Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Saat Puasa
Lifestyle

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Saat Puasa

Marshalova, ngantuk di pagi hari bisa menghambat seseorang dalam beraktivitas apalagi saat puasa. Hal ini juga akan berdampak ke produktivitas sepanjang hari. Jika sering mengalaminya, kamu bisa mencoba cara menghilangkan ngantuk di pagi hari.

Penyebab ngantuk di pagi hari mungkin karena merasa kelelahan atau kurang tidur selama puasa. Selain itu, keluhan ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol, efek samping obat-obatan, jarang berolahraga, bahkan stres berlebihan.

Ketahui Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari 

Rasa ngantuk bisa muncul kapan saja, baik itu saat belajar, bekerja, bahkan saat berkendara. Uniknya, rasa ngantuk malah sering muncul saat pagi hari saat puasa dan baru bangun tidur. Apabila kamu merasa terganggu dengan keluhan tersebut, kini ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

Lakukan Peregangan saat Bangun Pagi

cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

Melakukan peregangan menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa ngantuk saat pagi hari. Kamu bisa mencoba melakukan gerakan peregangan setelah bangun pagi. Hal ini bisa membantu mengaktifkan kembali otot-otot yang kaku saat tidur di malam hari.

Baca Juga :Gaya Hidup Generasi Z yang Serba Digital, Jadi Dominasi Tahun Ini

Melakukan peregangan bisa melepaskan endorfin yang merangsang energi. Selain itu, kamu juga perlu meluangkan waktu sekitar 25 menit untuk melakukan yoga saat pagi hari. Aktivitas yang satu ini terbukti bisa meningkatkan energi dan fungsi otak.

Mandi Air Dingin

cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

Mandi air dingin adalah salah satu cara untuk menghilangkan ngantuk. Cara ini bisa membantu perubahan suhu pada tubuh agar terasa lebih segar sepanjang hari. Apabila kamu memiliki alergi terhadap air dingin, maka bisa coba untuk mencuci muka saja. Bahkan ini bisa menjadi cara membuat mata lebih terbuka saat pagi hari serta membantu energimu lebih terisi perlahan.

Lakukan Kardio di Pagi Hari

cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

Beberapa penelitian telah menghubungkan latihan kardio seperti aerobik untuk bisa menurunkan rasa lelah, terutama saat pagi hari. Kamu juga bisa melakukan latihan kardio lainnya. Mulai dari bersepeda atau jalan kaki untuk bisa menghilangkan ngantuk di pagi hari. Apabila kamu memiliki rutinitas yang sibuk, maka coba dengan gerakan seperti putaran high-knees dan jumping jacks. Bahkan latihan memutar tubuh selama 30 detik juga bisa membuat latihan kardio lebih baik.

Rutin Berjemur di Pagi Hari

cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

Sinar matahari pagi sebenarnya juga bisa membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Hormon tersebut dianggap bisa memperbaiki kualitas tidurmu. Apabila kualitas tidur membaik, maka saat bangun tidur tubuhmu akan terasa lebih segar. Hal ini pastinya bisa mencegah rasa kantuk di pagi hari.

Meski saat ini harus bekerja dari rumah saja, namun kamu juga perlu untuk selalu berjemur di pagi hari, minimal lima hingga lima belas menit setiap harinya. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari sinar matahari yang lebih maksimal, sebaiknya berjemur sebelum pukul 10 pagi.

Baca Juga :Inspirasi Padu Padan OOTD Rok Plisket dan Cardigan Simple Nan Modis

Kurangi Stres

cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

Penyebab rasa ngantuk pagi hari kemungkinan karena tingkat stres yang tinggi. Saat tubuh terasa lelah, maka masalah tidur bisa menyerang kamu, seperti insomnia. Hal tersebut nantinya memperburuk kualitas dari tidur kamu, bahkan juga mengakibatkan munculnya rasa ngantuk saat pagi hari.

Kamu dapat mengurangi stres dengan banyak cara. Mulai dengan mendengarkan musik untuk menenangkan pikiran, mengobrol dengan teman atau keluarga, dan aktivitas lainnya  yang bisa membuatmu lebih tenang serta bahagia. Apabila kamu bisa mengurangi rasa stres, maka kualitas tidurmu menjadi lebih baik.

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari tersebut bisa membantumu, Marshalova harus coba.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.