Yuk, Kenali Lebih Jauh Perbedaan Purging dan Breakout Pada Wajah!
Skincare

Yuk, Kenali Lebih Jauh Perbedaan Purging dan Breakout Pada Wajah!

Dalam dunia skincare, mungkin kamu seringkali mendengar purging dan breakout. Kondisi wajah seperti ini sebenarnya memiliki penyebab yang berbeda-beda. Lalu, apa sih perbedaan purging dan breakout?

Kenali Perbedaan Purging dan Breakout di Wajah Kamu

Agar wajah sehat dan cantik, maka penting sekali kamu memakai produk skincare. Akan tetapi, buat kamu yang punya kulit sensitif terkadang skincare bisa memberikan reaksi pada kulit wajah, termasuk purging dan breakout ini.

Supaya bisa lebih jelas tentang perbedaan purging dan breakout, berikut ini akan dibahas satu persatu mengenai purging dan breakout.

Baca Juga:Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Skincare Lakukan 8 Langkah Jitu Ini

Pengertian Purging

Perbedaan Purging dan Breakout

Purging merupakan suatu kondisi dimana kulit sedang beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan produk skincare yang kamu pakai.

Bisa juga dikatakan sebagai reaksi kulit pada bahan aktif dari produk tersebut. Kemudian, reaksi tersebut bisa memicu terjadinya pergantian sel kulit.

Purging terjadi pada saat sel kulit melakukan pergantian dengan lebih cepat dan mulai sel-sel kulit mati mulai mengelupas. Pada saat ciri-ciri purging ini sudah mulai tampak, maka akan muncul sel kulit baru yang lebih sehat.

Sesudah proses purging selesai, maka kulit kamu bisa menjadi lebih sehat. Bahkan akan tampak bersih dan bercahaya.

Akan tetapi, sebelum tumbuh kulit yang lebih sehat, biasanya akan timbul permasalahan seperti jerawat purging, komedo, dan kulit kering, bahkan juga berminyak.

Marshalova harus tahu, ada beberapa bahan-bahan aktif yang dapat memicu purging. Diantaranya yaitu retinoid dan exfoliating acid.

Tak hanya itu saja, ada juga bahan lain yang bisa meningkatkan purging. Diantaranya seperti benzoil peroksida, vitamin C, dan lactic acid.

Purging sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh bahan aktif skincare saja. Akan tetapi, purging juga bisa disebabkan karena melakukan prosedur kecantikan, misalnya seperti peeling dan laser.

Pengertian Breakout

Perbedaan Purging dan Breakout

Berbeda dengan purging, breakout merupakan suatu kondisi kulit yang disebabkan karena adanya reaksi kulit yang tidak cocok dengan zat aktif yang terdapat pada produk skincare yang dipakai. Ciri-ciri breakout yang mudah dikenali yaitu banyaknya jerawat yang timbul pada wajah.

Reaksi breakout dapat berupa iritasi, jerawat, pori-pori tersumbat, bahkan parahnya lagi bisa muncul alergi di wajah.

Terdapat beberapa jenis jerawat yang sering dialami oleh seseorang. Mulai dari jerawat komedo, jerawat hormonal dan masih banyak lagi permasalahan wajah lainnya.

Parahnya lagi, munculnya jerawat breakout juga dapat terjadi di mana saja, bahkan di semua permukaan wajah. Bekas jerawat breakout pun biasanya akan susah sekali untuk dihilangkan.

Ketika kamu mengalami permasalahan wajah dengan kondisi breakout ini, maka segeralah hentikan pemakaian produk skincare tersebut. Sebab, jika kamu melanjutkan pemakaian produk tersebut justru bisa membuat kondisi wajah kamu semakin parah.

Baca Juga:Terapkan 5 Perawatan Wajah Berjerawat agar Kulit Tetap Sehat Glowing

Kesimpulan

Purging dan breakout bedanya bisa kita lihat dari lokasi munculnya jerawat. Pada umumnya, purging muncul pada seluruh wajah tidak selang waktu lama sesudah menggunakan produk. Kemudian, breakout pada umumnya akan muncul secara acak serta tidak bergerombol.

Kemudian, durasi munculnya permasalahan kulit pada purging dan breakout juga berbeda. Purging merupakan kondisi kulit wajah yang muncul jerawat pembersihan. Akan tetapi, bisa hilang dalam waktu yang cepat.

Hadirnya jerawat pada wajah yang keadaan purging ini bahkan bisa menghilang hanya dalam waktu 24 jam saja.

Lain halnya dengan kondisi breakout, jerawat yang muncul pada umumnya akan menjadi semakin buruk di setiap harinya.

Cara satu-satunya untuk mengurangi peradangan yang terjadi yaitu dengan menghentikan pemakaian produk skincare tersebut.

Itulah berbagai hal yang menjadi perbedaan purging dan breakout yang perlu kamu ketahui.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.