Telat Datang Bulan? Ini 7 Cara Biar Cepat PMS Dengan Bahan Alami!
Lifestyle

Telat Datang Bulan? Ini 7 Cara Biar Cepat PMS Dengan Bahan Alami!

Menstruasi atau haid sudah menjadi tamu bulanan bagi perempuan. Siklus mens dianggap teratur apabila terjadi setiap 24 – 28 hari. Menstruasi yang lancar dan teratur juga bisa menjadi indikator kesehatan. Sebab, haid yang tidak lancar bisa menimbulkan masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele. Lalu, bagaimana cara biar cepat PMS tanpa perlu menggunakan obat medis?

Kira-kira, Apa Saja Tips dan Cara Biar Cepat PMS?

Haid adalah hal yang wajar dialami setiap wanita setiap bulannya. Namun, setiap wanita mempunyai siklus yang berbeda-beda. Biasanya, haid yang lancar tidak menimbulkan rasa nyeri dan sakit. Sementara, haid yang kurang lancar umumnya lebih sering menimbulkan rasa sakit, nyeri pada perut, hingga nyeri yang tidak tertahankan. Tenang saja, kamu bisa melakukannya dengan sederhana dan alami agar mengembalikan siklus yang benar. Berikut ini cara supaya cepat PMS. 

Melakukan Olahraga yang Teratur 

cara biar cepat PMS

Olahraga mempunyai berbagai macam manfaat penting untuk kesehatan, salah satunya membantu menstruasi lebih cepat dan stabil. Olahraga juga membantu mempertahankan berat badan tetap ideal. 

Sebab, perubahan berat badan bisa menjadi salah satu faktor terlambatnya menstruasi. Bahkan, berat badan yang menurun pun menjadi penyebab siklus haid tidak lancar. Maka dari itu, pentingnya menjaga berat badan tetap stabil dan senantiasa sehat. 

Untuk menjalankan olahraga, kamu bisa melakukannya dengan sederhana selama 30 – 35 menit setiap harinya. Olahraga juga efektif sebagai salah satu cara agar PMS tidak sakit dan nyeri. Tentunya, kamu nggak mau merasa kesakitan ketika menstruasi, bukan?

Menerapkan Pola Hidup Sehat dan Konsumsi Makanan Bernutrisi 

cara biar cepat PMS

Selain melakukan kegiatan olah fisik, kamu juga harus menjaga asupan makananmu. Pola hidup yang sehat, sudah pasti dapat menjaga tubuh tetap ideal, sehat, dan bugar. Jadi, kamu membutuhkan olahraga dan asupan makanan yang seimbang agar efektif mengatasi menstruasi yang tidak lancar.  

Cara mengatasinya, kamu bisa mengurangi konsumsi makanan junk food (cepat saji) hingga yang mengandung bahan kimia berbahaya. Gantilah asupan makanan fast food dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seimbang. Selain itu, kurangi merokok, minum alkohol, hingga kurang berolahraga.

Minum Air Kelapa Hijau Murni 

cara biar cepat PMS

Air kepala mengandung antioksidan alami yang sangat baik untuk tubuh, terutama pada kesehatan reproduksi manusia. Air kepala juga mengandung senyawa yang dapat mencegah berbagai penyakit yang mengganggu tubuh. Tak hanya itu, air ini dipercaya dapat mempercepat masa menstruasi. Meminum air kepala juga termasuk salah satu cara agar pms lancar. Bahkan, ketika mengonsumsi air kelapa saat haid salah satu cara cepat selesai PMS.

Membuat Jamu Jahe dan Kunyit

cara biar cepat PMS

Kunyi dan jahe termasuk bumbu dapur yang dapat diolah sebagai obat tradisional dengan segudang manfaat. Kedua bahan ini dapat mempercepat menstruasi yang kurang lancar. Untuk mengolahnya, kamu bisa merebusnya bersama air yang diberi gula merah sebagai pemanis alaminya. 

Jamu kunyit dan jahe ini juga efektif dalam mengatasi nyeri saat menstruasi. Selain itu, membuat darah menstruasi lebih wangi dan tidak bau amis. Selain itu, minuman ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kamu nggak perlu biaya mahal, cukup lakukan cara agar tidak sakit saat pms dengan mengonsumsi jamu seperti ini saja. 

Mengatur Stress

cara biar cepat PMS

Mengontrol stress juga termasuk cara cepat biar PMS. Kondisi tubuh yang stress menjadi salah satu faktor yang membuat siklus haid menjadi tidak lancar. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan hal positif, seperti meditasi. Itulah 5 cara biar cepat PMS, sederhana, dan tidak ribet!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.