Tips Minum Air Putih Saat Puasa Bisa Bantu Cegah Dehidrasi, Begini Aturannya
Lifestyle

Tips Minum Air Putih Saat Puasa Bisa Bantu Cegah Dehidrasi, Begini Aturannya

Tips minum air putih saat puasa menjadi hal yang cukup penting kamu ketahui. Bagaimana tidak, ada kewajiban untuk menahan rasa haus serta dahaga selama siang hari saat berpuasa, kamu perlu atur pasokan cairannya yang ada dalam tubuh. Jika tidak diatur asupan air selama kamu menjalankan puasa, maka akan lebih sering merasakan haus.  

Apalagi ditambah ada masalah lain contohnya bibir kering, pecah-pecah, dan merasa lemas. Hal itu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi umat Islam yang sedang berpuasa. Untuk itu, yuk simak tipsnya berikut ini.

Tips Minum Air Putih Saat Puasa Dapat Hindarkan dari Dehidrasi

Tips Minum Air Putih Saat Puasa

Air merupakan hal yang sangat penting untuk kehidupan. Seseorang bisa bertahan hidup tanpa makanan selama berminggu-minggu tapi tidak dengan air. 

Cairan ini merupakan hal yang begitu penting untuk bantu mengatasi dahaga Marshalova selama bulan puasa. Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa minum air putih ketika berbuka merupakan hal yang penting.

Air yang terkandung dalam tubuh manusia yakni 60 hingga 70%. Oleh karena itu, kekurangan asupan air maka yang terjadi bisa mempengaruhi sel maupun saraf tubuh, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kekurangan asupan air putih ketika berpuasa juga bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan contohnya sakit kepala, kelelahan. kulit jadi kering, serta sembelit. Maka dari itu, penuhi asupan cairan selama puasa dengan mengikuti aturan minum air putih saat puasa berikut ini.

Baca Juga : Ini Dia Jam Makan Malam yang Baik Sesuai Anjuran

  1. Dua Gelas Air Putih Ketika Berbuka

Untuk memenuhi kebutuhan air harian kamu saat bulan puasa, maka waktu berbuka serta sahur menjadi waktu yang krusial. Mengapa demikian? Sebab pada waktu-waktu tersebut dapat mengonsumsi maupun minum air putih. 

Untuk itu, kamu wajib minum dua gelas air putih ketika berbuka. Dengan dua gelas air waktu berbuka, maka sudah mencukupi tubuhmu yang seharian lelah tidak memperoleh asupan cairan. 

Kamu dapat membagi waktu minum air putih selama berbuka jadi satu gelas sebelum melaksanakan salat maghrib serta satu gelas lagi setelah azan magrib. Dengan demikian, sudah cukup bagi tubuh untuk mencegah dehidrasi.

  1. Empat Gelas Air Putih di Malam Hari

Nah, selain dua waktu yang memang sudah dianjurkan untuk makan serta minum yakni waktu berbuka serta sahur, kamu juga dianjurkan untuk minum air putih pada saat malam hari setelah melaksanakan salat tarawih. Malam hari bisa mengonsumsi air putih dengan jumlahnya lebih banyak dari momen berbuka serta sahur yakni empat gelas. 

Selain itu, kamu juga harus mengatur waktu minum air putih di malam hari. Usahakan untuk tidak minum terlalu berdekatan maupun hanya dalam sekali waktu. Dengan demikian, tubuh dapat lebih gampang memproses makanan serta membuat pencernaan jadi lancar.

Baca Juga : Makanan Yang Bagus untuk Kulit dan Mudah Ditemukan

  1. Dua Gelas Air Putih Ketika Sahur

Ketika waktu sahur tiba, kamu bisa minum dua gelas air putih. Satu gelas saat Mrshalona akan menyantap makanan sahur serta satu gelas lagi saat akan mendekati imsak. Hal itu bisa memberikan asupan energi yang cukup untuk tubuh selama menjalankan puasa. 

Selain itu, juga bisa berguna untuk memperlancar pencernaan serta membuang racun dalam tubuh. Kamu juga perlu menghindari minum kopi maupun teh. Karena minum kopi atau teh dalam porsi yang banyak bisa menyebabkan meningkatnya kandungan kafein. 

Hal itu tentu akan menghilangkan kandungan air dalam tubuh. Selain itu, kamu juga harus menghindari makanan maupun minuman manis yang bisa dicerna dengan cepat. Sebabnya minum terlalu banyak air juga tidak dianjurkan. 

Hal tersebut bisa mencairkan lambung, dapat menyebabkan gangguan pencernaan, serta rasa kembung. Tips minum air putih saat puasa bisa kamu simak ulasannya di atas ya Marshalova.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.