Tips Mudah Memilih Make Up yang Aman untuk Bumil
Makeup

Tips Mudah Memilih Make Up yang Aman untuk Bumil

Makeup yang aman untuk bumil, sedang mengandung buah hati bukan halangan untuk tampil mempesona. Meski terkadang, bunda merasa khawatir dan takut, jika bahan produk kecantikan bisa membahayakan janin di perut.

Wajib bunda tahu, kulit dapat menyerap lebih dari 50% kandungan bahan kosmetik. Maka dari itu, penting untuk cermat dalam memilih produk yang tidak berbahaya.

Baca Juga: 10 Merk Bedak yang Tidak Luntur Saat Berkeringat, Makeup Anti Longsor

Ini Dia Tips Mudah Memilih Produk MakeUp yang Aman untuk Bumil!

Saat hamil, penggunaan produk makeup menjadi salah satu hal penting untuk bunda waspadai. Mengingat ada beberapa kandungan tertentu, yang bisa berbahaya bagi janin jika bumil gunakan.

Kandungan Makeup yang Tidak Aman Untuk Bumil

Agar tidak bingung, berikut ini uraian lengkap tentang kandungan berbahaya dalam produk makeup, yang harus bumil cermati dan hindari.

Paraben

Paraben biasa dipakai untuk pengawet alas bedak maupun lipstik, kandungan ini bisa mencegah tumbuhnya bakteri. Dalam sebuah uji, ditemukan bahwa paparan paraben pada ibu hamil bisa mempengaruhi perkembangan tubuh menyeluruh.

Seperti neurologis, sistem reproduksi, juga kekebalan pada tubuh bayi. Sehingga zat ini perlu dihindari.

Retinol

Zat ini mempunyai fungsi guna mencegah penuaan. Paparan retinol dengan komposisi berlebihan, berisiko tinggi menyebabkan keguguran hingga kelainan kongenital pada bayi di dalam kandungan.

Timbal

Sebagian besar lipstik mengandung pewarna buatan seperti timbal. Paparan dari timbal berisiko tinggi merusak gangguan sistem hormon serta saraf. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan lipstik dengan pewarna 100% alami.

Oxybenzone

Zat ini biasanya ada dalam produk tabir surya. Memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Meski begitu, bumil wajib hati-hati. Penggunaan bahan oxybenzone secara berlebih saat hamil, bisa mengganggu keseimbangan hormon.

Selain itu, oxybenzone juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan secara permanen, pada janin di dalam kandungan serta ibu hamil.

Diazolidinyl Urea

Merupakan salah satu kandungan yang wajib bumil waspadai. Diazolidinyl urea biasa digunakan pada produk maskara. Pengawet antimikroba ini bisa menghasilkan senyawa formaldehida yang berbahaya hingga menyebabkan kelahiran prematur, serta kelainan kongenital pada bayi di dalam kandungan.

Phthalate

Phthalate juga dikenal dengan nama dimethyl phthalate. Biasa terdapat di produk hair spray dan cat kuku. Kandungan ini termasuk zat berbahaya, karena berpotensi memicu cacat pada sistem reproduksi bayi, utamanya untuk laki-laki.

Baca Juga: Rekomendasi Lip Balm Berwarna Paling Natural yang Wajib Dicoba!

Rekomendasi Merk MakeUp Aman Untuk Bumil dan Janin

Setelah memahami beberapa kandungan berbahaya dalam produk kecantikan, berikut ini paparan tentang rekomendasi merk skincare yang aman untuk ibu hamil. Tentunya sudah lulus uji dan tidak beresiko pada janin di dalam perut.

Wardah

Wardah menjadi makeup lokal yang populer. Merk ini juga sudah mendapat label kosmetik halal dari Majelis Ulama Indonesia). Produk yang dihasilkan telah lolos uji ketat dan terbukti tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. 

Produk Wardah menjadi salah satu pilihan tepat yang bisa bumil gunakan. Seluruh varian produknya telah terdaftar di BPOM. Sangat aman juga untuk ibu yang menyusui.

Lipstick Liquid Posy Beauty

Produk makeup lokal satu ini, lahir di bawah naungan PT Jooliet Mitra Gemilang. Posy menciptakan lipstik liquid dengan kualitas terbaik, yang telah memenuhi standar internasional dari segi bahan. Kandungan bahan yang alami serta halal, membuat Posy menjadi lipstik yang aman untuk ibu hamil.

Mineral Botanica

Mineral Botanica menjadi salah satu produk yang mampu menarik minat dan perhatian. Produk wajah dari kosmetik ini bebas dari kandungan paraben. Semua kemasan produk Mineral Botanica tertulis label paraben free. Sehingga merk ini aman untuk bumil pakai. Jika masih ragu, bisa melakukan konsultasi skincare yang aman untuk ibu hamil menurut dokter.

Nah, itu tadi beberapa tips memilih makeup yang aman untuk bumil. Semoga tulisan ini bisa menjadi tambahan referensi bermanfaat!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.