Tips Ampuh Mengusir Mata Panda dengan Concealer Bawah Mata
Makeup

Tips Ampuh Mengusir Mata Panda dengan Concealer Bawah Mata

Kelelahan, kurang tidur, dan sering begadang hingga penggunaan produk skincare yang kurang sesuai adalah faktor yang dapat menyebabkan terbentuknya kantung mata atau lingkaran hitam di bawah mata yang biasa disebut mata panda. Punya mata panda sering bikin rasa percaya diri menurun, soalnya wajah jadi terlihat kurang segar dan lesu. Eits, tapi kamu masih bisa, lho, menutupi mata panda dengan concealer bawah mata. Beberapa jenis concealer memang dikhususkan untuk menutupi area wajah yang kehitaman. Nah, supaya mata pandamu bisa tertutup dengan sempurna, yuk kenalan dengan jenis-jenis concealer yang sesuai untuk menutupi imperfection di wajah!

Jenis-jenis Concealer

Sebelum mengaplikasikan concealer, ada baiknya kamu kenali dulu jenis-jenisnya, Girls. Setiap jenis concealer mempunyai fungsi tertentu yang akan memberikan hasil berbeda. Ada yang untuk mengoreksi noda-noda di wajah, ada yang untuk meng-highlight wajah, ada pula yang untuk meratakan warna kulit. Nah, ini dia 3 jenis concealer yang paling sering digunakan:

Liquid Concealer

Concealer bawah mata

Cukup umum dijumpai, liquid concealer adalah jenis yang paling mudah kamu gunakan untuk menutupi kantung di bawah mata. Hal ini disebabkan teksturnya yang creamy, ringan, dan bisa memberikan macam-macam hasil, dari satin, matte, hingga dewy. Selain itu, liquid concealer dapat kamu aplikasikan di atas foundation dan dibaurkan tanpa membuat makeup cakey. Liquid concealer biasanya dilengkapi dengan aplikator di bagian tutupnya, sehingga memudahkan kamu untuk menjangkau sudut-sudut mata.

Cream Concealer

Concealer bawah mata

Jenis concealer yang kedua ada cream concealer yang memiliki tekstur padat dan creamy serta biasanya high coverage sehingga ampuh menyamarkan mata panda. Biasanya cream concealer dikemas dalam bentuk jar dan tanpa aplikator, sehingga agak sulit untuk menjangkau sudut-sudut mata. Kamu bisa aplikasikan concealer dengan jari atau menggunakan sponge.

Color corrector

Concealer bawah mata

Berbeda dari dua jenis concealer sebelumnya, color corrector lebih ditujukan untuk meratakan warna kulit. Ada tiga jenis warna color corrector yang bisa kamu gunakan, yaitu warna hijau untuk menetralkan kemerahan pada kulit, warna kuning atau oranye untuk menyamarkan noda hitam, dan warna ungu untuk mencerahkan. Color corrector tidak digunakan ke seluruh wajah, melainkan hanya di beberapa spot tertentu yang bermasalah saja. Setelah mengaplikasikan color corrector, kamu harus menimpanya dengan concealer yang sesuai dengan warna kulit supaya warna kulit lebih merata.

Tips Menghilangkan Kantung Mata dengan Concealer

Setelah mengetahui jenis-jenis concealer, akan lebih mudah untuk kamu aplikasikan sesuai jenis skin tone. Kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini supaya hasil penggunaan concealer untuk menutupi kantung mata lebih maksimal.

  • Pastikan warna concealer yang akan kamu gunakan sesuai dengan jenis skin tone. Kamu harus pilih shade yang sesuai supaya hasil makeup tidak belang, yaitu tidak kegelapan ataupun keterangan. Kamu bisa tes beberapa shade concealer yang disediakan dari brand makeup yang ingin kamu beli dengan cara mengoleskannya ke kulit di area dagu hingga leher. 

  • Pilih concealer dengan warna dasar oranye, honey, atau mempunyai tone kekuningan. Warna-warna ini biasanya satu tingkat lebih terang dibandingkan warna asli kulit sehingga bisa membuat area bawah mata terlihat lebih cerah.

  • Aplikasikan concealer dengan membentuk segitiga terbalik di bawah mata. Kalau bisa, pakai concealer dengan aplikator yang mempunyai tip di ujungnya.

  • Setelah itu, berikan gerakan menepuk atau tap-tap secara perlahan memakai spons. Tujuannya adalah untuk membaurkan concealer agar merata. Hindari gerakan menyeret atau menggeser karena akan membuat makeup terlihat cakey.

  • Terakhir, set concealer menggunakan bedak tabur supaya hasilnya lebih halus, flawless, dan tahan lama.

Mengaplikasikan concealer yang tepat saja belum cukup untuk menghilangkan kantung mata,Girls. Sebab, menggunakan concealer hanya bersifat sementara dan bukan sebagai perawatan. Kamu tetap harus merawat area bawah mata menggunakan skincare yang sesuai seperti eye cream atau eye serum. Selain menggunakan skincare, kamu juga harus menjaga pola hidup. Kamu yang sering begadang, terlalu stres, atau jarang minum air putih, harus mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut dengan gaya hidup yang lebih sehat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.