Tips Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah dan Praktis!
Lifestyle

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah dan Praktis!

Mengatasi hidung tersumbat, apakah kamu pernah mengalaminya? Hidung tersumbat nyatanya memang terasa cukup menyiksa. Terlebih ketika mengalami, kita menjadi sulit bernapas.

Hidung tersumbat sendiri terjadi apabila jaringan serta pembuluh darah area tersebut mengalami bengkak. Hal ini umumnya disebabkan oleh infeksi maupun radang. Akibat yang paling sering terasa adalah gangguan proses pernapasan, bahkan bisa memicu batuk dan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Penyebab Mimisan Tiba Tiba, Begini Cara Atasin Mimisan dengan Tepat! 

Ini Dia Tips Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat

Sebelum mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat, kamu juga perlu mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Hal ini menjadi antisipasi penting agar selalu waspada. Berikut uraian lengkapnya.

  1. Infeksi virus yang memicu kondisi alergi.
  2. Masuknya benda asing ke lubang hidung.
  3. Efek samping setelah mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
  4. Suatu tanda atau gejala sebuah penyakit seperti flu, sinusitis, deviasi septum, hingga polip.

Hidung tersumbat tentu menimbulkan ketidaknyamanan yang sangat mengganggu aktivitas. Namun tenang, kondisi ini dapat kamu atasi dengan beberapa cara sederhana. Simak dan coba sendiri jika suatu saat mengalaminya.

Menggunakan Air Garam

Selain membersihkan debu yang berbahaya di rongga hidung, kamu juga bisa menggunakan air garam untuk mengatasi hidung mampet atau tersumbat. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan air garam sangat mudah.

Cukup larutkan 1 sendok garam serta sejumput soda kue ke dalam 500 ml air hangat. Tuang larutan tersebut pada botol khusus, kamu bisa membeli di toko obat atau apotek. Miringkan kepala kemudian arahkan corong botol ke sisi hidung. Semprotkan kuat-kuat hingga cairan keluar melalui sisi hidung lainnya.

Menghirup Uap Panas

Cara ini bisa menjadi solusi mudah, untuk mengatasi hidung tersumbat serta melegakan pernapasan. Kamu hanya perlu menyiapkan baskom berisi air Panas, kemudian bawa dan dekatkan ke area wajah.

Hal ini membuat uap yang mengepul bisa terhirup, dan hidung tersumbat langsung lega kembali. Penting untuk berhati-hati, jangan sampai air panas mengenai wajah.

Berbaring dengan Bantalan yang Tinggi

Hidung tersumbat selain mengganggu proses pernapasan, juga dapat membuat tidur kurang nyenyak. Terlebih pasokan oksigen saat berbaring menjadi susah kamu hirup. Hal ini bisa diatasi dengan meletakkan bantalan tinggi, sehingga proses pernapasan bisa lebih baik dan lancar.  

Menggunakan Minyak Aromatherapy

Kini sudah tersedia banyak sekali varian minyak aromatherapy, yang bisa kamu beli di toko-toko terdekat. Salah satunya adalah minyak kayu putih. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan minyak kayu putih juga sangat mudah. Bisa kamu lakukan dengan menghirup aromanya, atau mengoleskan beberapa tetes ke sekitar hidung.

Konsumsi Air Putih

Hidung tersumbat bisa sedikit reda dengan banyak minum air putih. Kandungan air tersebut efektif dalam membantu mengencerkan lendir di hidung. Sehingga menjadi lebih mudah kamu keluarkan. Dengan perbanyak asupan air, bisa membuatmu terhindar dari berbagai masalah kesehatan seperti dehidrasi.

Baca Juga: Kenapa Rambut Sering Rontok ? Ini Dia Penyebabnya!

Menggunakan Pelembap Udara

Pelembap udara atau humidifier mampu melancarkan hidung yang tersumbat. Terutama jika kamu berada dalam ruangan yang sejuk atau memakai AC. Alat ini juga bisa mengurangi penyebaran debu, sehingga saluran napas menjadi lebih terbuka dan lega.

Memijat Area Hidung

Umumnya hidung tersumbat terasa sangat gatal dan tidak nyaman, namun jangan kamu garuk apalagi sampai ke bagian dalam. Efek gatalnya bisa kamu kurangi dengan memberi pijatan. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan ini harus kamu lakukan secara perlahan, sehingga tidak membuat iritasi.

Nah, itu tadi beberapa uraian tentang cara mengatasi hidung tersumbat. Jika menggunakan cara di atas tidak mampu memberi efek lebih baik, segera beli obat-obatan yang sesuai, atau agar lebih aman langsung hubungi dokter. Semoga tulisan ini bermanfaat! 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.