Tampil Percaya Diri dengan Rambut Curly Panjang? Begini Perawatannya
Hair

Tampil Percaya Diri dengan Rambut Curly Panjang? Begini Perawatannya

Rambut curly panjang sebenarnya unik dan tak kalah menarik dengan jenis rambut lain asal saja memperoleh perawatan dan penanganan yang tepat. Permasalahannya, tidak semua orang menyukai rambut model curly. 

Bahkan pemilik rambut cenderung tidak pede karena mereka beranggapan rumit perawatannya dan memberikan kesan tidak rapi. Bahkan tak sedikit dari mereka membenci rambut keritingnya tersebut. 

Perawatan Rambut Curly Panjang Simpel dan Asyik

Marshalova perlu tahu bahwa ada pesona tersembunyi di balik rambut keriting yang dimiliki. Rambut curly akan senantiasa sehat dan bebas split ends, karena jarang terkena panasnya suhu curling iron.

Meski demikian, helaian rambut keriting bertekstur lebih pipih daripada rambut lurus. Hal inilah yang menyebabkan rambut mudah patah.

Saat kamu mencoba mengolesinya dengan minyak, kemungkinan besar pendistribusiannya kurang optimal. Oleh karena itu kamu harus rajin dan rutin memberikan pelembab. Berikut adalah cara efektif untuk merawat rambut keriting panjang kamu.

Keramas dengan Benar

Rambut curly panjang

Kesehatan batang rambut dan kulit kepala penting untuk selalu diperhatikan. Akan tetapi, untuk dapat mengaplikasikan shampo pada bagian kulit kepala dibutuhkan ketelatenan. Hindari menggosok kulit kepala dengan kencang karena hanya akan membuat rambut jadi kusut.

Cara merawat rambut keriting tebal mengembang yang dapat kamu terapkan yaitu membagi rambut menjadi 4 bagian menggunakan jepit besar. Kemudian usapkan shampo pada kulit kepala secara merata.

Fokuslah membersihkan kulit kepala dengan cara menyekanya dengan lembut. Setelah shampo didistribusikan secara menyeluruh, arahkan busanya ke seluruh rambut dengan pijatan lembut. Hindari menggosoknya terlalu kencang, dan ulangilah pada setiap bagian.

Baca:Bagaimana Cara Menghitamkan Rambut dengan Alami Tanpa Semir? Cek Yuk!

Rajin Menggunakan Kondisioner

Rambut curly panjang

Memakai kondisioner lebih utama daripada shampo. Hal ini dikarenakan semakin keriting bentuk batang rambut, maka tingkat pendistribusian minyak dari kulit kepala akan semakin sulit. Oleh karena itu, kamu memerlukan pemakaian kondisioner yang tepat agar membuat rambut curly mu lebih sehat. 

Gunakan Shampo yang Melembutkan Sekaligus Melembabkan

Rambut curly panjang

Rambut curly panjang maupun pendek cenderung kering sehingga membutuhkan produk perawatan harian yang dikhususkan pada kebutuhan tersebut. Penggunaan shampo melembabkan rambut kering akan membantu kamu merawat kesehatan kulit kepala dan batang rambut.

Hair Oil Dulu

Rambut curly panjang

Memakai hair oil sebelum keramas adalah waktu yang terbaik. Manfaat yang akan kamu peroleh antara lain menjaga kelembaban, menjadikan rambut mudah diatur, terasa lembut, dan senantiasa berkilau.

Cara mudahnya adalah oleskan hair oil pada titik-titik tertentu kulit kepala setelah kamu mencepol rambut ke atas. Lakukan pijatan lembut pada kulit kepala. 

Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Rambut curly panjang

Cara mudah merawat rambut curly yang satu ini mungkin jarang dilirik orang. Penggunaan sisir bergigi jarang akan menghindari kekusutan pada rambut.

Menyisir rambut terlalu sering juga tidak disarankan. Efek yang ditimbulkan adalah keriting pada rambut akan menjadi lebar dan kemungkinan akan kehilangan bentuk aslinya.

Lebih baik sisir rambut sesaat sebelum kamu keramas. Rambut keriting rentan kusut saat keadaan basah. Kamu juga bisa menggunakan sisir alami, yakni pakai jari-jari tangan saja. 

Baca:Sering Mengalami Kulit Kepala Gatal Tanpa Sebab? Lihat Penyebabnya!

Kuncir Rambut 

Rambut curly panjang

Umumnya, rambut akan berubah bentuk dan menjadi kusut setelah bangun tidur. Hal ini juga dialami oleh pemilik rambut curly.

Upaya untuk mengatasinya yakni ikatlah rambut sebelum tidur dengn gaya cepol. Pastikan semua rambut diikat dengan benar.  Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya gesekan antara bantal dan menjaga bentuk rambut.

Karet Rambut yang Tebal

Rambut curly panjang

Rambut keriting akan memudahkan kusut dan tertarik jika kamu mengikatnya dengan karet gelang biasa. Sebaiknya gunakan karet rambut berbahan elastis yang tebal.

Nah, setelah mengenali kebutuhan rambut curly panjang, diharapkan kamu bisa merawat dan menjaga selalu kesehatan rambut dan kulit kepala.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.