Waspada! Kebiasaan Terlalu Baik Ini Jadi Penyebab Bruntusan Tidak Hilang
Skincare

Waspada! Kebiasaan Terlalu Baik Ini Jadi Penyebab Bruntusan Tidak Hilang

Bruntusan di wajah seringkali membuat rasa tidak nyaman karena teksturnya yang kasar seperti wajah berpasir. Meski memakai polesan make up pun tidak memberi solusi karena tekstur kasarnya yang tetap teraba. Sejumlah perawatan wajah sudah dilakukan, tapi mungkin Marshalova pernah bermasalah dengan bruntusan yang tidak kunjung hilang. Kira-kira apa saja penyebab bruntusan tidak hilang?

Bruntusan dan Efek Kemunculannya di Kulit Wajah

Bruntusan sebenarnya bisa muncul di permukaan kulit mana saja. Tak hanya di wajah, bruntusan bisa bergerombol di leher, punggung, atau area tubuh lain. Hanya saja bruntusan wajah menjadi hal yang sering terjadi. Bruntusan muncul bisa disebabkan beberapa faktor seperti penumpukan sel kulit mati, sebum berlebih, dan lainnya.

Kemunculan bruntusan tidak hanya mengganggu kenyamanan dan rasa tidak percaya diri. Lebih dari itu, jika tidak diatasi bisa berefek pada perawatan kecantikan yang kamu lakukan. Pada pengaplikasian skincare misalnya, kandungannya tidak akan meresap sempurna karena terhalangi penyumbat pori-pori. 

Baca Juga: Kesalahan Memakai Day & Night Cream yang Bikin Jerawatan dan Bruntusan

Penyebab Bruntusan Tidak Hilang Karena Kebiasaan yang Terlalu Baik

Untuk itu, kali ini Marsha Beauty akan mengupas penyebab bruntusan tidak kunjung hilang agar tidak mengganggu terlalu lama. Berikut ini beberapa hal yang disinyalir menjadi penyebab bruntusan tidak hilang, di antaranya sebagai berikut:

Terlalu Sering Mencuci Wajah

penyebab bruntusan tidak hilang

Ketika mengetahui penumpukan sel kulit mati dan sebum berlebih menjadi faktor munculnya bruntusan, wajar jika seseorang kemudian mulai rutin mencuci wajah. Namun, hati-hati telalu sering mencuci wajah nyatanya tidak baik. Bukannya efektif mengusir bruntusan, malah membuat bruntusan lebih awet singgah di kulit kamu.

Mencuci wajah yang baik yaitu cukup 2 kali sehari menggunakan sabun cuci muka yang cocok dengan jenis kulit kamu. Waktu yang direkomendasikan saat pagi dan malam hari, khususnya sebelum kamu tidur. Hal ini untuk mendapat kebersihan wajah secara optimal.

Pengaplikasian Pelembab Berlebihan

penyebab bruntusan tidak hilang

Hal lain yang menyebabkan bruntusan tidak kunjung hilang adalah pengaplikasian pelembab yang berlebihan. Benar adanya pelembab termasuk basic skincare yang wajib digunakan. Namun, menggunakannya secara berlebihan ternyata malah menghambat perawatan mengusir bruntusan.

Penggunaan pelembab berlebihan berisiko menyumbat pori-pori. Sehingga kandungan bahan aktif susah menyerap masuk dan hanya tertinggal di atas pori-pori. Karenanya cukup poles tipis agar kulis sehat bebas bruntusan.

Baca Juga: Yuk, Intip Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah, Ampuh Hilang Tanpa Bekas!

Waktu Tidur yang Tidak Teratur

penyebab bruntusan tidak hilang

Tidur penting artinya bagi kesehatan kulit. Seperti halnya tubuh, kulit kamu juga butuh istirahat. Adapun waktu tidur yang tidak teratur diketahui bisa menjadi biang bruntusan yang tidak hilang. Hal ini karena proses regenerasi sel kulit yang terganggu dan tidur tidak teratur bisa jadi menyebabkan stress yang juga dapat mengundang hadirnya bruntusan.

Perlu kamu tahu, meski sudah rutin menggunakan skincare untuk perawatan manfaatnya tidak akan terasa optimal jika waktu tidur kamu berantakan. Miliki waktu tidur berkualitas dan biasakan bangun tidur pagi. Kebiasaan ini lebih baik untuk mempercepat usaha mengatasi bruntusan pada wajah kamu.

Olahraga Berlebihan

penyebab bruntusan tidak hilang

Olahraga sah-sah saja dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tapi jangan berlebihan. Selain tidak bagus untuk badan kamu olahraga berlebihan membuat produksi sebum dan keringat menjadi meningkat.

Adapun bila sebum dan keringat tidak diatasi dengan tepat dapat memicu bruntusan. Misalnya karena sebum yang menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Itulah beberapa kebiasaan harian yang ternyata dapat menjadi penyebab bruntusan tidak hilang. Mulai sekarang biasakan kebiasaan baik yang benar akan membantu Marshalova memiliki kesehatan tubuh dan kulit yang optimal.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.