Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda dalam Waktu 5 Menit
Skincare

Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda dalam Waktu 5 Menit

Mata panda memang mengganggu penampilan, membuat kita terlihat lelah sehingga membuat kita tidak percaya diri. Gangguan ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk para wanita. Namun jangan khawatir karena ada cara menghilangkan mata panda secara alami, mudah serta cepat, dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Mata panda ditandai dengan munculnya lingkaran hitam di sekitar kulit mata. Terlihat bagian kantung mata yang berwarna lebih gelap dari warna kulit wajah. Kondisi ini makin diperparah dengan mata yang bengkak dan sembab. Meski tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara, tapi tetap saja mengganggu penampilan ya, Bun. Usia kita bisa terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Penyebab Mata Panda

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya mata panda di wajah. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

Kelelahan dan Kurangnya Istirahat

Aktivitas yang padat seharian sampai malam tiba sering mengganggu waktu istirahat. Kurangnya istirahat ini menyebabkan darah tidak mengalir dengan baik. Pada kondisi ini terkadang terdapat aliran darah yang terkumpul di bawah mata. Nah, karena kulit di daerah ini termasuk tipis, maka akan terlihat seperti bengkak yang menghitam.

Tubuh kamu yang lelah karena kurang istirahat ini pula yang menyebabkan penampilan wajah jadi terlihat lebih kusam.

Kebiasaan Menatap Layar

Ini mungkin yang sering tidak kita sadari. Terlalu lama menatap layar handphone, laptop, televisi, game atau gadget lainnya memicu terjadinya ketegangan pada mata. Ketegangan ini menyebabkan pembuluh dara di sekitar mata membesar, sehingga terlihat menjadi gelap.

Dehidrasi, Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaan yang tidak baik, seperti kurangnya minum air putih, merokok hingga mengonsumsi alkohol menjadi penyebab terjadinya mata panda. 

Tubuh yang kekurangan air, membuat mata terlihat cekung dan sayu. Kebiasaan buruk merokok dan minum-minuman yang mengandung alkohol dalam jangka waktu panjang akan membuat airan darah tidak lancar, sehingga lingkar mata terlihat menjadi gelap seperti mata panda.

Selain ketiga hal di atas, sebenarnya masih ada lagi penyebab mata panda seperti faktor genetic, usia, alergi hingga faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Terdapat banyak cara ampuh untuk menghilangkan mata panda secara alami. Marsha Beauty akan menghadirkannya special untuk kamu di sini:

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Teh Celup

Memakai teh celup merupakan salah satu cara alami dalam menghilangkan mata panda. Langkah ini sering digunakan banyak orang karena terbilang praktis. Terdapat kandungan kafein di dalam teh yang memiliki sifat antioksidan, sehingga bisa merangsang sirkulasi darah di sekitar mata.

Cara menghilangkan mata panda dengan teh celup adalah sebagai berikut: rebus dua kantong teh celup ke dalam air mendidih, tunggu sampai dingin, lalu letakkan ke bagian mata yang menhitam. Kamu juga bisa meletakkan teh celup ke dalam kulkas terlebih dahulu agar memberikan efek dingin.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Timun

Timun mengandung kadar air yang tinggi serta vitamin C yang bisa membantu melembapkan kulit. Terdapat juga silika yang ampuh dalam menjaga jaringan kulit agar tetap sehat.

Cara menghilangkan panda dengan timun cukup mudah. Bersihkan timun terlebih dulu, lalu potong timun tipis-tipis, dan tempelkan ke area mata.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Kompres

Mengkompres area mata panda dengan air dingin juga dipercaya bisa mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata. Sebagai alternatif, kamu pun bisa memakai handuk yang berisi es batu untuk mengompres mata.

Caranya cukup tempelkan handuk yang berisi es batu atau yang sudah tercelup dengan air dingin ke bagian mata panda selama kurang lebih 20 menit. Ulangi sampai es batu dalam handuk perlahan mencair.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Skincare

Selain bahan alami di atas, kamu pun bisa menghilangkan mata hitam dengan menggunakan skincare. Pilih skincare yang mengandung antioksidan, vitamin C dan E yang dapat membantu mengurangi mata hitam.

Oleskan atau tempelkan skincare tersebut ke area mata panda secara rutin, minimal 1-2 kali sehari. Hati-hati ya dalam pemakaian, jangan sampai terkena mata. Jika terjadi, segera cuci muka sampai mata tidak perih. Jangan tergiur dengan harga skincare yang murah ya, Ladies!

Tips Lain dalam Menghilangkan Mata Panda

Ada beberapa tips agar meminimalisir terjadinya mata panda di wajah kamu. Salah satunya adalah dengan menghindari begadang. Sebaiknya kamu tidur lebih awal dan beristirahat dengan cukup sekitar 7-8 jam per malam. Ini tak hanya bisa menghilangkan mata panda, tapi juga bisa meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Selain itu, tidurlah dalam posisi yang tepat. Posisikan kepala kamu lebih tinggi dengan menggunakan batal agar cairan mata tidak menggenang di bagian bawah mata, yang dalam kondisi ini bisa menyebabkan mata bengkak. Pilih bantal yang nyaman dan empuk, hindari bantal yang stukturnya kerasa karena membuat leher sakit. [Zahwa Aqilah]

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.