Cara Mengetahui Undertone Wajah yang Paling Gampang
Skincare

Cara Mengetahui Undertone Wajah yang Paling Gampang

Saat memakai produk complexion, banyak orang yang sering salah memilih shade. Supaya tidak salah shade, kamu harus menyesuaikannya dengan undertone. Ada beberapa cara mengetahui undertone wajah yang dapat kamu terapkan.

Setiap orang memiliki undertone yang berbeda-beda. Mengetahui jenis undertone akan sangat berguna untuk kamu yang suka memakai make up. Selain itu undertone juga bisa dipakai untuk menentukan warna baju yang cocok.

Mengenal Apa Itu Undertone dan Bedanya dengan Skintone

Undertone merupakan rona dasar kulit yang tidak dapat dilihat hanya dari permukaan saja. Umumnya warna undertone ditentukan oleh melanin dan faktor keturunan. Dengan mengetahui jenis undertone, kamu akan lebih mudah menentukan produk make up yang cocok.

Banyak orang yang masih menganggap undertone dan skintone sebagai hal yang sama. Padahal keduanya cukup berbeda meskipun masih berkaitan. Warna kulit pada undertone dapat mempengaruhi jenis skintone kamu. Jadi kedua hal ini sebenarnya sama-sama penting untuk diketahui.

Pengertian skintone adalah warna kulit yang bisa dilihat jelas dari permukaan. Di Indonesia, skintone dikelompokkan dalam tiga warna, yaitu putih gading, kuning langsat, dan sawo matang. Kalau kamu mengetahui undertone dan skintone maka akan lebih mudah saat memilih foundation.

Tipe dan Jenis Undertone Kulit

Menentukan undertone merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Tetapi kamu bisa mencari tahu tentang tipe dan jenis undertone supaya bisa menyesuaikannya dengan warna kulit. Ada tiga tipe undertone yang paling umum, yaitu:

  1. Warm (Hangat)

Tipe undertone yang pertama adalah warm atau hangat. Beberapa warna yang termasuk dalam undertone ini adalah persik, kuning, dan emas. Biasanya orang yang undertone-nya warm, punya kulit yang terkesan hangat dan agak pucat.

  1. Cool (Dingin)

Orang yang punya undertone cool, warna kulitnya cenderung merah muda atau pink. Namun ada juga beberapa orang yang kulitnya berwarna kebiruan. Sehingga warna kulitnya terlihat dingin tetapi tidak pucat.

  1. Netral

Netral merupakan undertone yang berada diantara warm dan cool. Warnanya berada di tengah-tengah dan agak sulit untuk terdeteksi. Tetapi keuntungan orang yang punya undertone netral adalah mereka lebih mudah menentukan shade.

Cara Mengetahui Undertone Wajah dengan Mudah

Setiap orang pasti punya undertone yang berbeda-beda. Sayangnya undertone tidak bisa ditentukan hanya dengan melihat warna kulit saja. Kamu perlu menerapkan beberapa cara di bawah ini untuk menentukan undertone.

  1. Lihat Warna Pembuluh Darah

Cara mengetahui undertone wajah yang paling mudah adalah dengan melihat warna pembuluh darah. Jika warnanya hijau, maka kamu punya undertone warm, sedangkan kalau berwarna biru berarti undertone-nya cool.

Nah, apabila warna pembuluh darahnya diantara hijau dan biru, berarti kamu memiliki undertone netral. Ada juga beberapa orang dengan undertone netral yang pembuluh darahnya berwarna ungu.

  1. Cocokan dengan Warna Perhiasan

Mencocokan rona kulit dengan warna perhiasan merupakan cara mengetahui undertone kulit wajah yang berikutnya. Kalau kulit kamu terlihat cocok saat pakai perhiasaan dengan warna emas, maka besar kemungkinan undertone-nya warm.

Sedangkan jika kamu merasa lebih bagus pakai perhiasan perak, berarti undertone kulit adalah cool. Lalu bagaimana kalau cocok pakai emas dan perak? Maka artinya kamu memiliki undertone yang cenderung netral.

Dengan memperhatikan cara mengetahui undertone wajah, kamu akan lebih mudah saat memilih baju dan produk make up. Temukan berbagai informasi, tips, dan review produk kecantikan di blog Marsha Beauty. Ada juga artikel lain yang membahas berita terkini untuk kamu baca setiap hari.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.