Tips Mengatasi Ketombe yang Berlebihan dengan Mudah!
Hair

Tips Mengatasi Ketombe yang Berlebihan dengan Mudah!

Permasalahan rambut yang berketombe cukup umum. Ketombe ini termasuk masalah umum yang bisa dialami oleh pria, wanita, tua, maupun muda. Meskipun termasuk masalah yang umum, ketombe ini kerap mengganggu kenyamanan dan menurunkan kepercayaan diri. Ada beberapa kasus yang memiliki permasalah ketombe yang berlebihan. Nah, bagaimana sih cara mengatasi ketombe yang berlebihan ini? 

Ini Tips Mengatasi Ketombe yang Berlebihan dengan Mudah

Ketombe adalah bentuk ringannya dari masalah kulit dermatitis seboroik. Gejala dari ketombe ini sangat mudah dikenali. Ketika serpihan kulit berwarna putih keabu-abuan atau kuning berminyak, lepas atau tidak melekat dengan kulit kepala. Sering ditemukan di bahu, di antara rambut dan kulit kepala. 

Baca juga: Perbedaan Ketombe dan Kulit Kepala Kering, Simak Tips Mengatasinya!

Gejala lainnya yaitu seringnya merasa gatal, radang, dan juga rasa kering pada kepala. Untuk kamu yang punya masalah ketombe yang cukup parah, sebaiknya untuk segera mencari alternatif untuk menghilangkannya. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kulit kepala yang satu ini. Berikut ini kita akan membahas apa saja penyebab dan tips untuk ketombe yang berlebihan. 

Ketahui Dahulu Penyebab Ketombe

Sebelum memberikan perawatan untuk ketombe ada baiknya mencari tahu dahulu apa penyebabnya. Bisa jadi munculnya ketombe secara berlebihan ini dari kebersihan kulit kepala yang kurang terjaga. Penggunaan produk perawatan kulit kepala yang tidak cocok juga bisa menjadi penyebab. 

Kulit kepala akan menjadi kering dan mengelupas akibat minyak yang berlebih.  Ketombe ini juga bisa terjadi pada orang yang jarang keramas. Sebum minyak yang tidak segera dibersihkan akan menumpuk dan menjadi ketombe. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di kepala akan mengering dan berjatuhan. 

Ada juga karena kulit kepala yang kering, kulit kepala yang teriritasi dan berminyak, serta tumbuhnya jamur malassezia. 

Tips Mengatasi Ketombe yang Membandel dan Berlebihan

Ketombe yang berlebihan tentu saja perlu diatasi dengan benar. Ketombe ini bisa menimbulkan rasa gatal, sehingga bisa membuat ingin terus menggaruk. Padahal jika terus digaruk secara berlebihan, kulit kepala bisa luka dan rentan infeksi. Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa trik ini. 

  1. Pakai Minyak Kelapa 

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Manfaat minyak kelapa untuk kulit kepala sendiri banyak. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Kamu cukup mengoleskan minyak kelapa secara merata ke kulit kepala. Kemudian kamu diamkan dalam beberapa menit. Selanjutnya cuci dan bilas hingga bersih. Minyak kelapa dapat membuat kulit kepala lembap dan terawat. 

  1. Mengoleskan Tea Tree Oil 

Minyak pohon teh ini telah lama dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi permasalahan jerawat. Minyak ini ternyata ampuh untuk mengatasi ketombe berlebihan. Tea tree oil ini mampu mengurangi pertumbuhan jamur yang merupakan penyebab dari ketombe dan juga meredakan gatal yang ditimbulkan. Kamu bisa mencampurkan beberapa tetes dari tea tree oil murni dengan shampo. 

Kemudian kamu bisa keramas seperti biasanya. Pastikan kamu tidak memiliki alergi dengan minyak ini. Cara untuk mengetahuinya dengan mengoleskan tea tree oil pada kulit lengan dan tunggu reaksinya selama 24 jam. Jika ternyata terlihat memerah, maka sebaiknya jangan gunakan minyak ini. 

  1. Rutin Keramas dengan Shampo Anti Ketombe

Untuk kamu yang memiliki jenis rambut mudah berminyak, kamu bisa rutin melakukan keramas untuk mengatasi masalah ketombe. Keramas secara rutin dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di kulit kepala. Bukan berarti dengan hal ini kamu harus keramas setiap hari. Keramas yang terlalu sering juga dapat menjadi penyebab minyak alami pada kulit kepala menjadi hilang. 

Saat keramas, kamu bisa menggunakan shampo anti ketombe yang mengandung ketoconazole, asam salisilat, zinc pyrithione, dan selenium sulfida. Shampo dengan kandungan tersebut dapat menghilangkan ketombe dan meredakan gejala gatal pada kulit kepala. 

Baca juga: Shampo Pantene Anti Ketombe Cocok untuk Semua Jenis Kulit Kepala

Itulah tadi beberapa tips mengatasi ketombe yang berlebihan dengan penyebabnya. Kamu bisa mempraktikkan ini di rumah. Jika masalah ketombe yang berlebihan tidak kunjung hilang, ada baiknya konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.