Yuk cek apa Penyebab Kuku Lepas Sendiri dan bagaimana Merawatnya
Nails

Yuk cek apa Penyebab Kuku Lepas Sendiri dan bagaimana Merawatnya

Apa penyebab kuku lepas sendiri belum ada jawaban tepat yang bisa menjelaskannya. Hal ini tentu membuat para kaum perempuan yang hobi memanjangkan kuku sering mempertanyakan perihal masalah tersebut. Karena, penampilan akan terlihat semakin cantik jika kuku yang dimiliki juga sehat dan berwarna.

Namun, kebanyakan dari perempuan sering mengalami masalah kuku yang copot dengan sendirinya. Tentu hal tersebut akan terasa perih dan membuat para perempuan kebingungan dengan cara penanganannya. Oleh karena itu, kamu harus merawat kuku dengan baik untuk mengetahui apa penyebab dari masalah tersebut.

Kondisi tersebut memang umum terjadi, baik dari kalangan laki-laki sekalipun. Mereka juga sering mengalami masalah seperti itu, sehingga hal ini harus dicari tahu cara penanganannya. Selain menjadi salah satu penunjang penampilan, kuku juga menjadi hal yang sangat wajib untuk dirawat secara tepat dan teliti demi kesehatan tubuh.

Kerusakan kuku juga banyak jenisnya, baik dari warna yang menguning hingga masalah kuku yang lepas sendiri. Meskipun sudah banyak yang mengalami masalah tersebut, ternyata masih ada beberapa orang yang belum tahu penyebab aslinya. Permasalahan kuku copot pada balita juga sering terjadi, ya.

Lihat apa Penyebab Kuku Lepas Sendiri serta Cara Menanganinya

Sebelum kita akan membahas mengenai penyebab serta cara penanganannya, maka ada baiknya untuk membahas apa yang dimaksud dengan kuku lepas sendiri.

Bagaimana Maksudnya Kuku Lepas Sendiri?

Salah satu permasalahan yang umum terjadi dan menjadi bagian tubuh yang terbuat dari keratin. 

Umumnya kuku akan memanjang setelah 6 bulan lamanya, namun terkadang kuku menjadi mengeras dan kekuatan lemah. Sehingga saat sedang berada di kondisi tersebut, maka kuku akan lepas dengan sendirinya. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh kuku yang rapuh dan kurang perawatan.

Baca juga: Cara Menguatkan Kuku dengan Bawang Putih, Ini Langkah-langkahnya!

Penyebab dari Kuku yang Lepas sendiri

Setelah kita membahas mengenai pengertian kuku lepas, maka berikutnya adalah mengulas beberapa penyebabnya. Untuk kamu yang belum tahu, maka jangan skip bacaan di bawah ini.

  • Perawatan kuku yang tidak tepat

  • Karena paronikia

  • Mengalami penyakit autoimun

  • Karena kekurangan zat besi

  • Karena mengalami infeksi jamur kuku

  • Akibat terbentur atau cidera lainnya

  • Sering menggunakan produk cat kuku yang kurang tepat

Oleh karena itu, kamu tidak boleh menyepelekan masalah kuku yang lepas sendiri, karena terkadang menjadi ciri-ciri penyakit tertentu. Sehingga ketika kamu mengalami masalah tersebut, jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter juga. Namun ketika kamu mengalami masalah ini tenang saja, karena kuku lepas bisa tumbuh lagi.

Cara Menangani Kuku Lepas dengan Sendirinya

Ketika kamu belum ada waktu untuk berkonsultasi ke dokter, maka di bawah ini akan ada beberapa cara penanganan awalnya.

  • Selalu mengkonsumsi makanan bergizi.

  • Hindari untuk menggunakan cat kuku bersifat iritatif.

  • Selalu menggunakan alas kaki yang kering dan juga bersih.

  • Jangan lupa untuk selalu rajin mencuci kaki dan sikat kuku kaki kamu menggunakan sikat yang berbulu halus.

Ketika kamu sudah tahu apa penyebab serta cara perawatannya. Maka jangan pernah mengabaikan kesehatan kuku, ya. Karena penampilan juga dapat dilihat dari kuku. Ketika keadaannya selalu dalam kondisi bersih dan sehat, pasti permasalahan tersebut jarang terjadi.

Hindari juga menggunakan produk kutek sembarangan, karena dapat merusak keadaan kuku kamu. Kondisi tersebut juga banyak dialami oleh wanita dewasa, namun tidak boleh dianggap sepele dan harus segera diatasi. Hal tersebut karena kondisi tersebut tidak memandang keturunan atau usia ya.

Kondisi yang terlalu dingin juga dapat menjadi faktor kuku sering lepas sendiri. Oleh karena itu, kamu harus rajin merawat kuku milikmu. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara tepatnya, maka kamu dapat berkonsultasi ke dokter untuk informasi lebih kredibel. Informasi mengenai obat kuku lepas dapat kamu cari di aplikasi online juga, tetapi pastikan infonya sudah kredibel.

Baca juga: Pembersih Cat Kuku Alami Ini Bisa Kamu Coba, Tidak Perlu Ke Salon!

Dapatkan gaya penampilan yang cantik dengan belajar apa penyebab kuku lepas sendiri, karena artikel di atas sudah lengkap semuanya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.