Wajib Tahu, Ini Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih!
Body

Wajib Tahu, Ini Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih!

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih merupakan hal yang perlu kamu ketahui. Tentu saja itu karena bau badan sangatlah mengganggu.

Bau badan yang tidak sedap dapat menurunkan rasa percaya diri kamu. Pada dasarnya memang ada beberapa faktor yang menyebabkan bau badan bisa muncul.

Namun, umumnya bau badan yang tidak sedap akan muncul ketika tubuh memproduksi keringat berlebih. Keringat sendiri sebenarnya tidak mengeluarkan bau.

Bau badan akibat keringat bisa terjadi karena adanya bakteri pada kulit yang berkembang biak sehingga memecah protein yang ada dalam keringat tersebut dan menjadi asam.

Baca Juga: Memilih Deodorant yang Tidak Meninggalkan Noda di Baju, Perhatikan Ini!

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih dengan Mudah

Bau badan yang tidak sedap adalah mimpi buruk setiap orang. Tidak hanya karena bau badan yang tidak sedap dapat menurunkan rasa percaya diri, tetapi juga karena sangat mengganggu.

Ketika kita mengeluarkan bau badan yang tidak sedap, maka tentu saja orang-orang akan sangat terganggu dan mungkin bisa sampai menghindarinya. Kondisi bau badan ini tentu juga bisa terjadi pada siapa saja.

Pria wanita, tua ataupun muda bisa memiliki masalah bau badan yang sangat mengganggu. Namun, umumnya kondisi ini akan terjadi pada para remaja yang sedang mengalami pubertas karena terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh.

Memang selain karena terlalu banyak keringat dan bakteri, penyebab bau badan juga bisa terjadi karena adanya perubahan hormon androgen di dalam tubuh. Akan tetapi, sebenarnya kondisi bau badan ini dapat para Marshalova hilangkan dengan melakukan beberapa cara yang sudah Marsha Beauty rangkum sebagai berikut.

Mandi Secara Teratur

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih!

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau badan tidak sedap adalah mandi secara teratur sebanyak 1 hingga 2 kali sehari. Kamu juga bisa mandi setelah melakukan olahraga atau setiap selesai menyelesaikan aktivitas yang membuat banyak keringat.

Ini adalah cara menghilangan bau badan yang paling sederhana dan mudah. Jangan lupa juga untuk membasuh area yang berkeringat dengan bersih serta menyeluruh.

Menggunakan Sabun Antibakteri

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih!

Ketika kamu mengalami masalah bau badan, bisa saja itu terjadi karena keberadaan banyak bakteri. Itulah kenapa akan lebih baik untuk kamu jika menggunakan sabun antibakteri untuk mengurangi jumlah bakteri yang ada.

Beberapa sabun antibakteri yang murah dan mudah ditemukan seperti dari Dettol, Lifebuoy, JF Sulfur, Betadine, dan lain sebagainya. Produk-produk tersebut masih berada di harga terjangkau sehingga cocok untuk para remaja yang masih belum berpenghasilan.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih!

Selanjutnya cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih yang tidak kalah ampuh adalah memperhatikan jenis makanan yang dimakan. Sebab, beberapa makanan dapat menyebabkan tubuh memproduksi keringat yang lebih banyak.

Sebagai contoh makanan pedas, berlemak, hingga yang memiliki bau tajam seperti halnya bawang. Kamu bisa membatasi makanan tersebut agar bau badan dan keringat bisa berkurang.

Baca Juga: Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebihan, Jangan Sepelekan

Gunakan Deodoran

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih!

Bau badan umumnya dikaitkan dengan bau ketiak. Itu karena ketiak merupakan area yang paling banyak mengeluarkan keringat.

Sehingga, untuk mengatasi baunya kamu bisa menggunakan deodoran pada ketiak. Deodoran biasanya mengandung alkohol yang akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab dari bau badan.

Sementara itu, kamu juga bisa menggunakan antiperspirant yang mengandung senyawa aluminium klorida dan asam salisilat untuk mencegah produksi keringat berlebih. Akan lebih baik jika kamu menggunakan produk kombinasi keduanya.

Selain menggunakan deodoran, dan antiperspiran, sangat disarankan untuk mencukur bulu ketiak secara rutin sebagai cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih sehingga mencegah penumpukan bakteri pada ketiak.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.