Cara Waxing Sendiri dengan Benar, Hati-hati Iritasi!
Body

Cara Waxing Sendiri dengan Benar, Hati-hati Iritasi!

Waxing kini menjadi salah satu perawatan kulit yang trend di kalangan kaum hawa. Dengan waxing kulit Marshalova bisa terlihat lebih bersih dan mulus, lho! Siapa, sih, yang gak percaya diri memiliki kulit bersih dan mulus? Nah, waxing ini umumnya dilakukan di klinik waxing. Tapi banyak juga kaum hawa yang melakukannya dengan cara waxing sendiri dengan benar di rumah. Sah-sah saja kok, asalkan Marshalova tahu caranya, ya!

Waxing sendiri merupakan metode untuk menarik bulu-bulu tubuh hingga ke akar menggunakan lilin khusus atau cairan wax. Biasanya, waxing dilakukan di kaki, tangan, dada, hingga wajah. Metode ini cukup efektif dan bisa bertahan hingga 1 bulan.

Cara Waxing Sendiri dengan Benar di Rumah, Ini Langkahnya

Melakukan waxing sendiri akan berisiko menimbulkan kerugian bila Anda kurang memahami caranya. Tentu Anda tidak ingin kulit justru menjadi iritasi. Nah, yuk pahami langkah-langkah dalam melakukan waxing berikut ini:

1. Melakukan Scrubbing Sebelum Waxing

Sebelum waxing sebaiknya Anda melakukan scrubbing terlebih dahulu pada area yang ingin di wax. Scrubbing ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengeluarkan bulu tersumbat dalam pori-pori. Setelah scrubbing, keringkan kulit dan beri jeda 1 hingga 2 jam sebelum scrubbing.

Selain scrubbing, Anda juga sebaiknya menghindari produk yang mengandung retinoid sebelum waxing. Zat retinoid ini dapat menyebabkan pengelupasan dan iritasi apabila digunakan bersamaan dengan proses waxing.

Baca juga: Kulit Terawat dengan Macam Macam Body Lotion Nivea dan Manfaatnya

2. Pangkas Bulu yang Terlalu Panjang

Cara waxing sendiri dengan benar akan menghasilkan hasil yang maksimal apabila bulu yang terlalu panjang Anda potong terlebih dahulu. Bulu yang terlalu panjang juga akan sakit dan sulit untuk di wax. Selain itu, bulu yang panjang membuat proses waxing  menjadi lebih lama karena cairan akan tertahan pada permukaan bulu.

3. Siapkan Alat-Alat Wax

Sebelum melakukan waxing, alangkah baiknya Anda mempersiapkan alat dan mengecek terlebih dahulu kebersihannya.

Kebersihan alat harus dijaga untuk menghindari jamur dan bakteri yang menempel serta dapat menginfeksi Anda. Jangan lupa pula panaskan lilin wax yang akan Anda gunakan hingga meleleh menjadi cairan kental. Selain menggunakan lilin wax, Anda juga dapat membuat cairan wax menggunakan bahan alami seperti gula, lemon, dan madu.

Baca juga: Macam-Macam Body Lotion Vaseline Dan Manfaatnya Dijamin Bikin Kulit Cerah

4. Oleskan Cairan Wax dengan Cara yang Tepat

Sebelum mengoleskan cairan wax, pastikan suhu cairan tidak terlalu panas. Suhu yang panas dapat membakar dan mengiritasi kulit Anda. Oleskan cairan wax ketika suhunya sudah hangat dan nyaman dioleskan pada kulit.

Oleskan cairan wax menggunakan spatula ke arah tumbuh rambut dan tempelkan strip lalu tunggu hingga cairan wax terasa dingin. Kemudian cabut kertas strip dengan cepat berlawanan arah. Usahakan cairan yang Anda oles tidak terlalu tebal maupun tipis.

Dengan cara ini, Marshalova tidak perlu berkali-kali melakukan waxing. Kulit akan mulus dan bersih dari bulu.

5. Bersihkan Tubuh Setelah Selesai

Setelah semua bulu sudah terangkat, lap tubuh Anda menggunakan handuk yang telah diberi air hangat. Hindari air yang terlalu panas sebab kondisi kulit akan jadi lebih sensitif. Kemudian keringkan tubuh menggunakan handuk lembut yang kering dan oleskan cooling gel. Cooling gel akan mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit.

Setelah proses waxing hindarilah penggunaan deodorant dan produk yang mengandung alkohol. Penggunaan alkohol bisa membuat kulit kering dan iritasi.

Demikian cara waxing sendiri dengan benar! Selalu perhatikan kondisi kulit sebelum dan setelah wax, ya, Marshalova!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.