Treatment Rambut Keriting Mudah, Masih Banyak yang Menyepelekan
Hair

Treatment Rambut Keriting Mudah, Masih Banyak yang Menyepelekan

Treatment rambut keriting terkadang menjadi hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Bagi Marshalova yang mempunyai rambut keriting, pastinya sering dihadapkan dengan masalah rambut yang susah untuk ditata serta kusut. Meskipun banyak orang yang beranggapan bahwa merawat rambut keriting itu susah, ternyata hal tersebut bisa kita lakukan dengan begitu mudah.

Perlu Marshalova ketahui, rambut terdiri dari protein keratin yang berfungsi untuk memberikan kekuatan dan ketahanan hingga pada akarnya. Faktor genetiklah yang memainkan peran dalam mempengaruhi ketebalan juga struktur rambut. Entah itu untuk yang lurus, keriting, ataupun ikal.

Namun terkadang karakteristik rambut juga dipengaruhi oleh hormon, bagaimana cara perawatannya, penggunaan bahan kimia, serta nutrisinya.

Treatment Rambut Keriting Mudah Dilakukan

Marshalova, ternyata rambut itu bisa kering apabila kulit kepala tidak dapat memproduksi sebum dengan cukup. Sebum merupakan minyak alami yang dapat diproduksi oleh kulit kepala kita. Fungsinya adalah untuk  menjaga rambut supaya tetap lembab serta lembut dan tidak mudah kusut.

Nyatanya, rambut keriting merupakan jenis rambut yang cenderung lebih mudah kering dan kusut. Semakin keriting struktur rambutnya, maka akan semakin besar pula potensi keringnya. Penyebabnya adalah sebum sulit menempel pada batang rambut yang keriting tersebut. Untuk itu diperlukan treatment tersendiri. Penasaran? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal 4 Penyebab Rambut Mengembang dan Kering Karena Rusak

Jangan Sering Keramas

Treatment Rambut Keriting

Bukan berarti keramas itu dilarang. Hanya saja jangan terlalu sering melakukannya. Kamu pastinya juga mengetahui bahwasanya sampo itu berfungsi untuk membersihkan kelebihan minyak serta kulit kepala. Akan tetapi, jika digunakan terus-menerus ataupun setiap hari, ternyata shampo malah menghilangkan minyak alami rambut.

Hal inilah yang menyebabkan rambut keriting menjadi kering dan rapuh. Padahal rambut keriting itu sangat rentan mengalami kekeringan.

Selain frekuensi mencuci rambut ini, nantinya juga akan dipengaruhi oleh faktor yang lain. Contohnya adalah paparan polusi, cuaca, serta aktivitas yang menyebabkan keluarnya banyak keringat.

Shampo pada Kulit Kepala

Treatment Rambut Keriting

Treatment rambut keriting selanjutnya, gunakan shampo hanya pada kulit kepala saja. Ujung rambut merupakan bagian rambut yang jauh dari kulit kepala. Dengan begitu, tidak heran apabila bagian ini akan lebih mudah kering serta bercabang. Untuk mengurangi hal tersebut, Marshalova harus mengoleskan sampo pada akar rambut saja.

Alangkah lebih baiknya jika kamu memilih shampo yang sesuai dengan tipe rambut. Kita paham betul jika kebanyakan shampo yang dijual di pasaran saat ini itu mengandung deterjen yang berfungsi sebagai bahan pembersih utama. Nantinya deterjen tersebut akan mengikat kotoran dan sebum. Tetapi sebenarnya zat ini merusak rambut.

Solusi terbaik adalah pilih shampo yang tidak mempunyai kandungan deterjen untuk merawat rambut keriting Marshalova. Biasanya tercantum keterangan bebas sulfat yang terdapat pada label komposisinya.

Baca Juga: Sebaiknya Keramas Berapa Kali Seminggu, Ya? Cek Tipsnya Dulu, Yuk!

Jangan Skip Conditioner

Treatment Rambut Keriting

Penggunaan kondisioner membantu untuk mengembalikan kelembaban serta kelembutan rambut. Alangkah lebih baik, jika conditioner ini kamu gunakan dari batang sampai ujung rambut. Biarkan terlebih dahulu beberapa saat. Paling penting adalah pilihlah pelembab rambut yang mempunyai vitamin E atau Shea butter agar si keriting tidak cepat kusut.

Setelah itu, keringkan rambut Marsalova dengan cara yang lembut. Hal ini juga merupakan cara treatment rambut yang keriting yang tidak boleh untuk di skip. Cara pengeringan dengan lembut adalah, gunakan handuk dari bahan katun dengan cara ditekan tekan. Kegiatan ini bertujuan supaya air yang berlebihan dapat terserap. Jangan lupa juga untuk menyisir dengan perlahan.

Oh iya, kamu juga melakukan treatment rambut keriting ini dengan cara alami. Misalnya dengan menggunakan minyak argan, alpukat, madu, minyak zaitun, dan yang lainnya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.