Cara Meracik Parfum agar Tahan Lama, Gampang Banget!
Fragrance

Cara Meracik Parfum agar Tahan Lama, Gampang Banget!

Cara meracik parfum agar tahan lama berikut ini bisa kamu coba untuk menciptakan parfum sendiri dengan aroma sesuai selera. Parfum adalah campuran minyak essensial dan juga senyawa aroma, digunakan untuk dapat memberikan aroma wangi pada tubuh pengguna maupun pakaiannya.

Saat ini banyak sekali produk parfum di pasaran yang memiliki aroma harum dan bisa kamu pilih untuk digunakan sehari-hari. Setiap parfum juga memiliki banyak aroma tersendiri, mulai dari aroma buah, bunga, bahkan aroma kayu hingga rempah-rempah. Selain itu, ada pula aroma kombinasi antara buah dan bunga, buah, aroma kayu, dan kombinasi lainnya.

Ketahui Cara Meracik Parfum agar Tahan Lama

Meskipun memiliki aroma yang harum, terkadang ada beberapa orang yang merasa kurang cocok dengan aroma tersebut. Karena itu pun banyak yang mencoba untuk meracik parfum sendiri agar bisa menemukan aroma yang benar-benar disukai. Biasanya parfum yang diracik sendiri tersebut berupa parfum isi ulang atau refill.

Dengan meracik sendiri parfum maka kamu bisa bereksperimen dan menciptakan parfum yang memiliki aroma tahan lama. Cara meraciknya pun sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan hanya memakan waktu antara 1 hingga 2 menit saja. Nah, jika kamu juga tertarik untuk meracik parfum sendiri, berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa kamu coba:

Siapkan Bahan

Cara meracik parfum refill agar tahan lama yang pertama Anda harus menyiapkan alat dan bahan untuk meracik parfum. Anda perlu menyiapkan botol untuk kemasan parfum. Ukurannya pun beragam bisa 8 ml, 20 ml, 30 ml, dan ukuran lainnya sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga: Parfum yang Wanginya Ketinggalan Apa Sajakah? Coba Intip di Sini Yuk!

Kemudian siapkan bibit parfum yang berkualitas bagus dan memiliki ketahanan yang long lasting. Bibit parfum sendiri merupakan ekstrak wewangian yang masih murni dan belum dicampur bahan apa pun. Aromanya pun bisa kamu pilih sesuka hati.

Bahan selanjutnya yaitu alkohol yang memiliki fungsi untuk memecah molekul bibit parfum yang umumnya memiliki tekstur kental menjadi lebih encer karena dicampur alkohol. Selain itu alkohol juga memiliki peran untuk menguapkan aroma parfum sehingga bisa lebih menyebar.

Kamu bisa memilih alkohol yang memiliki kualitas Fragrance Grade sehingga lebih aman digunakan. Perbandingan parfum dan alkohol agar tahan lama standarnya yaitu 1:1. Bahan selanjutnya yaitu maximus yang akan berperan sebagai pengikat molekul bibit parfum yang kamu racik sehingga akan mengurangi penguapan.

Akhirnya pun parfum akan lebih tahan lama. Kemudian kamu bisa menyiapkan methanol dan DPG. Methanol digunakan untuk membersihkan botol parfum sebelum digunakan. Lalu DPG atau yang sering disebut solviol atau solfatin digunakan untuk campuran non alkohol. Jadi, jika kamu tidak ingin meracik parfum menggunakan alkohol maka kamu bisa menggunakan DPG.

Mulai Meracik

Setelah semua bahan sudah siap maka selanjutnya kamu bisa mulai meracik. Pertama siapkan botol parfum dan bersihkan terlebih dahulu. Kemudian masukkan bibit parfum yang sudah kamu siapkan sesuai dengan takaran yang diinginkan.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Parfum Lancome yang Enak, Mana Pilihanmu?

Selanjutnya masukkan alkohol atau DPG sebagai campuran bibit parfum. Jangan sampai terlalu banyak menggunakan alkohol sebab bisa mengurangi ketahanan aroma bibit parfum. Setelah itu Anda tinggal mengocok botol parfum agar tercampur dengan sempurna.

Cara meracik parfum sendiri pun telah selesai, kamu bisa mencoba menggunakannya dan mencium aromanya. Selain menggunakan parfum tersebut untuk diri sendiri, kamu juga bisa mencoba untuk menjualnya kepada orang lain. Dengan begini maka kamu bisa mendapatkan keuntungan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.