Cara Mengurangi Overthinking Terbukti dapat Membangkitkan Pede-mu
Lifestyle

Cara Mengurangi Overthinking Terbukti dapat Membangkitkan Pede-mu

Cara mengurangi overthinking harus selalu diupayakan agar tidak menghalangi kemajuan dalam berproses diri yang sedang dijalani. Jika kamu termasuk dalam deretan orang overthinking, maka jangan biarkan hal tersebut terus berlanjut.

Dampak jangka panjang yang akan kamu alami adalah gangguan pada kesehatan fisik serta mental. Pada tingkat yang  ekstrem, pola berpikir yang terlalu berlebihan ini akan memicu stress, insomnia, bahkan gangguan kecemasan.

Definisi dan Cara Mengurangi Overthinking Beserta Penyebabnya

Meski sepintas overthinking memiliki kesamaan pola dengan memikirkan sesuatu hal, akan tetapi terdapat perbedaan yang signifikan antara pemikir dengan overthinking. Overthinking memang merupakan sikap atau tindakan memikirkan suatu problematika kehidupan.

Hanya saja pemecahan solusinya terlalu berlebihan. Orang-orang yang overthinking sering memikirkan perkara yang ringan secara berlebihan bahkan sebelum mengambil keputusan tanpa disertai sikap kewaspadaan.

Penyebab overthinking umumnya adalah adanya rasa kekhawatiran atau kecemasan akan suatu hal, baik itu berupa perkara ringan dalam aktivitas keseharian, konflik besar, hingga trauma masa lalu yang membuatmu tidak bisa melupakannya sampai harus berpikir hati-hati dan membiarkannya larut dalam pikiran.

Solusi Mengurangi Overthinking

Seseorang yang terlalu banyak berpikir seringkali tidak menyadari bahwa mereka sedang berada di posisi tersebut sehingga terus berlanjut memikirkannya hingga berhari-hari. Jika terus menerus  dibiarkan, hal tersebut akan membuat hari-hari yang kamu jalani menjadi tidak kondusif.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi overthinking agar kamu terlepas dari perasaan terjebak di satu tempat sehingga bisa menjalani kehidupan normal kembali.

Semakin Mendekatkan Diri ke Sang Pencipta

Berpasrahlah kepada Tuhan niscaya kondisi sesulit apapun yang sedang kamu alami akan menemukan jalan terbaik. Ketenangan hidup juga akan diperoleh dari ibadah-ibadah yang kamu lakukan.

Baca:Bikin Sehat, Ini 7 Makanan Antioksidan Tinggi yang Wajib Dikonsumsi!

Selesaikan Persoalan yang Termudah Dahulu

Mulailah mengerjakan hal-hal yang sifatnya ringan sehingga akan memberikan sensasi kesuksesan dalam diri Anda dan pastinya akan lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan berikutnya. Awali dengan mengurutkan persoalan dari yang ringan, sedang hingga berat. Selain bermanfaat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan lebih cepat, kamu tidak akan tertahan lama di pekerjaan yang cukup berat.

Lihatlah dengan Sudut Pandang yang Lebih Luas

Perilaku overthinking sering fokus memperhatikan satu hal yang kecil. Padahal hal kecil tersebut adalah sisi kelam di masa lalu dan tidak akan bisa diubah lagi.

Ubahlah pola pikir yang sedemikian karena tidak ada gunanya untuk masa depanmu. Mulailah fokus pada cara menyelesaikan persoalan. Jangan biarkan hal-hal kecil mengganggu pikiran dan aktivitas keseharianmu.

Rajin Olahraga

Kesehatan mental dan fisik merupakan kesehatan yang hakiki. Rajin berolahraga di pagi hari akan meningkatkan detak jantung dan dapat mencegah kerusakan sel-sel otak akibat pikiran yang kalut atau stress.

Olahraga akan merangsang produksi hormon saraf (norepinefrin) dan menurunkan produksi hormon stress (kortisol). Selain itu otak juga akan mengeluarkan hormon yang merangsang perasaan bahagia (endorfin).

Baca:Selain untuk Menunjang Penampilan, Makeup Juga Ikut Menjaga Kesehatan Mental. Intip Selengkapnya di Sini!

Lakukan Mindfulness

Cara mengatasi overthinking sebelum tidur adalah dengan menerapkan mindfulness, yakni salah satu teknik meditasi yang akan mengubah otak dan biologis seseorang lebih positif sehingga mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Meditasi merupakan satu langkah ampuh untuk mengatasi overthinking.

Mulailah mempraktekan meditasi di tempat gelap dan tenang. Rileks dan atur pernapasan dengan baik. Usahakan tubuh dan pikiran benar-benar dalam posisi rileks. Saat tidur ada baiknya mematikan lampu saja agar kamu dapat menikmati waktu istirahat malam lebih optimal.

Mulailah menerapkan cara mengurangi overthinking yang telah diulas di atas untuk kehidupan dan masa depan yang lebih baik. Hentikan memikirkan hal-hal tidak berguna yang akan menjadi kerikil penghambat kesuksesanmu. Selamat mencoba.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.