Yuk, Kenali Penyebab Kulit Sensitif Agar Lebih Mudah Mengobatinya!
Skincare

Yuk, Kenali Penyebab Kulit Sensitif Agar Lebih Mudah Mengobatinya!

Kulit sensitif ditandai dengan munculnya ruam kemerahan. Reaksi kemerahan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu udara yang kotor, faktor genetik, penggunaan produk yang tidak cocok, hingga kandungan bahan aktif yang menjadi pemicu kulit sensitif. Marsha Beauty, apakah kamu pemilik kulit sensitif? Jika iya, kenali dahulu penyebab kulit sensitif agar lebih paham cara mengatasinya. 

Kira-kira, Apa Saja Penyebab Kulit Sensitif dan Faktor Pemicunya?

Pada umumnya, orang yang mempunyai kulit sensitif sering merasakan keluhan gatal, kulit terasa kering, muncul ruam kemerahan, hingga muncul rasa perih ketika menggunakan suatu produk. Biasanya keluhan dapat terjadi ketika kulit sudah terpapar dengan zat tertentu. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengetahui dahulu penyebab kulit wajah sensitif berikut ini.

Sering Mengganti Produk Wajah 

penyebab kulit sensitif

Girls, apakah kamu sering mengganti produk wajah? Kamu harus berhati-hati, tanpa kamu sadari kebiasaan ini justru membuat kulit menjadi sensitif. Mengganti produk dengan kandungan yang lebih ter-update memang tidak masalah, tetapi kamu harus memperhatikannya dengan baik.

Mengganti produk secara terus-menerus menjadi pemicu rusaknya lapisan penghalang kulit. Alhasil, kulit menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami iritasi. Jika kamu ingin mengganti produk baru, sebaiknya beri jeda waktu sekitar 2 minggu agar kulit siap menggunakan kandungan yang lain. 

Wajah Sering Terpapar Sinar Matahari Langsung 

penyebab kulit sensitif

Hampir semua jenis kulit harus menghindari paparan sinar matahari langsung. Jadi, nggak hanya pemilik kulit sensitif saja. Sebab, sinar ultraviolet matahari sangat berbahaya jika terkena kulit dalam waktu yang lama. 

Tidak hanya membuat kulit semakin kusam, melainkan juga merusak jaringan kulit hingga menyebabkan kanker kulit. Untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif, sebaiknya gunakan sunscreen, baju lengan panjang, dan baju tertutup bila berada di luar ruangan. Paling tidak kamu bisa menggunakan kandungan dengan SPF 30. 

Tidak Cocok dengan Kandungan Tertentu

penyebab kulit sensitif

Menggunakan kandungan skin care yang tidak cocok bisa menjadi penyebab muka sensitif. Kulit sensitif akan merasakan langsung efeknya ketika menggunakan sebuah produk. Biasanya akan terasa panas, gatal, dan muncul ruam kemerahan.

Beberapa faktor pemicunya, mulai dari skin care yang mengandung bahan aktif terlalu keras, sabun mandi, parfume, kosmetik, hingga makanan. Maka dari itu, gunakan kandungan yang bersifat hypoallergic dan menghindari kandungan alkohol.  

Jarang Menggunakan Pelembap

penyebab kulit sensitif

Pelembap termasuk rangkaian skin care yang wajib digunakan. Pelembap tidak hanya diaplikasikan untuk pemilik kulit kering saja, tetapi semua jenis kulit wajib menggunakannya. Dengan bantuan pelembap, kulit menjadi lebih sehat, terhidrasi, menjaga skin barrier, dan tetap lembab. Tak hanya itu, pelembap juga mengontrol kadar sebum agar produksi minyak tidak berlebihan. 

Sering Terkena Debu dan Polusi

penyebab kulit sensitif

Ketika berada di laur ruangan, tentunya wajah lebih mudah terpapar debu, polusi, dan kotoran. Apalagi, bila kamu tidak membersihkan seluruh area wajah lebih maksimal. Tak heran, ini bisa menjadi penyebab wajah sensitif. Cara mencegah agar iritasi tidak terjadi, bisa dilakukan dengan rutin menerapkan teknik double cleansing sebelum tidur. Pastikan, wajah selalu dalam keadaan bersih. 

Mandi Air Hangat Dalam Waktu yang Lama

penyebab kulit sensitif

Mandi menggunakan air hangat setelah lelah bekerja seharian memang sangat merelakskan badan. Namun, mandi dengan air hangat yang telalu lama justru membuat kulit rentan mengalami kerusakan. Untuk kamu pemilik kulit sensitif sebaiknya mandi dalam 10 – 15 menit saja. Selain itu, gunakan juga sabun khusus kulit sensitif agar tidak memperparah kondisi kulitmu. Kira-kira, inilah 6 penyebab kulit sensitif yang wajib kamu ketahui!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.