Tak Boleh Sepele Begini Cara Tanning Kulit yang Benar Lakukan Hal Ini
Body

Tak Boleh Sepele Begini Cara Tanning Kulit yang Benar Lakukan Hal Ini

Cara tanning kulit ternyata cukup mudah. Bahkan bisa dilakukan dari rumah saja. Jadi lebih hemat budget dan efisien waktu karena tidak perlu mendatangi salon kecantikan.

Kulit putih cerah memang dambaan kebanyakan wanita. Namun, tak sedikit yang menginginkan warna kulit lebih gelap. Bagi mereka kulit gelap atau sawo matang memberikan kesan lebih eksotis. Apakah kamu juga menginginkannya? 

Baca juga: Skincare Scarlett Wajah Sepaket, Temukan yang Cocok untuk Kulitmu!

Cara Tanning Kulit yang Mudah Diterapkan di Rumah

Terinspirasi dari bintang-bintang Hollywood, banyak orang terpikat memiliki kulit seperti mereka. Bahkan beberapa diantaranya menjadikan hal tersebut sebagai wishlist.

Namun, untuk mendapatkannya butuh perjuangan dan ketelatenan. Supaya hasilnya sesuai ekspektasi, lakukan persiapan dan perhitungan yang tepat berikut ini.

Gunakan Sunscreen yang Tepat

Cara Tanning Kulit

Sunscreen yang tepat akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berbahaya. Sebelum berjemur, oleskan sunscreen 15-20 menit terlebih dahulu. Pastikan oleskan merata ke seluruh tubuh, terutama pada area tubuh yang terbuka.

Sunscreen terbaik adalah yang memiliki spektrum luas dengan SPF 30. Bila hendak berjemur terlalu lama, oleskan lebih sering, minimal setiap 2 jam sekali.

Lakukan Eksfoliasi Kulit

Cara Tanning Kulit

Cara membuat kulit lebih gelap adalah mengelupas kulit. Hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah hindari menggunakan cairan tanning karena akan membuat kulit menjadi lebih kering. Efek buruknya adalah kulit akan tertutup sel-sel kulit mati atau bahkan terlihat belang saat proses eksfoliasi berikutnya.

Sebaiknya gunakan lotion khusus tanning saja sebelum mengeksfoliasi kulit. Lakukan langkah mudah berikut ini:

  • Bersihkan tubuh dari serpihan sel kulit mati. Gunakan sikat kering untuk melakukannya. Langkah ini juga akan melancarkan sirkulasi darah.

  • Lanjutkan dengan mandi menggunakan air suam-suam kuku.

  • Supaya proses eksfoliasi optimal, gunakan sabun khusus yang membantu proses pelepasan kulit mati. Gosokkan sabun dengan cara yang benar.

Sering Berjemur

Cara Tanning Kulit

Cara paling efektif membuat kulit menjadi coklat eksotik adalah berjemur. Cukup baringkan tubuh di bawah sinar matahari langsung, setidaknya selama 25-30 menit.

Adapun waktu berjemur yang baik menurut para ahli adalah mulai pukul 7-10 pagi atau 4-5 pada sore hari. Manfaat lain berjemur adalah membuat tulang dan kulit sehat.

Hindari berjemur diluar waktu tersebut karena sinar matahari dapat membahayakan kulit.

Usahakan memilih lokasi berjemur dekat dengan air seperti kolam. Pantulan sinar matahari dari kolam menuju ke arah kamu dan menjadikan proses tanning lebih cepat. Poin penting yang harus diingat adalah perhatikan durasi berjemur supaya kulit tidak akan terbakar lebih cepat.

Baca juga: Skincare Avoskin untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat, Ini Pilihannya!

Perhatikan Asupan

Cara Tanning Kulit

Melakukan tanning tidak hanya dari luar saja. Pastikan kamu juga melakukan perawatan dari dalam.

Caranya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan kaya akan vitamin C dan minumlah suplemen vitamin E. Dengan perawatan dari dalam diharapkan agar hasil akhir tanning nantinya lebih bagus lagi. Sebagai pencegahan timbulnya kanker kulit, minumlah suplemen vitamin B3.

Hindari Tanning Bed

Cara Tanning Kulit

Dibandingkan kanker paru-paru akibat rokok, ternyata kasus kanker kulit lebih sering terjadi. Fakta mencengangkannya adalah hal ini terjadi sebagai akibat tanning bed.

Hal ini benar adanya. Saat tanning bed, hal yang sebaiknya kamu tahu adalah sinar UV intens langsung dipancarkan ke tubuh tanpa melalui penghalang apapun. Berbeda hal jika tanning di ruang terbuka, maka paparan sinar UV ke tubuh dapat diminimalisir karena ada banyak pelindung.

Tanning bed juga akan memicu timbulnya masalah kerusakan pada mata, baik dalam bentuk peradangan, katarak, hingga kanker mata.

Gunakan Busana Tipis Berwarna Putih

Cara Tanning Kulit

Cara tanning yang satu ini terbilang lebih efektif. Hanya saja kamu perlu bersabar untuk memperoleh kulit gelap yang didambakan.

Usahakan setiap kali keluar ruangan, kenakan busana berwarna putih berbahan tipis. Hal ini bertujuan agar sinar matahari tidak terhalang saat akan menyentuh kulit. Warna putih tidak bersifat menyerap panas matahari.

Siapkah kamu menerapkan cara tanning kulit dengan tepat seperti yang telah diulas tadi? Pastikan kamu mendapatkan kulit eksotis dengan cara yang benar.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.