Tips Cara Membersihkan Make Up dengan Benar Agar Bebas dari Masalah Kulit
Makeup

Tips Cara Membersihkan Make Up dengan Benar Agar Bebas dari Masalah Kulit

Membersihkan wajah dari riasan make up umumnya harus dilakukan dengan langkah yang benar dan tepat agar kulit wajah terhindar dari berbagai permasalahan kulit yang mungkin saja terjadi ke depannya. Dalam hal ini, Marshalova perlu tahu mengenai tips cara membersihkan make up dengan benar dan tepat yang akan dijelaskan lebih detail di artikel yang akan Marsha Beauty ulas di bawah ini. 

Bagaimana cara membersihkan make up dengan benar dan tepat?

Rata – rata hampir setiap perempuan yang ingin menghapus riasan make up sehari – hari terkadang menggunakan produk Micellar Water agar dapat mengangkat sisa – sisa riasan yang menempel lebih maksimal. Namun, bisakah jika cara membersihkan make up tanpa Micellar Water dilakukan? Tentu saja hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa cara penting sebagai berikut.

Pakai Eye Make Up Remover lebih dulu 

cara membersihkan make up

Saat akan membersihkan riasan area mata seperti eyeliner, eyeshadow, maskara dan lem bulu mata, kamu perlu menggunakan produk yang satu ini lebih dulu. Caranya, kamu tinggal tuang beberapa tetes produk ke kapas dan usapkan perlahan di bagian mata untuk membersihkan sisa – sisa make up. 

Gunakan Cleansing Oil untuk riasan waterproof 

cara membersihkan make up

Mengingat riasan make up waterproof sulit untuk dihapus, maka sebaiknya kamu menggunakan produk cleansing oil dalam membersihkannya. Dalam penggunaannya, kamu cukup menuangkan produk tersebut ke telapak tangan dan usapkan ke seluruh kulit wajah hingga bersih dari riasan waterproof. 

Lakukan pemijatan lembut di seluruh bagian wajah 

cara membersihkan make up

Setelah mengaplikasikan produk cleansing oil, maka kamu perlu melakukan pijatan lembut di seluruh bagian wajah. Hal ini bertujuan agar riasan kosmetik dapat luntur secara perlahan – lahan. Bahkan hal ini juga akan membuat peredaran darah menjadi lancar.

Bilas wajah hingga bersih 

cara membersihkan make up

Setelah proses pijat kulit wajah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya yakni dengan membilas wajah dengan air bersih. Disini, kamu usahakan bahwa proses pembilasan ini dilakukan dengan waktu yang lama agar wajah benar – benar bersih dari riasan make up. 

Gunakan produk sabun pencuci wajah 

cara membersihkan make up

Cara menghilangkan make up selanjutnya bisa langsung menggunakan produk pencuci wajah yang sesuai dengan kondisi jenis kulit. Disini, kamu bisa memakai produk pencuci wajah yang tersedia bebas di pasaran dari berbagai brand yang ada. Untuk membersihkan wajah ini, pastikan kamu melakukannya selama beberapa saat saja agar kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik.

Mengaplikasikan penggunaan toner

cara membersihkan make up

Tahapan terakhir dalam menghapus make up yakni dengan mengaplikasikan toner. Dimana, toner ini berguna untuk mengangkat sel – sel kulit mati dan juga dapat menyeimbangkan pH kulit wajah. 

Apa bahaya jika tidak menerapkan cara menghapus make up yang benar dan tepat?

Jika kamu masih merasa malas untuk melakukan langkah – langkah pembersihan make up dengan cara yang benar dan tepat di atas, maka bukan tidak mungkin kulit wajah akan berisiko terkena permasalahan kulit. Beberapa permasalahan kulit yang dimaksud antara lain sebagai berikut :

  • Jerawat 

Masalah paling umum yang sering terjadi apabila seseorang yang menggunakan make up seharian tidak membersihkan saat akan pergi tidur. Dengan menumpuknya produk kosmetik di kulit wajah, maka hal ini akan menjadikan jerawat sangat mudah muncul.

  • Kulit kusam, kering dan keriput 

Memakai produk make up tanpa membersihkannya lebih dulu juga dapat mengakibatkan berbagai permasalahan kulit seperti kulit kusam, kering dan keriput. Ini wajah saja terjadi lantaran kondisi kulit wajah yang dipenuhi dengan berbagai produk make up dapat membuat proses regenerasi kulit menjadi terhambat.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan make up yang benar dan tepat yang perlu kamu tahu agar terhindar dari berbagai permasalahan kulit wajah.

Sumber : sehatq, popbela, hellosehat

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.