Baru Belajar Make Up? Kenali Jenis-jenis Brush Make Up dan Fungsinya, Jangan Sampai Tertukar
Makeup

Baru Belajar Make Up? Kenali Jenis-jenis Brush Make Up dan Fungsinya, Jangan Sampai Tertukar

Tampil flawless dengan hasil makeup yang sempurna adalah impian setiap wanita. Sayangnya, tidak semua orang pandai mengaplikasikan makeup. Buat kamu yang masih pemula, ada tips khusus nih biar makeup kamu kelihatan lebih nge-blend, yakni menggunakan brush saat mengaplikasikannya. Namun, sebelum mencobanya, lebih baik kenali jenis-jenis brush make up lebih dulu.

Teknik mengaplikasikan makeup dengan brush ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Hanya saja, brush makeup yang dipakai saat ini jauh lebih beragam, baik dari ukuran maupun fungsinya. Supaya tidak tertukar, Marsha Beauty akan membahas jenis dan fungsinya satu per satu berikut ini.

Baca juga : Bikin Kamu Lebih Muda, Ini Brush Make Up Vector yang Wajib Kamu Punya Biar Stay On Sepanjang Hari

Mengenal Brush Make Up dan Fungsinya, Riasan Kamu Bisa Lebih Sempurna

Jika dilihat dari segi ukuran, ada dua jenis brush makeup, yakni brush besar dan kecil. Namun, jika dilihat dari fungsinya, ada beberapa jenis brush yang biasa dipakai untuk mengaplikasikan make up, di antaranya adalah seperti berikut:

Foundation Brush

Jenis-jenis brush make up

Sesuai dengan namanya, foundation brush dipakai untuk mengaplikasikan alas bedak. Meskipun bisa diaplikasikan dengan spons atau beauty blender, tapi foundation yang diaplikasikan dengan brush akan terlihat lebih nge-blend. Brush jenis ini biasanya punya bulu lebih keras dan bentuknya pipih.

Powder Brush

Jenis-jenis brush make up

Powder brush biasa dipakai untuk mengaplikasikan bedak, baik dalam bentuk powder maupun padat. Brush ini punya ujung yang berbentuk cembung dan bulunya lebih tebal. Powder brush akan membuat bedak merata secara lebih optimal.

Angled Contour Brush

Jenis-jenis brush make up

Jenis-jenis brush make up dan kegunaannya yang ketiga adalah angled contour brush. Brush ini berfungsi menciptakan efek gradasi pada tulang pipi, garis dahi, dan rahang. Biasanya, angled brush contour punya ujung yang tidak rata dan miring ke salah satu sisi. Efek contour ini bisa bikin wajah kamu kelihatan lebih tirus.

Blush Brush

Jenis-jenis brush make up

Produk yang satu ini dipakai untuk mengaplikasikan blush on. Bagian ujung kuasnya berbentuk cembung, seperti powder brush. Namun, blush brush biasanya gagang yang lebih panjang dan ramping. Selain itu, bulu-bulunya juga lebih sedikit daripada powder brush. Kuas ini biasanya juga dipakai untuk mengaplikasikan shimmering. 

Fan Brush

Jenis-jenis brush make up

Kuas ini dipakai untuk mengaplikasikan highlighter di bagian tulang pipi. Sesuai dengan namanya, kuas ini punya bentuk seperti kipas dengan bulu pipih dan melebar. 

Baca juga : Kelebihan Air Brush Make Up yang Bikin Wajah Lebih Flawless Tanpa Touch Up, Tertarik Mencobanya

Concealer Brush

Jenis-jenis brush make up

Mirip seperti foundation brush, concealer brush juga punya bulu yang lebih keras dibanding jenis lainnya. Brush ini berfungsi meratakan concealer untuk menutupi bekas jerawat dan noda hitam di wajah.

Eyeshadow Brush

Jenis-jenis brush make up

Macam-macam brush make up yang selanjutnya adalah eyeshadow brush. Kuas jenis ini punya bulu berbentuk pipih dan ujung yang cembung. Eyeshadow brush berfungsi untuk membentuk sudut mata dengan eyeshadow.

Blending Brush

Jenis-jenis brush make up

Blending brush punya bulu berbentuk oval dan lentur. Brush ini dipakai untuk mengaplikasikan eyeshadow, atau lebih tepatnya membuat gradasi di bagian kelopak mata. Karena bulunya lentur, maka hasilnya pun lebih nge-blend dan natural.

Angled Eyeliner Brush

Jenis-jenis brush make up

Angled eyeliner brush punya ujung meruncing di satu sisi dan berbentuk asimetris. Selain itu, bulunya bertekstur keras. Brush ini biasanya digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner gel sehingga hasilnya pun lebih presisi.

Lip Brush 

Jenis-jenis brush make up

Terakhir, ada lip brush yang digunakan untuk mengaplikasikan lip cream, lipstik, maupun lip palette. Brush ini punya bulu bertekstur kasar dan keras, sehingga garis bibir bisa lebih presisi.

Itu dia jenis brush makeup dan fungsinya. Jangan sampai salah pakai, ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.