Wajib Tahu Cara Memilih Sunscreen yang Baik dan Aman untuk Keluarga!
Skincare

Wajib Tahu Cara Memilih Sunscreen yang Baik dan Aman untuk Keluarga!

Tahukah Marshalova? Menggunakan sunscreen atau sunblock wajib digunakan meskipun tidak hendak ke pantai atau berjemur, lho!. Menggunakan sunscreen wajib digunakan untuk melindungi kulit Anda dan keluarga dari sinar matahari. Terlebih, panas matahari semakin bertambah setiap tahunnya. Penggunaan sunscreen tak terkecuali untuk bayi dan anak-anak, ya, Marshalova. Lalu, bagaimana cara memilih sunscreen yang baik dan aman untuk keluarga? Yuk, simak ulasannya!

Pastinya, sunscreen bekerja untuk melindungi kulit dan menangkal sinar UV dari pancaran matahari. Sinar UV matahari ini terdapat 3 jenis yaitu UVA, UVB, dan UVC. Dari ketiga jenis sinar UV ini sinar UVA dan UVB yang dapat sampai ke bumi. Sinar UVA dapat menyebabkan keriput, hilangnya elastisitas pada kulit, noda hitam, meningkatkan risiko kanker kulit, dan kerusakan DNA.

Sedangkan sinar UVB dapat menyebabkan kulit tampak kusam, terbakar, kemerahan, dan meningkatkan sensitivitas kulit. Meski demikian, tidak semua sunscreen aman untuk keluarga terutama anak-anak dan bayi, lho!

Begini Cara Memilih Sunscreen yang Baik dan Aman untuk Keluarga

Cara Memilih Sunscreen yang Baik dan Aman untuk Keluarga

Memilih sunscreen untuk keluarga terutama bagi Anda yang memiliki bayi dan anak-anak memang gampang-gampang sulit. Oleh karena itu, pastikan sunscreen Anda masuk ke dalam beberapa kriteria di bawah ini:

1. Pilihlah Sunscreen dengan Formula Aman

Pastikan Anda memperhatikan formula dan kandungan dalam sunscreen. Sunscreen yang bagus dan aman terutama untuk anak-anak tidak mengandung UV filter. Pastikan pula sunscreen tidak mengandung Oxybenzone, Avobenzone, Homosalate, Retinyl Palmitate, dan kandungan lain karena berbahaya untuk kulit. Apalagi bila terkena kulit bayi dan anak-anak.

2. Hindari Sunscreen yang Mengandung Zat Tambahan

Beberapa sunscreen ada yang mengandung zat tambahan seperti alkohol, parfum, pewarna, dan pengawet yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Beberapa kulit sensitif terhadap bahan-bahan tersebut. Anak-anak dan bayi juga belum dapat menerima bahan-bahan tertentu karena memiliki kulit yang masih rentan.

Baca juga:Serum Wajah Pria yang Bagus Perawatan Berikan Hasil yang Maksimal

3. Memiliki Broad Spectrum

Cara memilih sunscreen yang baik dan aman untuk keluarga selanjutnya yaitu dengan memperhatikan broad spectrum. Broad spectrum dapat melindungi kulit dari pengaruh lengkap UVA dan UVB. Beberapa sunscreen hanya memiliki perlindungan terhadap salah satu sinar UV, sehingga keluarga masih dapat terpapar sinar UV yang lain.

4. Pilih Sunscreen dengan SPF Minimal 30

Sun Protection Factor atau SPF adalah ukuran perlindungan UVB yang diberikan sunscreen. Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, Anda dapat memilih SPF 30 dan SPF 50 apalagi Indonesia merupakan negara tropis dengan penyinaran matahari yang kuat.

Memilih sunscreen dengan SPF yang baik untuk wajah sebaiknya tidak lebih dari 50. Karena sunscreen yang memiliki SPF di atas 50 hanya akan melindungi kulit hampir sama dengan SPF 50. Perbedaannya tidak terlalu signifikan.

5. Tekstur yang Nyaman dan Ringan

Banyak sunscreen yang tidak nyaman ketika diaplikasikan ke kulit. Apalagi untuk anak-anak dan bayi. Sunscreen dengan tekstur berat akan mengganggu aktivitas. Sebaiknya, pilihlah sunscreen yang ringan cepat meresap, tidak lengket, berat, dan tidak berminyak pada kulit.

Pilih pula sunscreen yang tidak tidak mudah luntur dan water resistant. Beberapa sunscreen mudah luntur bila terkena air dan bergesekan dengan benda. Apabila sunscreen mudah luntur, maka perlindungannya juga akan hilang. Jadi pilihlah sunscreen dengan teknologi yang cukup kuat.

Nah, demikian cara memilih sunscreen yang baik dan aman untuk keluarga. Pastikan sunscreen dapat melindungi keluarga Anda dari bahaya sinar UV bukan malah berbahaya bagi keluarga.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.