4 Bahan untuk Perawatan Kulit Wajah Tradisional, Apa Saja? Cek Berikut Ini!
Skincare

4 Bahan untuk Perawatan Kulit Wajah Tradisional, Apa Saja? Cek Berikut Ini!

Meskipun masyarakat Indonesia bisa melakukan perawatan kulit wajah di klinik kecantikan, rupanya masih banyak yang memilih perawatan kulit wajah tradisional. Salah satu alasannya adalah karena perawatan wajah tradisional diyakini lebih aman karena tidak ada risiko dan efek samping.

Ditambah lagi, sebenarnya ada banyak bahan-bahan alami untuk perawatan kulit tradisional yang sebenarnya bisa kamu temukan dengan mudah di sekitarmu, lho! Contohnya dapur, di mana ada banyak rempah yang rupanya selama bertahun-tahun telah digunakan wanita Indonesia untuk merawat kulit tubuh maupun wajah.

Menggunakan Rempah untuk Perawatan Wajah Tradisional

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit wajah secara tradisional, seperti:

  • Campurkan rempah ke dalam makanan atau minuman dan konsumsi secara rutin setiap hari.

  • Hancurkan dulu rempah sampai menjadi bubuk, kemudian campur dengan bahan-bahan alami lain agar menjadi masker. Contohnya air, madu, atau minyak kelapa murni (virgin coconut oil).

  • Gunakan minyak rempah murni dalam salah satu tahap rangkaian skin care.

  • Gunakan produk skin care dengan kandungan bahan rempah alami.

Hanya saja, kamu tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan rempah untuk perawatan kulit wajah. Apalagi kalau kamu langsung menggunakan rempah atau minyak rempah. Soalnya, reaksi kulitmu dan kulit orang lain bisa berbeda-beda.

Selain itu, coba lakukan patch test atau aplikasikan rempah ke area tertentu untuk mengetes reaksi kulitmu, misalnya di belakang telinga. Dengan begitu, kamu bisa hindari risiko reaksi yang tak diinginkan seperti iritasi.

Baca juga : Tips Praktis Perawatan Kulit Wajah Sensitif Agar Selalu Tampil Cantik

4 Rempah untuk Perawatan Wajah Tradisional

Apa saja ya jenis rempah yang digunakan dalam perawatan kulit wajah tradisional? Buat MarshaLova yang penasaran dan ingin mencoba, kamu bisa cek daftarnya di bawah ini, ya!

1. Jahe

perawatan kulit wajah tradisional

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, biasanya jahe direbus dan airnya diminum untuk menghangatkan badan. Tapi, tahukah kamu kalau tanaman yang satu ini juga bermanfaat untuk kulit? Salah satunya adalah untuk bantu atasi kulit berjerawat karena ada kandungan anti-inflamasi. Di samping itu, jahe juga bisa percepat proses penyembuhan luka, termasuk luka jerawat, mengontrol minyak wajah, melembapkan kulit, mencerahkan wajah, hingga mencegah tanda-tanda penuaan diri.

2. Kunyit

perawatan kulit wajah tradisional

Tanaman yang satu ini tak hanya bermanfaat untuk memberikan warna kuning alami pada makanan, tapi juga mencerahkan wajah, lho! Tak hanya itu saja, kunyit juga bisa bantu samarkan bekas jerawat maupun masalah pigmentasi pada kulit, hingga kurangi kerutan. Penggunaan kunyit untuk perawatan kulit wajah tradisional biasanya dalam bentuk bubuk dan dicampur dengan air dan madu sebagai masker wajah.

Baca juga : Tips Perawatan Kulit Wajah secara Alami dan Menjaga Kualitas Kesehatan Tubuh

3. Lada hitam

perawatan kulit wajah tradisional

Biasanya, lada hitam digunakan dalam masakan untuk memberikan sensasi rasa pedas. Akan tetapi, ternyata tanaman rempah yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin C, lho! Vitamin C sendiri memiliki sifat sebagai antioksidan. Dan salah satu manfaatnya adalah membantu dorong produksi kolagen pada kulit, yang kemudian bisa bantu cerahkan kulit dan melawan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus, hingga mengatasi jerawat.

4. Kayu manis

perawatan kulit wajah tradisional

Aromanya yang unik membuat kayu manis jadi salah satu rempah yang paling sering digunakan dalam berbagai jenis masakan. Meski demikian, kayu manis sebenarnya sudah lama dikenal akan manfaatnya untuk kecantikan. Untuk wajah, biasanya kayu manis yang digunakan adalah yang berwujud bubuk dan dapat diolah jadi masker alami. Manfaat kayu manis untuk kecantikan meliputi kulit jadi lebih bercahaya, mengurangi garis halus, dan melembabkan kulit.

Itulah 4 jenis rempah di dapur yang bisa kamu gunakan untuk perawatan kulit wajah tradisional. Yang mana yang sudah pernah kamu coba? Sebelum melakukannya, pastikan terlebih dahulu kamu melakukan test di bagian kulit belakang telinga dan punggung tangan. Kedua area tersebut memiliki tekstur yang mirip dengan kulit wajah. Hal ini penting kamu lakukan untuk mencegah terjadinya iritasi pada wajah, Sebaiknya, kamu juga berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.