Waspadai 5 Penyebab Kuku Hitam dan Tidak Sehat, Jangan Sepelekan Nomor 4!
Nails

Waspadai 5 Penyebab Kuku Hitam dan Tidak Sehat, Jangan Sepelekan Nomor 4!

Penyebab kuku hitam cukup bervariasi mulai dari infeksi hingga adanya penyakit tertentu yang diderita. Karena sering tanpa rasa sakit, kondisi ini mungkin terlihat ringan. Tentu sebenarnya tidak demikian, kamu harus mewaspadai kondisi kuku yang berubah menjadi hitam dengan mencari tahu penyebabnya agar bisa mencari cara penanganan yang tepat.

Kuku Marshalova yang sehat pada umumnya berwarna putih bening dengan warna dasar kuku pink cerah. Beberapa hal menyebabkan kuku berubah warna jadi hitam yang seiring waktu mungkin dapat sembuh dengan sendirinya, tapi ada pula yang tidak kunjung hilang. Berikut ini Marsha Beauty coba merangkum apa saja penyebab kondisi kuku hitam.

Baca Juga: 5 Cara Manicure Sendiri Biar Kuku Kamu Lebih Memesona, Lebih Affordable

Ini Penyebab Kuku Hitam, Jangan Anggap Sepele

penyebab kuku hitam

Adanya perubahan warna pada kuku jari tangan ataupun kuku jari kaki harus diwaspadai. Karena bisa mengindikasikan gejala penyakit tertentu. Kuku yang menjadi hitam dapat disebabkan beberapa hal berikut ini.

Adanya Infeksi Jamur

Adanya jamur yang tumbuh pada kuku menyebabkan kuku mengalami perubahan warna secara bertahap mulai dari kusam lalu hitam. Infeksi jamur pada tingkatan parah berlanjut membuat kuku kaki hitam akan terlepas dengan sendirinya.

Infeksi jamur sering terjadi pada kuku kaki yang kotor dan selalu lembab. Karenanya jaga kebersihan kukumu, terutama kuku kakimu. Bila sudah terlanjur terjadi infeksi jamur direkomendasikan untuk melakukan pengobatan ke dokter ahli. Dokter biasanya akan memberikan krim atau semprotan anti jamur guna mempercepat masa pemulihan.

Trauma pada Kuku

Penyebab lainnya bisa dikarenakan adanya trauma pada kuku, baik kuku tangan ataupun kuku kaki. Trauma yang dimaksud misalnya berasal dari hantaman benda keras. Contohnya secara tidak sengaja kakimu menyandung meja secara keras atau tangan kejatuhan benda berat.

Adanya hantaman dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di area jari yang akhirnya memar lalu menghitam. Kondisi inilah yang sering disebut pendarahan dalam. Selain menyebabkan bengkak dengan rasa sakit, permukaan kuku yang trauma juga akan menghitam.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Cara Merawat Kuku Kaki Agar Selalu Sehat dan Cantik

Memakai Sepatu Sempit Dalam Waktu Lama

Penggunaan sepatu yang terlalu ketat atau sempit dalam waktu lama juga dapat menyebabkan kuku menghitam secara menyeluruh. Hal ini karena adanya trauma berulang saat kamu memakai sepatu berukuran terlalu kecil atau tidak pas dengan ukuran dan lekukan kaki.

Jika memang ukuran sepatu terlalu kecil, lebih baik untuk tidak menggunakannya. Karena tidak hanya menyebabkan rasa tidak nyaman, saat kamu memakai sepatu ketat juga berisiko lecet kecil hingga berdarah. 

Menderita Melanoma

Kuku hitam dalam beberapa kasus juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit yang diderita. Seperti adanya melanoma atau kanker kulit paling agresif yang potensial terjadi pada area kulit yang kerap terpapar sinar matahari langsung. Melanoma biasanya terjadi pada kulit wajah, lengan, dan kaki, tetapi dalam persentase kecil juga bisa muncul di bawah kuku.

Melanoma kerap tidak disadari karena tidak menunjukkan gejala di awalnya. Apalagi jika muncul di bawah kuku. Kanker kulit ini berangsur akan menunjukkan gejala garis menebal warna hitam di bagian kuku, mulai dari pangkal sampai ujung kuku. Kemudian kondisi berlanjut pada munculnya bintik hitam di bawah kuku.

Efek Samping Pengonsumsian Obat

Kuku yang menghitam juga bisa disebabkan karena efek samping pengonsumsian obat jenis tertentu. Khususnya obat dosis tinggi yang dikonsumsi dalam jangka panjang. Beberapa jenis obat yang dimaksud diantaranya antibiotic Cloxacilin atau Sulfonamides, obat antivirus Zidovudine, obat Psoralens, Retinoid, Dapsone, dan beberapa obat-obatan untuk pasien kemoterapi.

Demikian 5 penyebab kuku menghitam yang sekiranya perlu kamu waspadai. Jangan anggap sepele karena kuku yang hitam bisa mengindikasikan penyakit serius yang perlu segera ditangani. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.