Tips Merawat Rambut untuk yang Pakai Hijab Simpel dan Praktis Terapkan Yuk
Hair

Tips Merawat Rambut untuk yang Pakai Hijab Simpel dan Praktis Terapkan Yuk

Tips merawat rambut untuk yang pakai hijab jangan dianggap sepele. Rambut yang tertutup hijab sudah pasti tidak sama kondisinya dibandingkan rambut yang kesehariannya dibiarkan terbuka. Oleh karena itu, wajar jika perawatannya sedikit berbeda. 

Perempuan berhijab banyak menyepelekan perawatan rambutnya. Mereka beranggapan bahwa hijab sudah cukup menjadi pelindung rambut dari paparan sinar matahari, hujan, angin, dan asap. Padahal berbagai masalah rambut justru sering datang menghampiri seperti rambut kering, gatal-gatal, hingga rambut bercabang.

Kondisi terparahnya adalah terjadinya kerontokan rambut yang tidak wajar. Hampir semua wanita berhijab pernah mengalami hal tersebut. Terlebih bagi kamu yang suka beraktivitas di luar ruangan.

Tips Merawat Rambut untuk yang Pakai Hijab Simpel dan Praktis

Meski terlindung dari paparan panas dan asap polusi, faktanya hijab yang kamu kenakan justru membuat kulit kepala rentan berkeringat. Ini menjadi salah satu pemicu meningkatnya produksi sebum (minyak). Jika terjadi terus menerus maka bakteri dan kuman mudah menumpuk dan bersarang di kulit kepala. 

Kondisi ini membuat kulit kepala terasa gatal, bahkan kondisi terparahnya ketombe pun mulai bermunculan. Lantas harus bagaimana, nih. Tenang, kamu hanya perlu perawatan khusus dan yang terpenting rutin dilakukan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.  

Segera Lepas Hijab Setelah Sampai Rumah

Tips Merawat Rambut untuk yang Pakai Hijab

Segera lepas hijabmu setelah sampai di rumah. Lepas juga ikatan rambut. Ini bertujuan agar rambut mendapatkan udara segar setelah seharian berselimutkan hijab.

Kenali Jenis Rambutmu

Tips Merawat Rambut untuk yang Pakai Hijab

Selain kulit, Girls juga perlu memahami jenis rambut supaya pemenuhan akan kebutuhan rambut terpenuhi dengan baik. Ini juga akan memudahkan kamu memilih metode dan produk hair care yang tepat.

Baca:Vitamin Rambut Bercabang yang Mampu Merawat Kondisi Rambut Kamu

Keramas Rutin dengan Shampo Khusus

Tips Merawat Rambut untuk yang Pakai Hijab

Poin terpenting dalam perawatan rambut wanita hijab adalah mencuci rambut alias keramas. Kebanyakan permasalahan rambut disebabkan oleh cara keramas yang kurang tepat. 

Kulit kepala menjadi lebih lembab setelah seharian dikurung dengan hijab. Ini bisa memicu tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Rutin keramas minimal 2 kali sehari akan membantu menjaga kulit kepala tetap bersih dan sehat. Gunakan shampo khusus wanita hijab anti ketombe dan pencegah rambut rontok.

Sisir Rambut Terlebih Dahulu

Tips Merawat Rambut untuk yang Pakai Hijab

Rambut kusut membuat proses keramas memakan waktu lebih lama. Ini juga bisa menjadikan rambut Marshalova menjadi rontok.

Kebanyakan wanita berjilbab menyepelekan perawatan rambut seperti menyisirnya. Hal inilah yang menyumbang kusut pada rambutmu. Sebelum keramas, rapikan rambut dengan menyisirnya. Gunakan sisir bergigi renggang untuk menghindari kerontokan.

Baca:Kandungan Natur Hair Tonic Ginseng dari Berbagai Bahan Alami, Cocok untuk Rambu Rontok!

Pijat Kulit Kepala

Tips Merawat Rambut untuk yang Pakai Hijab

Proses keramas juga tidak boleh disepelekan. Usahakan nutrisi dari shampo bisa meresap sempurna mulai dari akar hingga ujung rambut. Pijatlah kulit kepala dengan lembut.

Lakukan hal ini beberapa saat. Manfaat yang akan kamu dapat dari memijat kulit kepala antara lain memulihkan pertumbuhan rambut serta meredakan stress dan ketegangan.

Jangan Lupa Pakai Kondisioner

Tips Merawat Rambut untuk yang Pakai Hijab

Memakai kondisioner setelah keramas bermanfaat untuk mencegah rambut patah. Tunggulan selama 1-2 menit sebelum kamu membilasnya hingga bersih. 

Ikat Rambut Jangan Terlalu Kencang

Tips Merawat Rambut untuk yang Pakai Hijab

Mengikat rambut berdampak kurang baik terhadap kesehatan batang rambut. Girls bisa mengakalinya dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang. Adapun ikat rambut untuk hijab yang aman yakni berbahan lembut seperti scrunchie dari satin atau katun. 

Pakai Hijab Saat Kondisi Rambut Sudah Kering

Tips Merawat Rambut untuk yang Pakai Hijab

Sudah keramas rutin dan memakai kondisioner tapi ketombe masih saja muncul bebas di kepala atau rambut berbau apek? Kemungkinan hal ini terjadi karena kamu memaksa mengenakan jilbab saat kondisi rambut masih basah atau belum kering benar.

Mulai sekarang jangan lagi memakai hijab sebelum rambut benar-benar kering sempurna. Boleh juga sih sesekali menggunakan hairdryer. Tapi ingat jangan keseringan, ya!

Ternyata simpel bukan tips merawat rambut untuk yang pakai hijab? Kini tidak ada lagi kasus rambut lepek, ketombe, atau rambut rontok gara-gara hijab yang kamu pakai, ya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.