5 Cara Mengenali Jenis Kulit Wajah untuk Dapatkan Produk Perawatan yang Tepat
Skincare

5 Cara Mengenali Jenis Kulit Wajah untuk Dapatkan Produk Perawatan yang Tepat

Tiap orang memiliki jenis kulit wajah berbeda sehingga memberikan tipe perawatan yang tidak sama kepada setiap orang. Ladies, perbedaan jenis kulit wajah merupakan anugerah dan secara natural dapat berubah seiring pertambahan usia. Pertanyaannya sekarang, bagaimana sih cara mengenali jenis kulit wajah? Ini penting karena berpengaruh bagaimana cara perawatannya nanti.

Selain itu, beberapa faktor dapat mempengaruhi perubahan pada jenis kulit wajah. Mengutip laman alodokter.com, jenis kulit wajah dapat dipengaruhi faktor genetik, penyakit tertentu, dan faktor lingkungan, misalnya paparan sinar matahari, debu, dan polusi berkepanjangan. Kebiasaan seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat berdampak terhadap kulit.

Kamu tentunya ingin memiliki kulit wajah sehat. Mengetahui jenis kulit wajah akan menentukan bagaimana cara perawatan dan produk perawatan kulit yang tepat untuk digunakan. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh hasil maksimal dalam menjaga kecantikan. Tanpa buang waktu lagi, mari simak 5 cara mengenali jenis kulit wajah.

1. Kulit wajah normal

Jenis kulit wajah normal memiliki keseimbangan pada jumlah kandungan air dan minyak. Kulit cenderung tidak bereaksi negatif terhadap produk baru atau perubahan cuaca. 

Pada jenis kulit normal, wajah terlihat kencang dengan garis halus, kerutan minimal dan pori-pori halus. Jenis kulit wajah seperti ini umumnya jarang memiliki masalah kulit yang membuat kamu mudah untuk melakukan perawatan dan memiliki kulit wajah sehat.

2. Kulit wajah kering

Kulit wajah kering merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan jenis kulit yang menghasilkan lebih sedikit sebum daripada kulit normal. Menurut laman eucerin.com, kurangnya sebum membuat kulit kering mengalami kekurangan lipid untuk mempertahankan kelembaban dan membangun perlindungan terhadap pengaruh eksternal. 

Kulit wajah kering umumnya terjadi seiring pertambahan usia. Cara mengenali kulit wajah kering dapat dilihat dari kerutan dan garis yang lebih jelas pada wajah. Kulit wajah kering juga bisa terasa rapuh, kasar, terlihat kusam dan elastisitas kulitnya terasa rendah.

3. Kulit wajah berminyak

Kulit wajah berminyak cukup mudah untuk kamu kenali. Umumnya, kulit wajah ini selalu tampak mengkilap, mengutip laman dermstore.com. Kulit berminyak memungkinkan kerutan wajah lebih sedikit. Tetapi kamu perlu melakukan perhatian utama dalam kontrol minyak wajah.

Selain itu, jenis kulit wajah berminyak biasanya disertai komedo, jerawat, serta noda hitam. Tips perawatan untuk kulit kering salah satunya menghindari bahan-bahan seperti minyak mineral, petrolatum dan alkohol.

4. Kulit wajah sensitif

Kulit sehat biasanya melakukan tindakan penyeimbangan melindungi kulit dari pengaruh eksternal sambil mengatur tingkat kelembapan. Namun, hal ini cenderung lebih lemah pada kulit sensitif karena terganggunya fungsi penghalang alami kulit dan pelembab alami.

Gejala kulit wajah sensitif dapat dilihat pada kulit yang mudah terkelupas, kemerahan, ruam, bengkak, bersisik dan kasar. Efeknya terasa ketika kamu mengoleskan produk ke kulit. 

Gejala itu bisa disertai sensasi gatal, terbakar, dan sesak. Jika kamu memiliki masalah kulit sensitif, konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan rekomendasi.

5. Jenis kulit wajah kombinasi

Jenis kulit ini adalah paduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Kulit kombinasi paling mudah ditentukan oleh zona-T yang berminyak seperti area garis melintang di dahi dan garis di bawah hidung serta kulit kering atau normal di bagian wajah lainnya.

Jenis kulit wajah ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan peningkatan hormon selama masa pubertas. Kulit kombinasi bisa jadi sulit untuk dirawat karena kamu harus mengatasi dua masalah yang berbeda. Jadi, kamu perlu melakukan keseimbangan dalam perawatan kulit.

Itulah 5 cara mengenali jenis kulit wajah. Produk perawatan kulit bukanlah ramuan ajaib untuk semua tipe kulit. Memiliki pemahaman tentang kulit wajah akan membantu kamu menentukan produk dan cara perawatan yang lebih baik untuk kulit wajah sehat. Semoga bermanfaat.

sumber : alodokter, dermstore, eucerin

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.