Waspada! Ini Cara Membedakan Catokan Asli dan Palsu
Tools

Waspada! Ini Cara Membedakan Catokan Asli dan Palsu

Catokan termasuk bagian hair styling tool yang sering digunakan oleh wanita. Bisa dibilang penggunaannya bersifat harian untuk merapikan dan menata rambut agar selalu stand out. Karenanya wajar jika penjualan produk catok rambut laris manis di pasaran. Hal inilah yang disalahgunakan untuk membuat produk palsu yang dari keamanan dan kualitas jelas beda jauh dari produk asli. Bagaimana cara membedakan catokan asli dan palsu? Yuk simak lebih lanjut!

Fungsi Catokan Rambut 

Catokan rambut alat hair styling tools untuk mendapat tatanan rambut yang lebih rapi dengan cara yang mudah. Penggunaan alat ini berfungsi merapikan rambut kusut, mengaplikasikan model rambut baru, dan membuat tatanan rambut jadi up to date. 

Ada banyak macam catokan rambut. Mulai dari flat irons, ceramic flat irons, tourmaline flat irons, dan lainnya. Marsha Beauty akan mengulas macam-macam catokan di artikel lain.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Catokan Terbaik yang Aman untuk Rambut

Membedakan Catokan Asli dan Palsu, Waspada Itu Perlu 

Berikut ini beberapa cara membedakan catokan asli dan palsu yang dapat dijadikan panduan, diantaranya:

Membandingkan Harga dan Spesifikasi Catokan Asli dan Palsu

membedakan catokan asli dan palsu

Sudah menjadi hukum alam, ada uang ada barang. Produk catokan asli dengan kualitas bagus biasanya dibandrol dengan harga relatif tinggi dibanding catokan palsu KW. Dari harga jual yang ditawarkan harusnya sudah bisa membuat kamu membedakan produk asli dan palsu.

Spesifikasi produk asli mencakup diameter catokan, daya tahan, dan lainnya sesuai dengan yang tertulis pada box. Sementara produk palsu biasanya hadir dengan ukuran diameter berbeda. Tidak jarang juga ditemukan cacat pada produk, misal sisi yang tidak simetri atau hasil potongan material yang tidak rapi.

Mengenali Material yang Digunakan pada Alat Catokan

membedakan catokan asli dan palsu

Cara selanjutnya mengenali material yang digunakan. Catokan palsu seringkali menggunakan material berkualitas rendah yang mempengaruhi kualitasnya. Dari daya tahan pun akan terlihat alat mudah rusak tidak awet. 

Lempengan yang digunakan pada catokan palsu seringkali juga berisiko merusak rambut karena mutunya yang rendah. Sementara lempengan pada catokan asli akan dilapisi dengan ion. Ion itulah yang berperan melindungi rambut dari risiko rambut rusak karena hair styling dengan catokan.

Baca Juga: Cara Memilih Catokan Rambut Anti Bikin Rambut Kering 

Membandingkan Hasil Catok Rambut

membedakan catokan asli dan palsu

Perbedaan catok rambut asli dan palsu juga akan terlihat dari hasil hair styling. Jika catok rambut yang kamu beli benar-benar asli, maka hasil catokan akan terasa lebih halus dan rambut lebih terlihat rapi.

Sebaliknya, hasil penggunaan catokan palsu terlihat kurang maksimal. Proses menata, meluruskan, atau mengeriting rambut terasa sulit dan memakan waktu banyak. Hasilnya pun tidak sehalus atau serapi bila menggunakan produk catokan asli.

Memastikan Ketersediaan Jumlah Pilihan Pengatur Suhu

membedakan catokan asli dan palsu

Produk catokan asli dan palsu sama-sama dibekali dengan pengatur suhu. Bedanya catokan asli memiliki jumlah pilihan pengatur suhu yang lengkap sesuai yang dijelaskan pada deskripsi produk pada kemasan box. Catokan asli seringkali memiliki lebih banyak pilihan suhu dibanding catokan palsu.

Pembeda yang paling jelas, biasanya catokan palsu menggunakan pengatur suhu manual. Sementara catokan asli sudah menerapkan pengaturan suhu digital. Adapun jika kamu menemukan catokan tanpa pengatur suhu sudah pasti itu palsu.

Mengetahui Lokasi Penjualan Catokan Rambut

membedakan catokan asli dan palsu

Siapa yang menjual catokan rambut? Di mana lokasi penjualan catokan rambut? Kedua pertanyaan itu sebenarnya cukup bisa dijadikan pembeda produk asli dan palsu. Pasalnya produk catokan asli dan palsu berada di tempat berbeda.

Catokan rambut asli sebagian besar di jual di beauty store baik secara online ataupun offline. Di luar dari tempat itu bisa jadi catokan rambut yang ditawarkan merupakan produk tiruan, KW, atau palsu. Apalagi jika dijual dengan harga berbeda dari harga pasaran yang diberikan produsennya.

Itulah beberapa cara yang bisa dijadikan panduan membedakan catokan asli dan palsu. Selalu hati-hati dan waspada ya Marshalova.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.