Begini Cara Mengatasi Burn Out untuk Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga
Lifestyle

Begini Cara Mengatasi Burn Out untuk Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Burnout adalah stress berkepanjangan, yang berasal dari pekerjaan sehari-hari. Burnout ini terasa seperti bekerja dengan monoton dan dipenuhi segala beban kehidupan. Kamu sedang mengetik, kamu memikirkan keluarga hingga sakit kepala. Kamu sedang presentasi pekerjaan, tapi kamu mengingat tagihan yang harus kamu bayar. Segala masalah terasa tiada hentinya dan membuatmu semakin nggak berdaya mengontrolnya. Perlu diingat, kita yang harus mengatur pekerjaan, bukan pekerjaan yang mengatur kita. 

Stress dan Burnout Bedanya Apa?

Burnout terjadi ketika kamu nggak mampu memanajemen pekerjaanmu sendiri. Kamu cenderung multitasking atau mengerjakan dua pekerjaan bersamaan, dan akhirnya kamu kehilangan fokus atas keduanya. Dalam lingkup peran ganda wanita sebagai wanita karir dan juga ibu rumah tangga, pembagian peran di rumah yang nggak seimbang juga bisa menimbulkan burnout. Di sini, tentu peran ayah atau suami juga harus seimbang ya, Girls. 

Stress sendiri biasanya terjadi periodik, alias karena satu atau beberapa hal saja. Karena anak sakit, suami sedang ada masalah keuangan, atau karena kangen sama orang tua di kampung halaman. Nah, kalau burnout, rasanya segala permasalahanmu ini beradu di kepala dan akan meledak sewaktu waktu. 

Ciri-Ciri dan Tanda Kamu Sedang Mengalami Burnout 

Cek apakah kamu sedang mengalami tanda-tanda berikut ini? Jika iya, waspadalah karena kamu mungkin sedang mengalami burnout

  • Emosimu nggak stabil atau moody berkepanjangan
  • Sebelum memulai kerja sudah ada perasaan nggak enak, sakit kepala, hingga rasa takut yang nggak beralasan
  • Jadi pemarah, dan bukan pribadi yang menyenangkan lagi 

Tips Terhindari dan Cara Mengatasi Burnout 

Coba terapkan beberapa poin utama ini dalam keseharianmu dengan pasanganmu. Hubungan yang sehat didasarkan pada kedua orang yang sama-sama ingin membantu tanpa ada rasa egois. Sebagai wanita, coba deh bicarakan ini lebih dulu supaya dia paham kalau kamu sedang kewalahan menghadapi urusan rumah dan pekerjaan.

Bersama Pasangan, Buat Skala Prioritas Kegiatan Harianmu

Perhatikan skala prioritas seluruh kegiatan di hidupmu. Kalau memang rasanya lebih baik dan menyenangkan untuk nggak bekerja, katakan saja. Perlahan, buat beberapa list yang menurutmu penting dilakukan sebagai ibu, istri, dan seorang wanita. Kamu juga dilarang untuk melakukan multitasking! 

Kalau kamu perlu bekerja, minta lah pasanganmu memahamimu dan mensupportmu. Jangan semuanya dilahap sendirian ya, Girls. Kamu juga perlu mengerjakan pekerjaan yang lebih penting dulu, supaya energimu yang terkuras tidak melebihi kemampuanmu. 

Evaluasi kembali kehidupan kerjamu

Kamu juga harus mampu memaknai apa yang sedang kamu kerjakan. Apakah menyenangkan? Seperti apa tujuannya? Bagaimana dampaknya untuk orang lain? Kalau sekiranya apa yang kamu lakukan nggak membuat kehidupan kerjamu membaik, ada baiknya kamu memikirkan plan B dari pekerjaan atau kegiatanmu yang membuatmu burnout ini. Kalau kamu ingin mencari pekerjaan yang lebih menyenangkan, itu kebutuhan dan hak kamu loh! 

Istirahat dan Minta Pertolongan Jika Kamu Lelah

Lupakan pekerjaan sejenak dengan pergi bersama temanmu atau lakukan hal yang kamu sukai. Ambil cuti dan pergi cari yang bikin hepi. Ke salon, pergi ke mall bersama teman SMA, mengajak buah hati bermain di taman, apapun itu yang menyenangkan. 

Kalau kamu lelah dan butuh seseorang untuk menghandle pekerjaanmu, maka jangan sungkan untuk meminta pertolongan teman atau pasanganmu ya. Hargai dirimu sendiri yang sudah memiliki peran ganda sebagai wanita. Kamu hebat, dan lebih hebat lagi kalau kamu mau meminta pertolongan jika kamu memang sudah merasa kewalahan.

Pahami limitmu dengan nggak memforsir segala hal untuk dapat kamu kerjakan sendiri ya, Girls! 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.