Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak, Yuk Terapkan!
Skincare

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak, Yuk Terapkan!

Cara memperbaiki skin barrier yang rusak tentunya harus segera dilakukan agar nantinya kondisi kulit tidak semakin rusak atau parah. Skin barrier sendiri merupakan lapisan terluar kulit, berperan melindungi kulit wajah dari berbagai masalah seperti infeksi, bahan kimia yang berbahaya, alergi hingga racun.

Manfaat lainnya yaitu untuk menjaga hidrasi kulit atau menjaga kadar air dalam kulit sehingga wajah tidak kering. Jika skin barrier rusak maka nantinya akan berdampak pada kulit dan muncul masalah tertentu.

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Jika skin barrier terjaga maka kulit akan lembab, kenyal, segar, dan lembut. Jika skin barrier rusak maka akan muncul tanda-tanda seperti kulit terlihat kusam, timbul jerawat, kasar dan bersisik, muncul tanda penuaan dini, hingga rentan terhadap infeksi virus, jamur, atau bakteri.

Penyebab dari rusaknya skin barrier ini juga beragam, baik dari dalam tubuh sendiri maupun dari lingkungan. Contoh penyebabnya yaitu karena polusi udara, terpapar sinar matahari tanpa menggunakan sunscreen, bahan kimia dalam sebuah produk perawatan, cuaca yang tidak menentu, hingga faktor genetik.

Skin barrier yang rusak tentunya akan memberikan dampak yang buruk untuk wajah, oleh karena itu skin barrier harus segera diperbaiki agar tak rusak semakin parah. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk memperbaikinya.

Perbaiki Gaya Hidup

cara memperbaiki skin barrier

Cara alami memperbaiki skin barrier yang rusak ini adalah dengan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat. Rasa lelah, stres, dan kurang tidur termasuk salah satu penyebab skin barrier rusak. 

Oleh karena itu sebaiknya kamu merubah gaya hidupmu, seperti memperbaiki pola makan dengan teratur dan makan makanan yang sehat, tidak begadang dan tidur dengan waktu yang cukup, serta rutin berolahraga. Dengan ini maka skin barrier perlahan-lahan akan kembali seperti semula.

Baca Juga: Cara Membuat Wajah Tidak Kusam Ampuh Hasil Maksimal!

Jangan Mencoba Skincare Baru

cara memperbaiki skin barrier

Seiring munculnya skincare baru, mungkin membuat kamu ingin mencobanya. Namun jangan melakukannya saat skin barrier kamu sedang tidak baik-baik saja. Hal ini agar nantinya tidak muncul iritasi yang semakin parah sebab reaksi terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam produk skincare baru yang kamu coba. Jika kamu tetap mencobanya maka bisa saja kondisi kulitmu akan semakin buruk.

Berhenti Melakukan Eksfoliasi Sementara Waktu

cara memperbaiki skin barrier

Cara memperbaiki skin barrier tanpa skincare ini akan memberikan kesempatan pada kulit untuk meregenerasi dengan sendirinya, jadi tanpa bantuan dari produk-produk kecantikan yang umumnya berat. Tidak melakukan eksfoliasi ini dapat kamu lakukan selama skin barrier rusak hingga gejalanya tampak membaik. Jika sekiranya skin barrier sudah kembali seperti semula, maka kamu bisa melakukannya lagi.

Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

cara memperbaiki skin barrier

Terlalu sering mencuci muka akan membuat kulit menjadi lebih kering dan akan menciptakan lebih banyak kerusakan. Oleh karena itu, batasi cuci muka dengan hanya 1 atau 2 kali cuci muka dalam sehari. Gunakan juga air hangat dan produk cuci muka dengan ph yang rendah. Dengan begini maka skin barrier akan pulih perlahan dan tidak akan semakin parah.

Baca Juga: Eksfoliasi Wajah Pakai Apa Gunakan 3 Bahan Alami Eksfolian Berikut Ini

Selalu Melembabkan Kulit

cara memperbaiki skin barrier

Saat skin barrier rusak, melembabkan kulit juga tidak boleh ketinggalan kamu lakukan. Kamu dapat menggunakan produk pelembab yang akan membantu menahan air di dalam kulit saat kulit akan lebih banyak kehilangan air dan kering karena skin barrier rusak.

Pelembab untuk memperbaiki skin barrier yaitu pelembab yang mengandung ceramide, niacinamide, fatty acid, dan panthenol. Bahan tersebut mampu menjaga skin barrier agar tetap sehat dan lembab.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.