Tips Facial Treatment untuk Kulit Kering Pada Saat Berpuasa
Skincare

Tips Facial Treatment untuk Kulit Kering Pada Saat Berpuasa

Ketika berpuasa, tubuh kekurangan cairan karena keterbatasan asupan yang masuk ke dalam tubuh kamu. Sehingga, tubuh berpotensi mengalami dehidrasi yang ditandai dengan gejala kulit yang kering, tak terkecuali pada kulit wajah. untuk mengatasinya, berikut Marshalova akan menyampaikan tips facial treatment untuk kulit kering yang bisa kamu coba di rumah.

Facial Treatment untuk Kulit Kering Pada Saat Berpuasa

Ketika melaksanakan puasa, kulit wajah menjadi kering merupakan permasalahan kulit yang kerap dialami oleh banyak kaum hawa. Sebenarnya, kulit wajah yang kering adalah keadaan saat lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak memperoleh kelembaban cukup.

Nah, untuk menghindari kulit kering ini, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memelihara kulit wajah. Tujuannya yaitu agar wajah tampak segar dan bercahaya selama berpuasa.

Banyak Minum Air Putih

facial treatment untuk kulit kering

Kurangnya asupan air saat berpuasa sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Pertandanya yaitu seperti bibir pecah-pecah dan kulit menjadi kering. Maka kamu haru memenuhi asupan cairan tubuh. Hal ini adalah tips perawatan wajah ketika berpuasa paling sederhana yang dapat kamu lakukan guna mencegah terjadinya dehidrasi dan kulit kering.

Penuhi kebutuhan cairan ketika waktu sahur, berbuka, dan sebelum tidur. Kamu perlu minum air putih sejumlah delapan gelas per harinya. Jangan minum secara sekaligus guna menghindari perut jadi kembung. Jika cairan di dalam tubuh tercukupi, maka kelembaban kulit akan terjaga.

Oleskan Pelembab

facial treatment untuk kulit kering

Cara mengatasi kulit kering ketika berpuasa yang cukup ampuh yakni dengan mengoleskan pelembab sesuai dengan jenis kulit kamu tiap hari. American Academy of Dermatology menganjurkan supaya memakai pelembab sesaat sesudah mencuci muka, mandi, dan mencuci tangan.

Pemakaian pelembab bisa meningkatkan retensi air kulit, dengan begitu mampu mengunci kelembaban wajah. Selain memakai nya sebelum melakukan aktivitas, kamu pun dapat menggunakan pelembab ketika malam hari sebelum tidur. Pilih pelembab dengan kandungan hyaluronic, ceramide, lanolin, lactic acid, gliserin, colloidal oatmeal, petrolatum, dan minyak mineral.

Baca juga :Mau Pakai Pelembab Bebas Paraben dan Alkohol? Cek Info Ini Dulu!

Pakailah Sunscreen

facial treatment untuk kulit kering

Paparan sinar UV berlebihan bisa memperburuk kondisi kulit kering saat berpuasa. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menggunakan sunscreen sebagai cara mengatasi kulit kering ketika berpuasa.

Sebaiknya gunakan sunscreen dengan SPF minimal 15. Aplikasikan pada permukaan kulit wajah 15-20 menit sebelum kamu bepergian ke luar rumah.

Eksfoliasi Kulit

facial treatment untuk kulit kering

Perawatan kulit wajah saat berpuasa bisa juga kamu lakukan dengan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan kulit dalam membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang mengakibatkan kulit kering.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan bahan-bahan kimia atau menggunakan alat-alat khusus. Contoh eksfoliasi kulit dengan alat, seperti facial scrub, cleansing brush, dan washcloth. Sedangkan, biasanya untuk produk eksfoliasi mengandung senyawa AHA (alpha-hydroxy acid) dan BHA (beta-hydroxy acid).

Gunakan Masker Wajah

facial treatment untuk kulit kering

Rutin memakai masker wajah untuk melembabkan kulit kering karena berpuasa pun dapat Marshalova coba. Kamu bisa menggunakan masker wajah instan yang tersedia di pasaran atau meracik masker wajah alami yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pakailah masker wajah saat malam hari untuk memelihara kondisi kulit selama Ramadhan.

Baca juga :Ini Cara Memakai Masker Wajah Bubuk Agar Hasil Maksimal, Harus Dicobain!

Oleskan Gel Lidah Buaya

facial treatment untuk kulit kering

Manfaat aloe vera atau lidah buaya juga bisa kamu pergunakan sebagai perawatan wajah untuk mengatasi kulit kering ketika berpuasa. Kamu bisa mengaplikasikan gel lidah dari tanaman aloe vera secara langsung atau gel lidah buaya yang banyak terjual di pasaran. Tetapi pastikan kandungan lidah buaya di dalamnya 100%, ya Girls.

Kamu bisa mengoleskan sedikit gel lidah di area kulit lengan dahulu untuk mengetahui apakah timbul reaksi alergi tidak. Jika tidak, kamu dapat mengoleskannya di area kulit yang kering lalu diamkan semalaman.

Semprotkan Face Mist ke Wajah

facial treatment untuk kulit kering

Tips facial treatment untuk kulit kering saat berpuasa juga dapat dengan cara menyemprotkan face mist ke wajah kamu. Manfaat face mist ini sangat penting untuk menghidrasi dan melembabkan kulit wajah kamu. Menggunakan face mist membuat kulit kamu bakal terasa lebih segar. Pastikan kamu mencari produk face mist dengan kandungan oklusif atau zat emolien, seperti shea butter, squalene, dan minyak kelapa.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.