Tips dan Cara Catok Rambut Pendek, Mudah dan Hasilnya Terlihat Alami!
Hair

Tips dan Cara Catok Rambut Pendek, Mudah dan Hasilnya Terlihat Alami!

Mencatok rambut sudah menjadi bagian rutin yang dilakukan oleh para wanita. Tujuannya agar rambut lebih mudah diatur dan terkesan rapi. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkreasi mengatur rambutmu sesuai dengan keinginanmu sendiri. Namun, kamu harus menggunakan teknik yang tepat agar hasilnya sempurna. Lalu, bagaimana cara catok rambut pendek? Marsha Beauty, bisa menyimaknya di sini.

Tips dan Cara Catok Rambut Pendek yang Bisa Dilakukan Dengan Mudah

Untuk mendapatkan rambut yang bagus, kamu nggak perlu mengunjungi salon. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, tetapi harus dengan cara yang tepat. Apabila tidak, tentu hasilnya kurang maksimal dan terkesan kurang rapi. Biar kamu nggak salah, kamu bisa melihat cara mencatok rambut pendek berikut.

Sebelum Mencatok, Rambut Harus Dalam Keadaan Kering dan Bersih 

cara catok rambut pendek

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ialah mencatok rambut dalam keadaan bersih dan kering. Rambut yang kondisinya masih basah justru meningkatkan risiko kerusakan pada rambut. Selain itu, dapat meninggalkan aroma terbakar yang kurang nyaman. Maka dari itu, kamu harus memastikan rambut selalu dalam keadaan bersih dan kering sebelum mencatoknya. 

Pilihlah Alat Catok yang Tepat

cara catok rambut pendek

Untuk mendapatkan hasil rambut yang sempurna, baik rambut panjang ataupun saat catok rambut pendek. Kamu bisa menggunakan alat styling dengan bahan keramik atau titanium. Dengan bahan yang berkualitas, tentunya hasil catokan rambutmu akan semakin sempurna hasilnya.

Kamu bisa memilih catokan dengan beberapa fitur, seperti menentukan temperatur suhu panasnya agar menyesuaikan dengan ketebalan dan tekstur rambutmu. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan rambutmu.

Menunggu Sampai Alat Styling Mencapai Suhu Panas yang Tepat

cara catok rambut pendek

Sering kali, banyak yang beranggapan bahwa cara nyatok rambut pendek atau panjang harus dalam keadaan suhu panas yang tinggi. Padahal, mencantok dalam keadaan suhu panas yang terlalu tinggi semakin berisiko untuk merusak rambut. Namun, jika suhu belum terlalu panas hasil catokannya pun kurang maksimal. 

Cara menggunakannya, kamu bisa memulai mencatok rambut saat suhunya mulai terasa hangat. Jika, alat styling terasa sangat panas, kamu bisa mematikan sejenak agar suhunya menurun dan gunakan kembali. 

Membagi Rambut dan Sisir Sebelum Mencatoknya

cara catok rambut pendek

Tips berikutnya ialah membagi rambut menjadi beberapa bagian terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan penjepit untuk menahan rambut yang belum dicatok. Jangan lupa menyisir seluruh bagian rambut agar tidak ada yang kusut, sehingga memudahkan kamu untuk mencatoknya. 

Saat mulai mencatok, sebaiknya kamu memulai dengan mengambil sedikit demi sedikit saja. Sebab, mencatok rambut yang terlalu tebal dan banyak menyebabkan hasilnya kurang maksimal. Selain itu, rambut pun menjadi tidak awet dan cepat kembali ke bentuk semula.

Gunakan Teknik Curly yang Benar

cara catok rambut pendek

Cara curly rambut pendek ataupun panjang sebenarnya sama saja. Setelah kamu membaginya, kamu bisa memulai dengan menjepit bagian pangkal rambutmu. Kemudian, tarik perlahan hingga ke ujung rambut dan gulunglah rambut menggunakan catokan. Tunggulah beberapa detik dan lepaskan alat styling. 

Kalau ingin hasil curly yang lebih sempurna, kamu bisa menggunakan alat catokan khusus curly. Kamu tinggal menjepit dan menggulung ujung rambut dimulai dari bagian bawah hingga ke atas. Lakukan ke seluruh bagian rambutmu. Jika semua bagian sudah curly, kamu sisir perlahan menggunakan tangan saja dan hindari memakai sisir. Bila ingin hasilnya lebih tahan lama, bisa semprotkan hair spray pada bagian rambutmu. Bagaimana, cara catok rambut pendek tidak sulit kan?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.