5 Hal Mendasar yang Menjadi Perbedaan Rebonding dan Smoothing
Hair

5 Hal Mendasar yang Menjadi Perbedaan Rebonding dan Smoothing

Memiliki rambut yang lurus seringkali menjadi keinginan wanita yang memiliki rambut berombak ataupun keriting. Meluruskan rambut memang bisa menjadi pilihan Marshalova untuk mendapatkan penampilan yang lebih segar dan berbeda. Proses meluruskan rambut bisa dilakukan dengan rebonding ataupun smoothing. Lalu apa itu perbedaan rebonding dan smoothing serta mana yang sebaiknya Kamu pilih?

Beberapa Perbedaan Rebonding dan Smoothing yang Kamu Harus Tahu

perbedaan rebonding dan smoothing

Berikut ini beberapa perbedaan dan hal – hal mendasar yang menjadi pembeda antara prosedur smoothing dan rebonding untuk mendapatkan rambut yang lurus.

Bahan yang Dipakai

Salah satu hal mendasar yang membedakan antara rebonding dengan smoothing adalah bahan yang dipakai untuk meluruskan rambut. 

Smoothing adalah metode meluruskan rambut dengan menggunakan bahan yang mengandung keratin yang diaplikasikan pada rambut memakai alat berupa flat iron. 

Sedangkan rebonding adalah prosedur meluruskan rambut dengan memakai bahan berupa relaxer yang berfungsi merubah struktur rambut dan diikuti dengan neutralizer yang berfungsi menetralkan kandungan kimia yang sudah digunakan. Relaxer umumnya berupa sodium hydroxide, sodium thioglycolate dan ammonium thioglycolate. 

Metode Pelurusan

Hal kedua yang membedakan antara smoothing dengan rebonding adalah metode yang digunakan untuk menghasilkan rambut yang lurus. 

Smoothing menghasilkan rambut yang lebih lurus tanpa merubah struktur rambut karena hanya memakai bahan kimia yang tidak pekat. Prosedur mengaplikasikan keratin dilakukan untuk meluruskan rambut dengan menutup kutikula atau lapisan terluar rambut. Adapun perawatan rambut smoothing cukup dengan keramas memakai shampo yang mengandung keratin.

Rebonding dilakukan menggunakan bahan kimia yang pekat sehingga merubah struktur rambut dari yang keriting atau berombak sehingga bisa diluruskan. Bahan kimia ini meresap hingga kutikula rambut untuk merubah struktur sehingga rambut menjadi lurus.

Durasi Prosedur Pengerjaan 

Hal berikutnya yang menjadi perbedaan smoothing dan rebonding adalah prosedur pengerjaan antara keduanya. 

Meluruskan rambut dengan smoothing umumnya berlangsung lebih lama jika dibandingkan dengan rebonding untuk panjang rambut yang sama. Smoothing bisa memakan waktu minimal selama 3 jam untuk mengerjakan prosedur meluruskan rambut. Sedangkan melakukan prosedur rebonding hanya butuh waktu sekitar 2 hingga 3 jam untuk menghasilkan rambut yang sudah lurus.

Daya Tahan Hasil Pelurusan

Kedua prosedur meluruskan rambut ini sama – sama menghasilkan rambut lurus yang tidak permanen. Artinya setelah beberapa waktu rambut akan kembali ke kondisi semula. Hasil pelurusan rambut smoothing akan lebih cepat kembali ke kondisi semula jika dibandingkan dengan hasil pelurusan dengan metode rebonding. 

Rambut lurus dari hasil smoothing smoothing rambut akan bertahan dengan durasi maksimal selama 3 bulan. Sedangkan rambut lurus hasil rebonding bosa bertahan selama 7 bulan hingga 1 tahun. Akan tetapi karena rambut akan tumbuh dan rambut baru yang tumbuh memiliki tekstur yang alami maka rambut lurus hasil rebonding harus menjalani retouch untuk meluruskan rambut yang baru tumbuh dan tidak lurus. Prosedur retouch ini bisa dilakukan berselang 5 hingga 6 bulan setelah prosedur rebonding pertama dilakukan.

Hasil Akhir Pelurusan Rambut

Secara visual hasil pelurusan smoothing masih terlihat natural bahkan ketika rambut tersebut sebelumnya bertipe keriting atau berombak. Sedangkan hasil pelurusan rambut dengan metode rebonding akan terlihat sangat lurus dan kadang terkesan kaku, terutama jika rambut yang diluruskan adalah rambut keriting. Bisa disimpulkan bahwa efek lurus hasil rebonding rambut akan terlihat lebih halus dan lebih lurus jika dibandingkan dengan smoothing.

Itulah 5 perbedaan rebonding dan smoothing yang paling utama berdasarkan beberapa kriteria. Marshalova kini bisa membandingkan dan memilah akan melakukan rebonding atau smoothing jika ingin memperoleh rambut yang lebih lurus.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.