Apa Itu Sebum? Minyak Alami Wajah yang Sering Dikira Penyebab Jerawat
Skincare

Apa Itu Sebum? Minyak Alami Wajah yang Sering Dikira Penyebab Jerawat

Pengguna skincare atau beauty enthusiast pasti sudah familiar dengan kata sebum. Sebum sering dikaitkan sebagai penyebab kulit berminyak dan berjerawat. Padahal sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak dan memiliki fungsi yang baik pula untuk wajah. Yuk, simak penjelasannya!

Apa Itu Sebum?

Sebum merupakan minyak alami kulit yang diproduksi kelenjar minyak atau kelenjar sebasea (Sebaceous Glands) yang berfungsi untuk melapisi kulit dan memberikan kelembapan serta kelembutan pada kulit sehingga kulit enggak kering dan pecah-pecah.

Sebum berwarna kekuningan yang terdiri dari beberapa komponen, di antaranya asam lemak, trigliserida, wax ester, squalene, dan kolesterol yang berguna untuk melembapkan kulit dan melindungi kulit dari mikroorganisme, bahan kimia, dan partikel udara.

Produksi Sebum yang Bisa Memicu Masalah Kulit

Sebum diproduksi oleh kelenjar minyak atau kelenjar sebasea yang ada di seluruh tubuh, tapi paling banyak salah satunya di kulit wajah. Produksi sebum dipengaruhi oleh faktor hormonal, genetik, pola makan, dan efek samping obat-obatan.

Produksi sebum yang berlebih atau kurang bisa memicu berbagai masalah kulit. Kulit yang memproduksi sebum berlebih akan mudah berkomedo dan berjerawat. Sedangkan produki sebum yang kurang akan membuat kulit kering, gatal, iritasi, mengelupas, bahkan bersisik.

Kaitan Sebum dengan Jerawat

Para acne fighters pasti sering menyalahkan sebum sebagai penyebab jerawat di wajah mereka. Memang benar, sebum menjadi salah satu penyebab jerawat. Namun bukan berarti adanya sebum pasti menyebabkan jerawat. Jerawat yang timbul disebabkan produksi sebum yang berlebih ditambah penumpukan sel kulit mati, kotoran, keringat, yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya komedo sehingga memicu jerawat. 

Sebum yang menyumbat pori-pori akan memicu perkembangan bakteri di wajah, sehingga jerawat tumbuh dan menyebabkan peradangan pada kulit.

Manfaat Sebum

Meskipun sebum bisa memicu berbagai masalah kulit, baik itu kelebihan sebum atau kekurangan sebum, tapi kamu harus manfaat sebum sebagai minyak alami kulit.

Melembapkan Kulit

Sebagai minyak alami kulit, sebum berfungsi menjaga kelembapan kulit dalam jumlah yang normal dan cukup. Minyak alami tersebut membantu melumasi kulit sehingga kulit nggak kering atau pecah-pecah.

Melindungi Kulit dari Bakteri

Sebum berfungsi menjaga pH kulit tetap normal yang dapat melindungi kulit dari pertumbuhan bakteri dan kuman penyebab jerawat. Namun perlu diingat, sebum yang berlebih justru akan menyumbat pori-pori dan merangsang pertumbuhan bakteri di kulit wajah.

Mencegah Infeksi Jamur

Kekurangan sebum juga bisa menimbulkan masalah kulit seperti kurap yang disebabkan oleh infeksi jamur. Oleh karena itu, sebum dalam jumlah normal bisa mencegah infeksi jamur penyebab masalah kulit.

Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sebum terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah squalene. Squalene memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kerusakan kulit dari radiasi sinar UV. Selain itu, squalene juga dapat menghidrasi dan mencerahkan kulit sehingga membuat kulit tampak sehat. 

Meskipun sering dikira sebagai penyebab jerawat, namun minyak alami kulit ini memiliki fungsi alami yang dapat menjaga kesehatan kulit. Untuk menjaga jumlah sebum yang normal, nggak kurang dan nggak lebih, gunakan skincare yang bisa mengontrol minyak di wajah dan menghidrasi kulit. [Fisila Afla]

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.