Apa Saja Sih Tanda Parfum Kadaluarsa Simak 6 Hal Ini
Fragrance

Apa Saja Sih Tanda Parfum Kadaluarsa Simak 6 Hal Ini

Tanda parfum kadaluarsa penting untuk diperhatikan. Pasalnya orang hanya memperdulikan kandungan suatu produk tanpa memperhatikan waktu kadaluarsanya.

Mulai sekarang, ubah cara kamu menilai suatu produk dengan cara memperhatikan tanggal berakhirnya masa pemakaian. Hal ini sangat penting karena kelayakan produk tersebut dalam jangka waktu tertentu sudah ditentukan oleh pabrik pembuatnya.

Lalu Apa Saja Tanda Parfum Kadaluarsa?

Semua produk kecantikan mencantumkan tanggal expired pada kemasannya, termasuk parfum. Parfum yang diaplikasikan di badan dan pakaian yang dikenakan, akan menambah rasa percaya diri pemakainya.

Namun tahukah kamu jika parfum yang digunakan sehari-hari juga akan memudar aroma wanginya seiring berjalannya waktu. Masih bingung bagaimana cara menentukan tanda parfum tidak layak digunakan lagi? Simak tips lengkapnya berikut ini.

Berubah Warna

Pewangi atau parfum yang telah expired biasanya berwarna lebih gelap dari warna sebelumnya. Bahkan ada beberapa produk parfum yang warnanya berubah menjadi putih susu.

Nah, Girls jika parfum yang kamu gunakan berubah warnanya, maka hentikan penggunaannya. Penyebab warna parfum berubah antara lain jamur atau reaksi kimia yang terjadi dari bahan-bahan pembuat parfum itu sendiri. 

Baca Juga:6 Cara agar Wangi Parfum Awet Seharian, Ternyata Segampang Ini!

Aroma Wanginya Telah Berubah

tanda parfum kadaluarsa

Wangi parfum yang sudah tidak layak pakai otomatis akan berubah. Jadi, kamu perlu waspada jika wangi parfum tidak sama saat memakainya pertama kali.

Dalam jangka waktu lama, konsentrasi bahan-bahan pembuat parfum akan bereaksi silang. Hal ini bisa saja membuat aroma wangi yang dihasilkan tidak terlalu baik. Apalagi parfum yang kamu pakai sering terpapar sinar matahari atau panas.

Bahan pembuatan parfum tradisional umumnya beralkohol tinggi yang berfungsi sebagai stabilisator untuk memperpanjang jangka waktu penyimpanannya.

Pengendapan di Dasar Parfum

Endapan-endapan bahan parfum atau sedimentasi padat dapat terlihat berkumpul di bagian bawah botol. Hal ini terjadi jika kamu terlalu lama menyimpannya.

Timbul Iritasi Kulit

Iritasi pada kulit yang tiba-tiba saja muncul juga merupakan tanda parfum kadaluarsa. Iritasi terjadi karena formula yang terkandung dalam parfum telah rusak.

Hal lain yang perlu diketahui adalah bisa saja iritasi yang muncul karena kamu alergi terhadap kandungan bahan yang ada pada parfum. Pastikan kamu mengeceknya lebih seksama.

Baca Juga :7 Jenis-Jenis Aroma Parfum Paling Basic, Yang Mana Favoritmu?

Cek Tanggal Kadaluarsa

tanda parfum kadaluarsa

Cara termudah mengetahui parfum sudah tidak layak pakai adalah dengan melihat tanggal kadaluarsa yang tercantum pada kemasan. Sayangnya, tidak semua brand menuliskan batas akhir pemakaian.

Namun, kamu masih bisa mengetahui batas waktu kelayakan dengan mencari batch code. Nah, cek kode batch tersebut di website checkfresh.com.

Ada Kerak di Sudut Semprotan

Ciri produk sudah mengalami oksidasi adalah terdapat kristal atau kerak di sudut semprotannya. Jika ragu, kamu bisa membersihkan kerak di leher semprotan dengan lap. Bila bau yang tercium beraroma tengik, maka parfum memang sudah tak layak pakai.

Cara Menyimpan Parfum agar Wangi Parfum Tetap Solid

tanda parfum kadaluarsa

Cara menyimpan parfum agar wanginya tahan lama sebenarnya cukup simpel. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Simpan di tempat sejuk dan kering. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir parfum terpapar sinar atau panas matahari.

  • Selalu menutup parfum saat disimpan dan setelah digunakan. Hal ini untuk mencegah oksidasi yang berujung perubahan warna dan aroma. Pastikan kamu menutupnya dengan rapat.

  • Hindari menyimpan parfum di kamar mandi. Dikhawatirkan ada air yang tidak sengaja masuk ke botol. Selain itu, keadaan kamar mandi yang selalu lembab adalah tempat berkembangnya bakteri yang mungkin saja mengkontaminasi formula parfum.

  • Tidak mengocok parfum karena hanya akan merusak wanginya.

  • Biarkan saja parfum berada di botol aslinya. Hal ini untuk mengurangi parfum terpapar oksigen yang akan berakibat tidak baik untuk wanginya.

  • Hindari menyimpan parfum di tempat panas karena intensitas wangi parfum akan berkurang.

Nah, Girls saat kamu menjumpai ada tanda parfum kadaluarsa, jangan langsung buang, ya! Manfaatkan saja menjadi pengharum ruangan atau mobil.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.