Tak Hanya Menghitamkan, Ini Manfaat Minyak Urang Aring untuk Rambut
Hair

Tak Hanya Menghitamkan, Ini Manfaat Minyak Urang Aring untuk Rambut

Halo Marshalova! Pada artikel kali ini Marsha Beauty ingin menyampaikan manfaat minyak urang aring untuk rambut.

Urang aring atau yang juga dikenal dengan nama false daisy dan bhringraj adalah herba yang terkenal sebagai bahan untuk perawatan rambut beratus tahun. Tumbuhan tersebut populer dipergunakan di dalam sebuah pengobatan Ayurveda, Unani, serta Siddha.

Di Tanah Air sendiri, tanaman yang mempunyai nama latin Eclipta prostata ini diyakini dapat menghitamkan rambut. Akan tetapi sebenarnya urang-aring masih mempunyai manfaat yang lain bagi rambut.

Apa Saja Manfaat Minyak Urang Aring untuk Rambut?

Minyak urang aring adalah bahan alami yang kerap menjadi bahan utama dalam pembuatan sampo. Sebab, banyak sekali khasiat yang terkandung di dalam urang aring. Pemakaian minyak tersebut bahkan sudah semenjak dahulu kala.

Urang aring sendiri merupakan minyak yang berasal dari tanaman urang-aring atau yang memiliki nama lain Eclipta alba. Tanaman tersebut tumbuh secara liar di alam bebas, dan kerap kamu jumpai di sawah. Urang aring mempunyai berbagai kandungan nutrisi penting yang diperlukan oleh rambut supaya selalu sehat. Sari tumbuhan tersebut kaya akan vitamin E dan vitamin D.

Selain itu, urang aring juga punya kandungan magnesium, zat besi, dan kalsium. Seluruhnya diperlukan guna memelihara kesehatan dan kesuburan batang rambut.

Menghitamkan Rambut

manfaat minyak urang aring

Khasiat minyak urang aring yang pertama tentu saja dapat menghitamkan rambut. Selama berabad-abad, banyak yang meyakini bahwa minyak urang-aring mampu membuat rambut tampak lebih hitam dan berkilau. Khasiat urang aring ini juga dapat dibuktikan dengan riset.

Baca juga :   Yuk, Intip 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut, Dijamin Bikin Sehat!

Mengatasi Ketombe

manfaat minyak urang aring

Tahukan Marshalova, apabila minyak urang aring juga bisa mengatasi ketombe membandel? Hal tersebut karena sifat antimikroba serta anti jamur yang ada pada minyak urang aring. Bukan hanya itu, minyak tersebut juga bersifat anti radang yang bisa mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit kepala. Serta meningkatkan peredaran dara pada area kulit kepala kamu.

Mencegah Munculnya Uban

manfaat minyak urang aring

Selain bisa menghitamkan rambut, manfaat minyak urang aring lainnya yaitu juga bisa mencegah munculnya uban. Hal ini bisa terjadi karena minyak urang aring mempunyai potensi untuk mencegah atau memperlambat terbentuknya uban. Sebab, terdapat efek menghitamkan pada minyak yang menjadikan rambut tampak lebih gelap.

Meningkatkan Kesuburan Rambut

manfaat minyak urang aring

Penggunaan urang aring dalam pengobatan Ayurveda yaitu untuk meningkatkan kesuburan rambut. Berdasarkan sebuah studi sejak tahun 204, herbal yang satu ini dapat merangsang folikel rambut dan bisa memicu siklus pertumbuhan yang lebih cepat pada spesimen tikus botak.

Mencegah Kerontokan

manfaat minyak urang aring

Khasiat minyak urang aring selanjutnya yaitu bisa mencegah kerontokan. Urang aring terkenal lebih efektif dalam mencegah kerontokan rambut, ketimbang dengan Rogaine (minoxidil). Pelaksanaan sebuah studi terhadap tikus albino jantan di tahun 2008 memperlihatkan bahwa pemakaian minyak urang aring secara teratur bisa meningkatkan pertumbuhan folikel rambut.

Sebagai tambahan, urang aring yang kaya akan vitamin E, sangat bagus untuk melawan radikal bebas yang dapat menghalangi pertumbuhan rambut secara normal.

Baca juga :   Kenali 5 Faktor Penyebab Uban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Menjadikan Rambut Lebih Berkilau

manfaat minyak urang aring

Selain untuk menghitamkan rambut, banyak perempuan yang gemar memakai minyak urang-aring untuk rambut supaya lebih berkilau secara alami. Apakah memang bisa? Ya, bisa! Akan tetapi tentu saja, hasilnya tidak bisa instan. 

Minyak urang-aring memiliki kandungan Vitamin E yang melembabkan. Apabila kamu mempunyai rambut kering dan rusak, kamu perlu perawatan rambut khusus dengan memakai minyak urang-aring. Minyak ini akan merawatnya sampai rambut menjadi lembut dan sehat. Nah, jika rambutmu sehat, batang rambut pun tampak lebih berkilau.

Demikian manfaat minyak urang aring untuk rambut cantikmu. Semoga bermanfaat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.