Tips Nafas Segar Saat Puasa yang Mudah Dilakukan, Cek Disini!
Lifestyle

Tips Nafas Segar Saat Puasa yang Mudah Dilakukan, Cek Disini!

Tips nafas segar saat puasa sebenarnya relatif mudah dilakukan. Namun, beberapa orang mungkin saja belum tahu akan hal ini. Puasa, memang identik dengan bau nafas yang kurang segar. Tentu hal ini bukan tanpa alasan, sebab saat Marshalova berpuasa, mulut dalam posisi kering (xerostomia) juga tidak sedang mengolah makanan.

Hal ini juga didukung dengan perkembangan bakteri di dalam mulut serta kondisi lambung kosong. Nah, karena nafas yang tidak segar inilah yang akhirnya mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Berikut ini adalah berbagai tips agar Anda terhindar dari bau mulut yang tidak sedap sepanjang menjalankan ibadah puasa.

Begini Tips Nafas Segar Saat Puasa

Marshalova pasti sering mengalami bau mulut saat menjalankan ibadah puasa bukan? Jangan khawatir, meskipun hal tersebut lumrah atau lazim terjadi, namun tetap bisa diatasi dengan cara yang mudah. Nafas yang bau tentu akan mempengaruhi kepercayaan diri saat berinteraksi dengan orang lain. Sehingga, penting sekali untuk menjaga nafas agar tetap segar. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah-buahan. Selain itu masih terdapat beberapa tips yang juga bisa dipraktikkan. Antara lain:

1. Mengonsumsi Makanan Tepat

Tips nafas segar saat puasa

Jenis makanan yang bisa mengurangi bau nafas tidak sedap adalah buah serta sayur. Kedua sumber nutrisi ini cukup ampuh untuk meredam bau mulut karena memiliki kandungan air yang banyak. Contohnya adalah semangka, melon, pir, bengkoang, jeruk, wortel, sawi putih, lobak dan masih banyak lagi.

Jenis makanan lain seperti yoghurt juga susu juga bisa meminimalisir bau mulut saat berpuasa. Karena, yogurt mengandung bakteri baik, yakni lactobacillus yang bisa menghilangkan jumlah bakteri jahat. Kemudian, baiknya sayur, buah maupun susu dan yoghurt dikonsumsi saat sahur agar mencegah bau mulut ketika di siang hari.

Baca Juga: Terlalu Giat Bekerja Nggak Selalu Bagus, Bisa Jadi Kamu Terkena Hustle Culture!

2. Berkumur dengan Mouthwash

Tips nafas segar saat puasa

Untuk menjaga agar nafas tetap segar saat berpuasa selanjutnya adalah dengan sering berkumur menggunakan mouthwash. Karena, menyikat gigi saja belum cukup untuk menghindari bau mulut yang muncul. Oleh karena itu, perlu cara tambahan untuk menjaga kesegarannya.

Mouthwash mampu membersihkan semua bagian mulut serta sela gigi terhadap serangan kuman yang masih tersembunyi. Pilih obat kumur yang tidak ada kandungan alkoholnya. Kemudian, dianjurkan untuk memilih yang memiliki antiseptik untuk membunuh bakteri juga kuman sebagai penyebab bau mulut.

Jika Anda berkumur secara teratur, maka nafas yang segar tetap terjaga selama puasa. Dengan begitu, Anda akan lebih percaya diri untuk beraktivitas sepanjang hari.

3. Rutin Minum Teh Hijau

Tips nafas segar saat puasa

Selanjutnya untuk cara agar nafas segar saat puasa adalah dengan minum teh hijau saat buka dan sahur. Bukan hanya air putih, buah juga sayur saja, nyatanya teh hijau juga bisa membantu untuk mengatasi permasalahan bau mulut ketika berpuasa. Namun, ada baiknya konsumsi teh hijau ini jangan ditambah dengan gula.

Green tea atau teh hijau memiliki kandungan antioksidan juga polifenol. Kedua senyawa ini mampu mengatasi serta mencegah perkembangan bakteri di saluran pernafasan serta mulut. Selain itu, juga mengandung senyawa aktif yang bisa menghilangkan plak gigi. Dengan rutin minum teh hijau ketika berbuka dan sahur, maka Marshalova tidak perlu takut lagi terserang bau mulut.

Baca Juga: Hati-Hati, Inilah Akibat Keseringan Begadang yang Tidak Baik untuk Tubuh

4. Perbanyak Minum Air Putih

Tips nafas segar saat puasa

Tips nafas segar saat puasa yang lain adalah dengan mengonsumsi banyak air mineral banyak saat sahur juga berbuka. Sebaiknya, Anda minum air putih sekitar 8-10 gelas tiap hari untuk mengurangi bau mulut saat siang hari. Air putih dapat meningkatkan produksi saliva atau air liur. Dengan demikian, akan terhindar dari mulut yang kering. Bukan hanya itu saja, air putih yang cukup juga akan terpenuhi cairan tubuh selama berpuasa.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.