5 Tips Menggunakan Concealer untuk Kulit Berminyak agar Tahan Lama
Makeup

5 Tips Menggunakan Concealer untuk Kulit Berminyak agar Tahan Lama

Salah satu masalah yang sering kita rasakan sebagai pemilik kulit berminyak adalah makeup yang cepat luntur, contohnya concealer. Kalau kamu memang punya masalah ini, kamu tak perlu khawatir karena concealer untuk kulit berminyak pilihanmu tetap bisa tahan lama dengan cara penggunaan yang tepat, kok.

Tips Menggunakan Concealer untuk Kulit Berminyak 

Untuk lebih jelasnya, yuk simak tips menggunakan concealer buat kamu yang punya kulit berminyak di bawah ini:

1. Pilih concealer yang tepat.

concealer untuk kulit berminyak

Untuk kamu si pemilik kulit berminyak, hindari under-eye concealer kalau kamu mau menggunakannya di atas acne patch. Soalnya, jenis concealer seperti ini cenderung bersifat emolien dan malah bisa membuat kulitmu jadi terlihat lebih berminyak.

2. Rawat kulitmu dengan baik.

concealer untuk kulit berminyak

Pada dasarnya, apapun jenis kulitmu, rawat dan perlakukan kulitmu dengan baik. Karena tak peduli semahal dan sebagus apa makeup-mu, hasilnya percuma kalau kondisi kulitmu tidak dirawat dengan cermat.

Sebelum kamu mulai menggunakan makeup untuk kulit berminyak, mulailah dulu dengan rangkaian skincare kulit berminyak yang cocok dan bisa bantu atasi masalah karena kondisi kulitmu. Misalnya dengan cleanser pH rendah yang menghidrasi dan mengontrol minyak, maupun memakai masker secara rutin setiap minggu.

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah hindari menyentuh wajahmu. Dengan sering memegang wajahmu, justru akan memicu produksi minyak yang lebih banyak dan bahkan memicu jerawat. Soalnya, kamu tidak tahu apa saja bakteri yang sudah menempel duluan di tanganmu, kan?

3. Gunakan primer.

concealer untuk kulit berminyak

Primer adalah makeup kulit berminyak yang wajib kamu pakai. Fungsinya adalah menjadi “alas” buat foundation dan concealer, sehingga nanti keduanya bisa tahan lama. Dan untuk area mata, sebaiknya kamu pilih primer khusus untuk area tersebut, bukannya primer perawatan jerawat. Soalnya, apapun jenis kulitmu, kulit di sekitar mata memang bersifat lebih rapuh dan lebih mudah kering.

4.  Gunakan bedak tabur yang oke.

concealer untuk kulit berminyak

Bedak tabur punya fungsi untuk mengeset foundation maupun concealer-mu, sehingga keduanya akan makin tahan lama sepanjang hari. Kamu juga bisa touch-up makeup-mu dengan bedak tabur di sela-sela aktivitas, tapi sebaiknya kamu melakukan ini hanya selama kulitmu sudah terlihat mengkilap karena minyak. Soalnya, terlalu sering memakai bedak tabur bisa menyumbat pori-pori kulit, yang nanti bisa membuat kulit terlihat semakin berminyak.

Oleh karena itu, pilihlah bedak tabur yang memang berkualitas dengan oil-free finish agar wajahmu bebas kilap seharian. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Di samping itu, sebaiknya kamu aplikasikan bedak tabur menggunakan kuas. Jadi, bedak tidak akan membuat makeup-mu jadi cemong saat touch-up. Selain itu, cara ini juga tidak akan membuat minyak wajah kembali “tertekan” masuk ke dalam kulitmu.

5. Bawa blotting paper untuk jaga-jaga.

concealer untuk kulit berminyak

Blotting paper alias face paper bisa jadi solusi kilat untuk mengurangi tampilan minyak di wajah di tengah aktivitas. Selain itu, blotting paper juga tidak akan membuat makeup-mu cemong atau membuat kulit jadi kering. 

Oleh karenanya, siapkan blotting paper di pouch makeup-mu untuk berjaga-jaga agar kamu bisa langsung memakainya saat butuh, ya! Di samping itu, pakai dengan cara ditempelkan di wajah, bukan dengan cara diusap.

Ketika kamu sudah berinvestasi lebih dengan membeli concealer untuk kulit berminyak yang mahal, tentu sayang kan kalau concealer-mu luntur di siang hari? Coba lakukan 5 langkah di atas agar concealer-mu lebih tahan lama, ya. Selamat mencoba!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.