Cara Mengetahui Skincare Cocok Atau Tidak, Ini Tipsnya!
Skincare

Cara Mengetahui Skincare Cocok Atau Tidak, Ini Tipsnya!

Cara mengetahui skincare cocok atau tidak umumnya sangat bermanfaat bagi kita semua, sehingga dapat mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Namun ternyata, masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana caranya. Padahal sangat penting untuk mengetahui hal ini. Karena tentunya tidak semua jenis kulit akan cocok menggunakan satu skincare. Biasanya beda jenis kulit beda juga skincare yang cocok digunakan.

Misalnya saja kamu yang memiliki kulit kering pasti tidak akan cocok dengan skincare yang mengandung alkohol. Karena hal ini bisa membuat kulit kamu semakin kering. Karena ini lah kamu harus mengetahui skincare yang cocok dengan jenis kulit, meskipun terkadang hal ini sulit dilakukan.

Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak, Coba Tips Ini!

Banyak orang masih sering merasa bingung membedakan apakah skincare yang digunakan cocok untuk kulit mereka atau tidak. Sehingga tak jarang masih banyak orang yang keliru memilih skincare. Padahal kenyataannya kesalahan dalam memilih skincare ini dapat membuat kulit wajah kamu rusak.

Untuk itu, sebaiknya kamu memahami jenis skincare yang cocok untuk kulit kamu, sehingga nantinya skincare tersebut bisa mengatasi masalah kulit kamu. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui skincare cocok atau tidak dengan jenis kulit kamu.

Baca juga :Cara Membuat Wajah Glowing Dalam Seminggu dengan 5 Skincare

Lakukan Test Patch

 

Cara mengetahui skincare cocok atau tidak untuk kamu yang pertama adalah dengan melakukan test petch. Caranya cukup mudah dan hasilnya juga efektif. Kamu hanya perlu mengoleskan produk skincare ke belakang telinga lalu diamkan beberapa jam.

Jika nantinya timbul kemerahan atau rasa gatal biasanya skincare tersebut tidak cocok dengan jenis kulit kamu. Cara ini tentunya sangat mudah kamu lakukan, kamu bisa melakukannya sebelum mengaplikasikan produk skincare ke wajah.

Purging

 

Cara berikutnya adalah dengan mendeteksi munculnya purging pada wajah kamu. Purging ini sebenarnya merupakan proses pembersihan atau detoks. Biasanya purging ini muncul setelah kamu menggunakan skincare berbahan AHA, BHA, Retinol, dan Niacinamide.

Nah, ketika kamu menggunakan skincare baru dan timbul jerawat tandanya kulit kamu sedang beradaptasi dengan skincare tersebut. Ketika ini terjadi sebaiknya kamu kurangi dulu pemakaiannya, namun ketika purging terus muncul ada baiknya kamu segera menghentikan pemakaiannya.

Timbul Breakout

 

Cara mengetahui skincare cocok atau tidak selanjutnya adalah dengan munculnya breakout dimana muncul jerawat yang meradang. Maka sebaiknya kamu segera berhenti menggunakan skincare tersebut. Biasanya efek skincare ini akan muncul dalam waktu 28 hari.

Selama itu ketika tidak muncul reaksi apapun pada wajah kamu tandanya skincare tersebut cocok untuk kamu gunakan. Hal yang paling penting, meskipun skincare tersebut harganya mahal belum tentu akan cocok dengan jenis kulit kamu.

Kondisi Kulit Setelah Pemakaian

 

Cara selanjutnya kamu juga harus memperhatikan kondisi kulit setelah pemakaian produk skincare tersebut. Karena pastinya jika kamu rutin menggunakan skincare pasti ada efek yang ditimbulkan. Biasanya jika skincare tersebut cocok dengan kulit kamu maka tidak akan ada efek yang ditimbulkan begitupun dengan sebaliknya.

Baca juga :Terapkan Cara Membuat Wajah Glowing ini Dijamin Kulit Sehat Berseri

Perubahan Positif Pada Kulit

Cara selanjutnya kamu juga harus mengenali perubahan positif pada kulit kamu. Seperti yang kamu tahu, sincare digunakan untuk mengoptimalkan kondisi kulit. Untuk itu, tandanya kulit kamu akan semakin baik kondisinya setelah menggunakan skincare.

Cara mengetahui skincare cocok atau tidak ini tentunya sangat diperlukan. Jika setelah pemakaian justru timbul berbagai masalah kulit, maka skincare tersebut pasti tidak cocok. Namun jika timbul perubahan positif seperti kulit tampak cerah atau jerawat menghilang, biasanya skincare tersebut cocok untuk kamu.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.