengan, infeksi bakteri, dan infeksi jamur. Karena fungsi kutikula tersebut melindungi kuku dari kuman yang bisa masuk. Maka dari itu, lakukan perawatan kutikula kuku secara tepat.

Terapkan Cara Merawat Kutikula Kuku Demi Kesehatan

Untuk menghindari kelainan kuku yang menyebabkan radang maupun infeksi, sebaiknya lakukan perawatan tepat sesuai tips dari Marsha Beauty ini.

Merendam Kuku Dengan Air Hangat

Cara Merawat Kutikula Kuku

Pertama, lakukan perendaman kuku dengan air hangat. Caranya siapkan baskom atau wadah untuk merendam, beri air secukupnya. Rendamlah ujung jari selama beberapa saat. Hal ini bertujuan melembutkan kutikula serta kulit yang kendur. Bisa juga kamu tambahkan satu sendok teh jus lemon maupun air cuka. Karena cuka mampu membantu kulit mati mengelupas dengan sendirinya.

Gunakan Orange Stick Untuk Mendorong Kutikula

Cara Merawat Kutikula Kuku

Langkah selanjutnya adalah menggunakan orange stick. Alat untuk mendorong kutikula ke dalam. Hal ini jika kutikula sudah tumbuh tebal.

Tak perlu dipotong, cukup dorong saja setelah lunak. Baik tingkat kecil atau logam kecil dapat mendorong Kutikula dan bisa membersihkan bagian bawah kuku. Lakukan dengan lembut hingga terlihat lunula yang berbentuk bulan sabit putih di bawah kuku.

Sebaiknya jangan lakukan ini lebih dari sekali maupun dua kali sebulan. Orange stick bekas bisa dibuang dan gunakan alat baru setiap kali ingin menggunakannya.

Baca Juga : Ini Penyebab Kuku Tangan dan Kaki Menghitam dan Cara Tepat Mengobatinya

Hindari Penggunaan Zat yang Merusak Kuku

Cara Merawat Kutikula Kuku

Penggunaan pembersih cat kuku seringkali berbahaya untuk kutikula kuku. Terutama yang memiliki zat aseton. Kuku menjadi lebih kering dan tidak sehat.

Oleh karena itu, penggunaan cat kuku terlalu sering memungkinkan kuku menjadi tidak sehat. Terlebih jika kita menggunakan zat kimia untuk mencuci piring. Zat yang kita pakai untuk mencuci piring tersebut dapat merusak kuku. Gunakan pembersih yang tidak mengandung aseton.

Gunakan Pelembab Kuku

Cara Merawat Kutikula Kuku

Sebagaimana kulit, kutikula juga membutuhkan kelembaban. Karena kutila dapat mengelupas dan pecah-pecah. Cara merawat kutikula kuku dengan memberikan pelembab secara rutin, maka akan lebih sehat. Sebaiknya Marshalova gunakan pelembab dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari.

Perlu diingat, pelembab kutikula yang bagus berbentuk krim atau salep. Pada pagi hari gunakan lotion tangan yang mudah menyerap sehingga tidak membuat berminyak. Sementara di malam hari gunakan salep yang cukup tebal agar tidak dehidrasi secara intens.

Baca Juga : 4 Cara Atasi Kulit Jari Dekat Kuku Mengelupas, Bisa Kamu Coba di Rumah Lho!

Jangan Memasukkan Tangan ke Dalam Mulut

Cara Merawat Kutikula Kuku

Mulut merupakan bagian tubuh yang mengandung ludah dan kotor. Sehingga dapat membuat kering kutikula. Hindari kebiasaan menggigit kuku maupun kutikula. Hal ini menyebabkan infeksi pada kuku. Liur mengandung enzim yang dapat membuat kulit terpecah.

Hindari Manicure di Tempat yang Tidak Terpercaya

Cara Merawat Kutikula Kuku

Rutin merawat kuku bisa di salon yang mengetahui betul cara perawatan kuku dan kutikula. Sehingga treatment yang Marshalova lakukan dapat memberikan kenyamanan dan penanganan secara tepat.

Karena tempat yang tidak terpercaya seringkali malah memotong kutikula sampai bersih dan menggunakan alat maupun bahan yang dapat menyakiti kuku sehingga kutikula kuku hilang. Marshalova, kini sudah tahu kan cara merawat kutikula kuku?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.