Tips Agar Make Up Tidak Cakey dan Tahan Lama, Cukup 3 Langkah!
Makeup

Tips Agar Make Up Tidak Cakey dan Tahan Lama, Cukup 3 Langkah!

Cake face alias make up cakey adalah kondisi riasan yang terlihat tak menyatu dengan kulit. Biasanya hal ini dikarenakan salah langkah ketika mengaplikasikan riasannya.Ikuti tiga langkah dari Marsha Beauty berikut ini sebagai tips agar make up tidak cakey dan tahan lama. Yuk, scroll down!

Tips Agar Make Up Tidak Cakey dan Tahan Lama, Ikuti Tiga Langkah Ini!

Kebanyakan permasalahan yang sering dihadapi wanita ketika merias wajah yaitu make up yang gampang luntur. Memang, cuaca panas, keringat yang bercucuran, sampai aplikasi kosmetik yang tidak tepat dapat menjadikan riasan kamu tidak bertahan lama. Ujung-ujungnya, kamu harus sering-sering melakukan touch up supaya wajah tampak segar dan cantik.

Marshalova tentu sudah pernah menonton video atau membaca tips make up, bukan? Mulai dari tips untuk memilih foundation sesuai dengan warna kulit, tips membuat bibir ombre, hingga tips make up anti cakey.

Ya, kamu pastinya pernah mendengar istilah tentang wajah cakey atau cakey make up, bukan? Nah, make up cakey ini merupakan kondisi foundation, concealer, maupun bedak yang tak menempel dengan sempurna pada kulit wajah. Sehingga riasan terkesan terpisah dari kulit.

Hal tersebut bisa karena aplikasi riasan yang terlalu tebal, kulit belum kamu persiapkan dengan baik, atau make up yang tidak kamu baurkan dengan benar. Kamu pernah mengalaminya? Well, agar tak terulang kembali, yuk simak cara menyiapkan kulit untuk tips riasan anti cakey dan awet yang dapat kamu terapkan!

Persiapkan Kulit Wajah

Sebelum memulai make up, hendaknya persiapkan terlebih dahulu kulit wajahmu supaya bisa menyerap riasan untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Lakukan rutinitas skincare Marshalova seperti biasanya. Mulai dengan membersihkan wajah, memakai lotion wajah (moisturizer) dengan tekstur cair supaya wajah lebih lembab, dan aplikasikan serum wajah agar kulit tetap terawat.

Sesudah langkah-langkah itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan face primer guna mengunci pori-pori wajah supaya bisa "mengunci" make up agar  tahan lama serta membuatnya anti luntur. Hal yang paling penting yaitu sesuaikan face primer dengan jenis kulit wajah kamu, ya!

Baca juga : Inspirasi Make Up Vintage Bisa Untuk Dicoba, Agar Tampil Lebih Maksimal

Kenakan Foundation yang Benar

Supaya foundation tahan lama, hindari pemakaian foundation dan concealer yang terlampau tebal. Percuma saja mengenakan hingga 2-3 lapis foundation, sebab matinya tidak bakal menyerap di kulit wajah. Apabila kamu butuh coverage extra, pakailah hanya di bagian yang bermasalah saja. 

Tips riasan anti cakey dan awet yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikan foundation dengan kegiatanmu. Foundation bertekstur powder mampu memberikan daya tutup yang baik di kulit dan juga tidak berminyak. Dengan begitu cocok untuk kamu gunakan di luar ruangan. 

Sementara itu, untuk kamu yang banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC, pilihlah foundation dengan tekstur liquid atau tinted moisturizer. Lantaran teksturnya akan terasa lembab di kulit. Jangan lupa untuk memakai aplikator yang tepat saat mengaplikasikannya!

Baca juga: Cara Agar Foundation Tidak Cakey, Ini Dia Tipsnya!

Pakailah Bedak yang Tepat

Pergi sekolah mengenakan bedak memang tampak sepele. Tetapi inilah salah satu tahapan yang paling penting untuk riasan anti luntur. Selalu pakai bedak, baik compact powder maupun loose powder. Pemakaian bedak bisa membantu supaya riasan awet serta menyerap kelebihan minyak di wajah. 

Tips agar make up tidak cakey dan tahan lama yaitu hindari bedak dengan kandungan foundation seperti two-way cake. Mengapa? Sebab hal itu bisa membuat make up tampak sangat tebal serta cakey saat siang hari. Jika memakai bedak dengan kandungan foundation tersebut, jangan lupa kenakan juga bedak lainnya seperti setting powder, finishing powder, atau translucent powder. Hal ini perlu dilakukan agar mampu mengunci foundation supaya awet dan juga tidak mengubah warnanya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.