Tips Memilih Moisturizer yang Bagus Sesuai Jenis Kulit
Skincare

Tips Memilih Moisturizer yang Bagus Sesuai Jenis Kulit

Memilih jenis moisturizer yang bagus sangat bergantung pada jenis kulitmu, MarshaLova. Makanya, tak heran kalau moisturizer yang cocok dipakai orang lain belum tentu cocok di kulitmu. Soalnya, ada kemungkinan bahwa kamu dan orang tersebut punya jenis kulit yang berbeda.

Kalau begitu, bagaimana caranya kamu bisa memilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu? Simak panduan singkatnya berikut ini untuk membantumu memilih moisturizer yang bagus sesuai jenis kulit agar kulitmu selalu sehat dan terawat.

Baca juga : Top 4 Moisturizer Keluaran Baru yang Langsung Jadi Favorit Marsha

Memilih Moisturizer yang Sesuai Jenis Kulit

moisturizer yang bagus

Moisturizer yang baik adalah salah satu kebutuhan penting untuk perawatan kulit yang efektif, terlepas dari usia dan jenis kulitmu. Pada kulit kering, moisturizer yang tepat bisa mengunci kelembapan agar kondisi kulitmu membaik. Dan pada kulit berminyak, moisturizer berbahan dasar air akan terserap dengan lebih mudah tanpa membuat kulit terlihat mengilap karena minyak.

Dengan begitu, langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat memilih moisturizer kulit yang bagus adalah kenali dulu apa jenis kulitmu. Kemudian, identifikasi apa masalah yang kamu alami. Misalnya, kulitmu tak hanya kering, tapi juga berjerawat dan kusam. Atau, kulitmu tak hanya berminyak dan berjerawat, tapi ternyata juga dehidrasi alias kekurangan kadar air.

Panduan Memilih Moisturizer Berdasarkan Jenis Kulit

Meskipun masing-masing orang punya kondisi atau masalah kulit yang unik, rangkuman panduan berikut ini bisa jadi langkah awal untuk membantumu memilih moisturizer kulit yang ideal.

  • Untuk kulit berminyak dan/atau berjerawat, pilihlah moisturizer yang non-comedogenic alias yang formulanya tidak menyumbat pori-pori. Soalnya, salah satu penyebab jerawat adalah sumbatan pada pori-pori.

  • Untuk kulit kering, coba moisturizer yang teksturnya lebih berat dan pilih yang mengandung dimethicone dan hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit. Kandungan seperti glycerin bisa tarik air ke dalam kulit, dan kandungan seperti mineral oil dan lanolin bisa bantu kunci kelembapan di dalam kulit.

  • Untuk kulit sensitif, pilihlah moisturizer yang bebas dari kandungan pewangi/parfum dan hypoallergenic. Bahkan, makin sedikit kandungan bahan di dalam produk moisturizer, makin bagus karena artinya risiko kulit sensitifmu jadi teriritasi jadi lebih rendah.

  • Pertimbangkan moisturizer dengan SPF untuk memberikan perlindungan dari bahaya sinar matahari, terlepas dari apa jenis kulitmu. Idealnya, pilihlah moisturizer kulit minimal dengan SPF 30, serta bebas dari kandungan minyak maupun pewangi.

  • Moisturizer dengan kandungan antioksidan sangat direkomendasikan untuk semua jenis kulit. Contohnya green tea, chamomile, ekstrak licorice root, dan pomegranate. Antioksidan sangat bermanfaat untuk menghalau radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit.

  • Untuk kulit dengan eczema, pilihlah moisturizer yang teksturnya kental (ointment) untuk membantu menenangkan kulit yang pecah-pecah, serta bisa bantu menjaga kulit agar selalu kenyal.

Baca juga : Jangan Asal Memilih Moisturizer Untuk Kulit Berminyak, Agar Kulitmu Tetap Terlihat Bercahaya

Untuk perawatan optimal, kamu juga bisa gunakan lebih dari satu jenis moisturizer. Akan tetapi, sekali lagi kamu perlu perhatikan jenis kulit serta kebutuhan kulitmu, ya! 

Di samping itu, ketika memilih moisturizer kulit wajah, hindari menggunakan moisturizer untuk tubuh. Soalnya, apa yang cocok di tubuh belum tentu cocok di wajah. Apalagi, moisturizer untuk tubuh cenderung lebih kental dan mengandung beberapa bahan yang bisa menyumbat pori-pori dan jerawat seperti shea butter, wax, lanolin, dan mineral oil.

Itu dia panduan singkat memilih moisturizer yang bagus sesuai dengan jenis kulit, termasuk masalah yang kamu alami pada kulitmu. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk membantumu memilih moisturizer yang tepat, ya!

Sumber : webmd, health.harvard.edu

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.